4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Cara Agar Tidak Rugi Menabung di Bank

Masyarakat masih mengandalkan bank untuk menabung dan menyimpan uang. Hal tersebut terjadi karena bank memberikan jaminan keamanan dan menawarkan berbagai kemudahan penyimpanan serta pembayaran. Selain itu, berbagai fasilitas tambahan yang diberikan oleh bank kepada nasabah yang mempunyai simpanan dalam jumlah tertentu semakin membuat masyarakat nyaman untuk terus menabung di bank. Akan tetapi, perlu diingat bahwa bank juga merupakan sebuah perusahaan yang mana melakukan kegiatan bisnis sehingga membutuhkan biaya operasional. Oleh karen itu, nasabah akan dikenakan beberapa biaya admin sampai dengan jumlah tertentu. Tidak jarang beberapa nasabah malah mengalami kerugian pada saat menabung di bank karena jumlah nilai tabungan yang dimiliki menghasilkan bunga yang lebih rendah dari biaya admin yang dikenakan. Pada kesempatan ini, cuanvestasi akan sedikit berbagi tips tentang Cara Agar Tidak Rugi Menabung di Bank. Bagaimana caranya ? Yuk cek pada bagian dibawah ini.

Cara agar tidak rugi menabung di Bank

Cari tahu hal ini sebelum menabung di bank

1. Ketahui dan pahami masing-masing komponen biaya

Sebagai calon nasabah, langkah pertama yang sobat cuan lakukan yaitu mengetahui dan memahami komponen-komponen dan besaran biaya yang akan dikenakan bank kepada para nasabahnya. Hal yang paling umum adalah biaya administrasi bulanan, biaya transfer jika berbeda bank, serta biaya pengambilan uang dengan menggunakan atm, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan dibebankan kepada nasabah.

Nasabah yang mengetahui biaya apa saja yang akan dikenakan oleh bank artinya telah mengerti dan memahami berapa biaya yang akan menjadi bank setiap bulan jika memutuskan untuk menyimpan di bank. Oleh karena itu, pastikan kamu ketahui dulu ya biaya-biaya nya!

2. Pilih bank dengan jaringan pelayanan terbanyak dan terdekat

Bank dengan jaringan pelayanan terbanyak dan terdekat tentu saja memudahkan para nasabahnya baik untuk menabung ataupun menarik dana. Memilih bank yang mempunyai mesin ATM di sekitar tempat tinggal mu merupakan salah satu cara agar meminimalisir biaya menabung di bank. Seperti yang sobat cuan ketahui, terdapat biaya tambahan apabila kamu mengambil uang dari ATM bersama dibandingkan dengan mengambil uang dari jaringan ATM tempat sobat menabung atau menyimpan uang.

Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan bank digital yang dapat diakses secara gratis ketika menggunakan ATM bank lainnya. Bank digital memang mempunyai aset fisik yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan bank konvensional, akan tetapi biasanya bank digital memberikan pelayanan ekstra berupa gratis biaya jika melakukan penarikan dari ATM bank yang bekerja sama dengan bank digital tersebut sampai dengan limit tertentu dan jangka waktu tertentu. 

3. Buat rekening berdasarkan fungsi

Jangan simpan uang kamu dalam satu keranjang yang sama. Pepatah tersebut tidak hanya berlaku dalam hal investasi tapi juga dalam hal menyimpan uang. Bedakan rekening berdasarkan fungsinya seperti untuk menyimpang uang tabungan, untuk belanja bulanan dan sebagainya.

Walaupun pada akhirnya biaya administrasi yang dikenakan menjadi lebih besar (karena dua kali), akan tetapi metode memisahkan rekening berdasarkan fungsi ini sangat membantu kita dalam melakukan manajemen keuangan pribadi.

4. Manfaatkan fasilitas bank lainya

Pada satu bank, setidaknya sobat cuan bisa memanfaatkan 3 jenis tabungan diantaranya tabungan rencana, tabungan deposito, dan asuransi. Ketiga jenis layanan  ini dapat sobat gunakan untuk mendulang keuntungan tambahan dari aktifitas menabung di bank.

Deposito merupakan layanan simpanan yang disediakan bank untuk nasabahnya. Nasabah tidak dapat menarik dana yang disimpan dalam deposito sampai jangka waktu tertentu. Sebagai gantinya, bank akan memberikan bunga deposito yang mana lebih tinggi dari tabungan biasa sehingga dapat dimanfaatkan untuk mendapat passive income.

Tabungan rencana merupakan salah satu layanan yang sebenarnya mirip dengan deposito. Akan tetapi, nasabah akan diminta melakukan penyetoran uang sejumlah tertentu untuk setiap bulan. Selain itu, rata-rata jangka waktu tabungan rencana juga diatas 1 tahun sehingga bunga yang diberikan tidak setinggi bunga dari produk simpanan deposito. Biasanya anak muda memanfaatkan tabungan rencana untuk kebutuhan jangka pendek atau hanya untuk sekedar berjaga-jaga sebagai dana darurat.

Terakhir, layanan asuransi adalah salah satu layanan yang juga disediakan oleh bank. Sama halnya seperti tabungan rencana, nasabah pengguna asuransi bank juga diharuska untuk melakukan setoran dana dalam jumlah tertentu sesuai kontrak setiap bulan. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena uang tersebut dapat sobat setorkan melalui sistem autodebet dari saldo rekening. 

5. Pastikan up-to-date dengan info promosi

Industri perbankan adalah salah satu industri yang paling kompetitif di Indonesia. Bank biasanya sering mengadakan promo untuk nasabahnya tidak hanya untuk para pemegang kartu kredit namun juga nasabah pemegang kartu debit. Promo yang ditawarkan juga bervariasi mulai dari voucher diskon, cashback, dan juga undian berhadiah istimewa.

Sobat cuan yang terus up-to-date tentang promo-promo yang gencar dikeluarkan bank tentunya dapa memanfaatkan promo-promo tersebut. Dengan demikian, tabungan yang ada di bank tidak hanya mengendap begitu saja namun juga memberikan keuntungan. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa sobat juga harus selektif dalam menanggapi tawaran promosi yang biasanya ditawarkan. Tidak jarang, promosi tersebut berujung penipuan dan memakan korban.

6. Pilih bank dengan bunga tabungan yang kompetitif

Tips paling sederhana dan paling sering dipakai adalah menabung di bank yang menawarkan suku bunga tabungan yang tinggi namun memberikan fasilitas pelayanan yang bagus. Setiap bank mempunyai suku bunga tabungan dan deposito yang berubah-ubah seiring berjalannya waktu tergantung dari kebijakan masing-masing bank dan juga nilai suku bunga acuan yang diterbitkan Bank Indonesia.

Suku bunga yang tinggi artinya nominal uang tambahan yang masuk kedalam rekening sobat juga akan semakin banyak. Tidak menutup kemungkinan bahwa pendapatan bunga yang sobat peroleh bisa lebih besar dari seluruh biaya administrasi yang dikenakan oleh bank.

Disisi lain, suku bunga yang tinggi juga memberikan indikasi bahwa simpanan terseut mempunyai risiko yang tinggi. Seperti pepatah High Risk High Return, jika kamu berharap keuntungan yang tinggi maka kamu juga harus siap menerima risikonya.

Hal yang juga tidak kalah penting adalah menabunglah di bank yang mempunyai standar legalitas yang jelas, mempunyai riwayat yang bersih, dan nominal aset yang dipertanggungjawabkan tinggi. Walaupun simpanan di bank telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), akan tetapi dengan memilih bank yang mempunyai nilai aset besar setidaknya mengurangi risiko nasabah untuk terkena dampak jika sewaktu-waktu terjadi kebangkrutan (default).

Alternatif investasi

Alternatif menabung adalah investasi

Tahukah kamu bahwa ada cara modern menyimpan uang selain menabung ? ya saat ini banyak orang memilih melakukan investasi daripada sekedar menabung di bank. Melakukan investasi tidak harus ditempat yang mempunyai risiko tinggi, akan tetapi juga dapat kamu lakukan pada tempat yang mempunya risiko cukup rendah misalnya:

1. Menabung reksa dana di Bibit -> pelajari lebih jauh dengan klik disini

2. Investasi di P2P Landing  -> pelajari lebih jauh dengan klik disini 

3. Menabung emas -> pelajari lebih jauh dengan klik disini 

Demikian yang dapat kami sampaikan yuk kita pahami Cara Agar Tidak Rugi Menabung di Bank.


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar