4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Review P2P KoinWorks: Cara Daftar dan Mulai Investasi

KoinWorks adalah platform layanan pinjam-meminjam uang berbasis teknologi informasi, atau Peer to Peer (P2P) Fintech Lending. Perusahaan ini terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pada kesempatan ini, sobat cuanvestasi akan melakukan Review P2P KoinWorks: Cara Daftar dan Mulai Investasi. Akan tetapi tidak hanya sebatas itu saja, kami akan coba review mulai dari cara registrasi sampai dengan produk apa saja yang ada pada koinworks. 

KoinWorks Itu Apasih ?

KoinWorks merupakan penyelenggara layanan pinjam meminjam uang yang berbasis teknologi atau nama kerenya adalah Peer to Peer (P2P) Fintech Lending. Perusahaan KoinWorks ini resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor pendaftaran S-1862/NB.111/2017. Bagi orang-orang yang sering meminjam uang melalui aplikasi Fintech tentu tidak asing dengan KoinWorks.

Akan tetapi, KoinWorks bukan Fintech yang sebatas melayani peminajaman uang saja, namun juga memberikan kesempatan berinvestasi. KoinWorks memberikan alternatif investasi bagi para pemilik dana melalui platform P2P. Dana tersebut disalurkan kepada peminjam yang sudah diseleksi secara internal oleh tim KoinWorks. 

KoinWorks merupakan marketplace yang menjadi tempat bertemunya pembeli (pihak yang membutuhkan pinjaman) dengan penjual (pihak yang mempunyai dana dan berminat memberi pinjaman). Pihak peminjam (borrower) bisa memperoleh akses untuk meminjam dana jika telah lolos screening 


Alasan investasi di KoinWorks ?

KoinWorks mempunyai ciri khas yang berbeda daripada FinTech lainya bagi para investor. Ciri khas tersebut yakni bunga atau return yang ditawarkan berkisar 14% s.d 20% selama setahun (sebelum pajak). Hal tersebut tentu tergantung dengan peringkat risiko pinjaman tentunya.

Tabel KoinWorks

Kamu dapat memilih keuntungan investasi dan risiko atas investasi yang tersedia dari dashboard seperti tabel diatas.

Hal yang perlu dipahami oleh investor adalah bunga dan waktu pengembalianya. Contohnya jika bunga yang didapatkan investor sebesar 14% per tahun dengan masa investasi 1 bulan, maka return yang didapat dalam 1 bulan menjadi 14% / 12 bulan menjadi 1,16% sebulan. Jumlah tersebut bisa disebut lebih besar dibandingkan investasi pada deposito atau dibandingkan inflasi.

Selain itu, investor bisa mulai nvestasi di KoinWorks dengan modal yang sangat rendah yakni mulai dari Rp 100 ribu. 


Cara Investasi di Aplikasi KoinWorks

Jika kamu ingin menjadi investor di KoinWorks, ada tiga tahapan yang perlu kamu lakukan yaitu:

  1. Pendaftaran Akun Baru di KoinWorks (Gunakan referral: a14352 untuk mendapatkan bonus 150.000)
  2.  Isikan alamat email aktif, password, nomor handphone aktif
  3.  Isi data-data pribadi kamu dengan benar dan lengkap
  4.  Unggah berkas KTP digital
  5.  Centang pernyataan persetujuan bergabung dengan KoinWorks
  6.  Klik daftar
  7.  Tunggu sampai dengan tim dari KoinWorks melakukan verifikasi data pendaftaran, jika akun siap digunakan maka akan ada verifikasi melalui email
  8. Lakukan deposit awal sebesar Rp 100.000 melalui virtual account dan akun sudah siap digunakan untuk berinvestasi
Cart KoinWorks


Keunggulan Platform KoinWorks

1. Minimum investasi cukup kecil

Nominal investasi minimal yang ditetapkan KoinWorks cukup terjangkau yaitu Rp 100.000. Dengan modal serendah itu, kamu sudah bisa bergabung bersama para lender lain untuk membiayai suatu pinjaman. Sebagai perbandingan di platform lain yakni di Investree adalah Rp 1.000.000.

2. Return/bunga yang cukup bersaing

Bunga atau keuntungan pengembalian investasi yang dijanjikan oleh KoinWorks sangat kompetitif yakni antara 14% sampai dengan 20% per pinjaman setiap tahun. Akan tetapi, masing-masing bunga tersebut tentu sesuai dengan peringkat risiko dari pinjaman. Sebagai ilustrasi, kamu mendanai pinjaman dengan bunga 18% per tahun dengan nilai pendanaan Rp 10 juta. Artinya setiap bulan kamu akan mendapat bunga sebesar 1,5% (18% dibagi 12) atau setara Rp 150.000 setiap bulanya. Bisa dipahami bahwa tingkat bunga/pengembalian tersebut cukup menarik dibandingkan dengan deposito.

3. Fitur robo lending

Bagi kamu yang tidak mempunyai cukup banyak waktu dalam mengelola aset investasi akan tetapi masih ingin menanamkan modal pada P2P lending, fitur robo lending dari KoinWorks akan sangat membantu anda dalam memutar dan menghasilkan keuntungan. Fitur robo lending merupakan fitur yang belum ada di platform pendanaan P2P lending lainya.

Fitur ini dilengkapi dengan machine learning sehingga memudahkan kamu dalam pemilihan jangka waktu yang diinginkan dan perkiraan keuntungan yang akan didapatkan. Intinya, kamu tinggal melakukan satu langkah aktifasi robo landing dan keuntungan akan tetap datang ke dompet kamu!


Fitur Unggulan Aplikasi KoinWorks

1. Menu website/aplikasi

Setelah melakukan pendaftaran dan login, kamu akan berada di laman akun investasi pribadi. Menu yang tersedia cukup sederhana yakni: activity (informasi lengkap dari pendanaan yang kamu lakukan), portofolio (informasi tentang pendanaan yang telah kamu lakukan), marketplace (daftar pinjaman yang siap untuk kamu danai), dan cart (berisi order atau pendanaan yang baru saja kamu lakukan).

2. Dashboard monitoring aktivitas

Pada menu activity, kamu bisa melihat semua dana yang kamu miliki mulai dari dana yang tersedia untik diinvestasikan, pengembalian bunga yang telah didapatkan, dan total dana akhir setelah diinvestasikan. Kamu bisa memonitor aktivitas investasimu selama 30 hari terakhir, tahun lalu, dan 12 bulan yang lalu. Selain itu, kamu bisa mengatur arus kas, transfer, dan histori penarikan dana.

Activity Dashboard

3. Marketplace up to date

Menu ini difungsikan untuk melihat daftar pinjaman yang telah lolos screening tim KoinWorks dan siap untuk didanai oleh para lender. Kamu dapat melakukan filter berdasarkan jenis pinjaman (bisnis atau pribadi), grade, tenor (jangka pendek atau panjang), metode pengembalian, sampai dengan nominal pendanaan

Marketplace KoinWorks

4. Jenis pinjaman beragam

Investor di KoinWorks mempunyai dua jenis tenor yakni jangka pendek dan jangka panjang. Pinjaman jangka pendek adalah pinjaman dengan masa jatuh tempo 1 s.d 3 bulan, sedangkan jangka panjang adlaah pinjaman dengan jangka waktu 1 s.d 2 tahun. Pinjaman dengan tenor pendek biasanya menawarkan suku bunga yang  lebih tinggi, akan tetapi dengan nominal yang relatif kecil. Sedangkan tenor panjang suku bunga yang ditawarkan lebih rendah, nominal pendanaanya lebih besar akan tetapi secara kumulatif lebih menguntungkan bagi investor.

5. Auto Purchase

Fitur auto purchase adalah yang tersedia pada platform KoinWorks untuk membantu para investor dalam memilih pinjaman-pinjaman yang akan didanai secara otomatis. Terdapat sebagian investor yang tidak punya banyak waktu untuk melakukan screening pinjaman-pinjaman yang tersedia secara manual. Fitur ini dapat memudahkan kamu sebagai lender untuk dapat memfilter kriteria-kriteria pinjaman yang sesuai dengan prefenrensi kamu mulai dari jenis, grade, tenor, dan nominal. 

Auto Purchase KoinWorks

Fitur ini sangat memudahkan kamu dalam melakukan distribusi pendanaan dan manajemen portofolio. Syarat melakukan aktifasi fitur  Auto Purchase yakni mempunyai dana yang cukup ada bagian Available Funds. Sobat cuanvestasi dapat memanfaatkan fitur ini dengan melakukan maintenance yang minimal namun tetap mendapatkan keuntungan sesuai harapan.

6. Robo Lending

Fitur Robo Lending sebenarnya hampir sama dengan fitur Auto purchase dalam hal otomatisasi pendanaan. Namun, jika pada auto purchase, kamu harus melakukan setting sendiri pada kriteria yang kamu inginkan terkait pinjaman yang bakal didanai. Sedangkan pada Robo Lending, investor dibantu oleh sistem machine learning KoinWorks untuk secara otomatis mendanai pinjaman yang diperkirakan paling menguntungkan bagi investor

Robo Lending KoinWorks

Robo Lending memperkirakan estimasi keuntungan bunga tertinggi dengan tenor yang dianggap paling menjanjikan bagi investor. Fitur ini merupakan pioneer dalam dunia P2P lending dan menjadi salah satu andalan dari KoinWorks.

7. Dana proteksi

KoinWorks memberikan perlindungan dana proteksi untuk investor. Hal ini yang berbeda daripada sistem P2P Lending pada umumnya dibana kerugian sepenuhnya dibebankan kepada investor jika peminjam gagal melunasi kewajiban bayarnya. Besarnya proteksi disesuaikan dengan grade pinjaman yang telah tertera pada saat kamu memilih jenis pinjaman yang akan didanai.

8. Promo dan referral

KoinWorks tidak pelit dalam hal memberikan promo baik kepada investor lama ataupun investor baru. Selain itu, terdapat keuntungan juga jika kamu mengajak orang lain sebagai lender di KoinWorks sebagai referral. Setiap orang baru yang berhasil kamu ajak melalui kode referral akan diberikan hadiah berupa Koin yang dapat kamu gunakan untuk mendanai pinjaman.

9. Alokasi otomatis reksadana

Saldo kas pada akun KoinWorks tidak boleh mengendap selama lebih dari 2 hari, oleh karena itu KoinWorks bekerjasama dengan Mandiri Manajemen Investasi (MMI) untuk menyalurkan saldo-saldo mengendap tersebut menjadi reksadana pasar uang sesuai dengan aturan OJK.


Cara Memulai Investasi di KoinWorks

  1. Masuk pada menu browse untuk melihat daftar pinjaman yang siap untuk didanai
  2. Muncul daftar pinjaman-pinjaman yang siap untuk didanai
  3. Pahami tabel dari masing-masing pinjaman mulai dari rate untuk menunjukan grade pinjaman tersebut, semakin besar hurufnya maka semakin besar bunga keuntungan yang diberikan (bunga yang memiliki grade D lebih besar daripada grade A) dengan risiko-risiko yang juga wajib dipahami. Term menunjukan tenor pinjaman dalam bulan, sedangkan untuk amount menunjukan jumlah nominal pinjaman yang diajukan oleh Borrower
  4. Pilih salah satu jenis pinjaman yang akan kamu danai
  5. Jika sudah yakin dengan pilihan pinjaman yang didanai, maka tekan enter
  6. Status order akan berubah menjadi successful, dan pada bagian cart akan ada angka 1 yang menunjukan jumlah order yang kamu lakukan
  7. Masuk kedalam menu cart dan jangan lupa checkout Cart
  8. Selesai, selamat menjadi investor dengan mendanai 1 pinjaman


Risiko Berinvestasi di KoinWorks

KoinWorks adalah layanan P2P lending yang menawarkan alternatif investasi yang mudah dan menjanjikan keuntungan yang kompetitif kepada para nasabahnya. Akan tetapi, sekalipun telah terdaftar di OJK, investasi tidak begitu saja bebas risiko. Sebagai investor yang bijak, tentu kamu perlu berhati-hati dan bijak sebelum menanamkan modal dalam skema P2P Lending.

Berikut ini adalah beberapa risiko berinvestasi di KoinWorks yang perlu dipahami:

1. Risiko peminjam/borrower mengalami gagal bayar

Risiko yang umum ketika melakukan investasi pada P2P adalah risiko gagal bayar oleh Borrower. Setiap terjadi gagal bayar terjadi, penyedia P2P lending seperti KoinWorks memang tidak bertanggung jawab secara langsung namun menyiapkan skema proteksi melalui adanya Dana Proteksi.

Akan tetapi perlu dipahami juga bahwa dana proteksi tidak sepenuhnya menjamin krugian modal yang dialmi investor jika terdapat peminjam yang tidak mampu melunasi hutangnya, hal ini dikarenakan tidak semua pinjaman bisa diasuransikan dan besaran yang dikembalikan dana proteksi sangat bergantung pada grade pinjaman yang didanai.

Jika dibandingkan platform P2P lainya, dana proteksi KoinWorks kurang bisa diandalkan namun masih lebih baik daripada platform P2P yang tidak menyediakan asuransi pinjaman sama sekali.

2. Ketidak akuratan algoritma KoinWorks

Pada fitur Auto Purchase dan Robo Lending, Developer KoinWorks mengandalkan algoritma credit scoring dalam melakukan screening pinjaman yang paling layak didanai. Akan tetapi mengingat AI sangat mungkin mengalami bug, error, atau ketidaktepatan, maka bisa saja sistem memberikan rekomendasi pinjaman yang ternyata beresiko tinggi kepada investor. 

3. Fluktuasi suku bunga

Kondisi perekonomian dari suatu negara dan mekanisme pasar yang sering berubah membuat suku bunga menjadi naik turun. Adanya perubahan drastis tersebut bisa sangat merugikan pada investor. Jenis risiko ini merupakan risiko tidak dapat diatasi oleh investor dan platform penyedia P2P lending. Oleh karena itu, setiap investor yang baru ingin belajar berinvestasi harus memahami risiko ini.

4. Informasi yang menyesatkan dari peminjam

Upaya verifikasi dan konfirmasi dari setiap peminjam yang lolos screening pada platform KoinWorks tentu sudah dilakukan. Akan tetapi, kemungkinan pemalsuan identitas atau peminjam yang tidak memberikan data-data yang benar masih tetap ada, sehingga masih ada celah adanya peminjam yang terlihat kredibel namun sebenarnya mempunyai risiko yang cukup tinggi.


Kesimpulan Review P2P KoinWorks

Berdasarkan hasil penelitian dan pengalaman langsung berinvestasi di KoinWorks, cuanvestasi menganggap KoinWorks pantas dan layak menjadi pilihan platform berinvestasi bagi investor yang berminat dalam menanamkan modal di P2P Lending. Dengan berbagai fitur yang tersedia, kami beranggapan bahwa investor baru akan sangat terbantu jika dapat memaksimalkan fungsi dari fitur-fitur tersebut.

Namun demikian, adanya berbagai fitur dalam KoinWorks juga dapat menjadi kekurangan dari platform ini, sebagai pemula yang baru terjun kedalam dunia investasi dan langsung dihadapkan dengan banyak fitur tentu akan merasa kebingungan. Selain itu, belum tersedianya pinjaman dengan sistem syariah juga merupakan salah satu kekurangan pada platform KoinWorks. Hal ini sangat disayangkan padahal beberapa pesaing lainya sudah menyediakan sistem pinjaman yang didasari akad sistem syariah.

Terakhir, pengalaman berinvestasi P2P Lending melalui KoinWorks sangat positif dan cuanvestasi yakin bahwa KoinWorks merupakan pilihan yang pas bagi sobat cuan untuk meraih cuan dari P2P landing.


Related Posts
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar