4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Review Aplikasi Bibit: Cara Mudah Beli Reksadana

Bibit merupakan aplikasi marketplace Reksa dana yang secara online yang mempunyai berbagai fitur menarik didalamnya. Terdapat beberapa keunggulan dan kelemahan dari Bibit. Pengalaman menggunakan Bibit dalam berinvestasi reksadana membuat Tim Cuanvestasi untuk melakukan Review Aplikasi Bibit: Cara Mudah Beli Reksadana mulai dari legalitas sampai dengan fitur-fitur yang ada didalamnya. Yuk mari kita kupas tunat aplikasi Bibit sang marketplace reksadana.

Review Aplikasi Bibit: Cara Mudah Beli Reksadana

Reksa dana: Investasi Masa Kini

Reksa dana menjadi omongan banyak orang akhir-akhir ini karena naiknya isu investasi di kalangan masyarakat. Dikalangan pemuda, investasi reksa dana merupakan hal yang paling sederhana karena mudah dipahami dan nilai minimum investasi yang sangat murah. 

Dengan kemajuan teknologi, cara jual beli transaksi reksa dana dapat dilakukan lewat aplikasi dan dioperasikan semudah memesan kopi favoritmu di aplikasi gojek atau grab. Hal tersebut menyebabkan para investor pemula atau profesional dapat dengan mudah  membeli reksa dana sesuai dengan profile risiko masing-masing

Kali ini, kami akan Review Aplikasi Bibit: Cara Mudah Beli Reksadana dan memberi panduan cara daftar, login, sampai dengan melakukan investasi reksadana pertama kamu.


Apa itu Bibit Aplikasi Reksadana ?

Bibit adalah aplikasi yang menjadi marketplace jual beli reksadana Online. Setiap orang yang telah lolos verifikasi dapat membeli dan menjual serta memilih Reksadana semudah memesan kopi favorit kamu! 

Proses pembelian reksa dana ini cukup evolusioner dibandingkan pembelian reksa dana zaman dahulu dimana prosesnya cukup rumit bagi investor pemula. Bibit mengembangkan algoritma yang memberikan kita rekomendasi pilihan reksa dana paling tepat disesuaikan dengan profile risiko yang kita isi pada saat awal registrasi

Setiap calon investor yang login aplikasi Bibit harus mengisi profile risiko sehingga Bibit Robo Advisor dapat menganalisa kebutuhan reksa dana yang sesuai dengan tujuan keuangan dan target yang hendak dicapai. Proses tersebut membuat calon investor tidak begitu pusing dengan teknis yang rumit sehingga dapat melakukan investasi reksa dana pertama tanpa harus bingung dan tanpa harus mempunyai pengalaman terlebih dahulu.


Apakah Bibit Aplikasi Reksadana Legal dan Aman ?

Bibit merupakan perusahaan yang telah memiliki izin resmi/legal sebagai Agen Penjual Reksa Dana (APERD) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga dana investasi yang kamu investasikan melalui bibit aman. Selain itu, Bibit juga terdaftar sebagai anggota APERD (Agen Penjual Reksa Dana). Sebagai anggota APERD, Bibit diwajibkan untuk memenuhi aspek keamanan sebagai berikut:

  1. Dana yang diinvestasikan tidak disimpan dan dikelola oleh Bibit namun ditransfer ke rekening penampungan investor dari Manajer Investasi masing-masing produk reksa dana yang dikelola oleh Manajer Investasi berlisensi OJK sehingga dapat dikatakan cukup terpercaya
  2. Aset investasi disimpan pada Bank Kustodian
  3. Pencarian dana investasi hanya dapat dicairkan/ditarik ke rekening atas nama investor.

Seluruh dana investor tidak disimpan oleh Bibit namun disimpan pada Bank Kustodian sehingga kamu tidak perlu khawatir ada penyalahgunaan atas dana investasi mu. Hal ini berarti jika suatu saat Bibit mengalami kebangkrutan atau permasalahan yang menyebabkan tutup operasi maka uang dan reksadana kamu tetap tersimpan di Bank Kustodian dan masih dapat ditarik/dicairkan kapan saja langsung ke rekening kamu.

Sebagai investor, kamu bisa melihat kepemilikan reksa dana melalui akses KSEI atau secara langsung menghubungi Manajer Investasi dari reksa dana dengan menunjukan KTP dan kepemilikan reksa dana untuk proses verifikasi. Jika kamu ingin menarik dana investasi reksa dana melalui manajer investasi, maka kamu akan dipandu langsung oleh Manajer investasi yang mengelola dana investasi reksa dana.

Dari tadi kami telah berbicara tentang sesuatu yang bernama Bank Kustodian. Bank Kustodian adalah pihak yang memberikan jasa berupa penitipan efek dan harta lainya yang berkaitan dengan efek dan jasa lain termasuk menerima dividen, bunga, dan hak lain, menyelesaikan transaksi efek, mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya (investor).

Dalam hal keamanan, terdapat pengamanan berlapis yang ada di Aplikasi Bibit, diantaranya:

  1. Proses pencairan terverifikasi dan hanya bisa dicairkan/ditarik ke rekening atas nama investor yang tercatat di KTP. Rekening pencairan dengan data registrasi harus sama sehingga kecil kemungkinan dana investasi kamu dapat dicairkan ke rekening orang lain.
  2. Data pribadi pada akun bibit terlindungi sistem biometrik diantaranya Face ID dan Fingerprint yang membatasi akses akun pribadi kamu.
  3. Fitur pengenal perangkat untuk mengidentifikasi aktivitas login atas setiap perangkat yang berbeda. Jika akun Bibit kamu login melalui perangkat yang berbeda maka akan ada email notifikasi otomatis yang memberitahukan aktivitas tersebut.


Cara Daftar Akun Aplikasi Bibit 

Kamu dapat mengikuti proses dibawah ini untuk memulai pembelian reksa dana pertama kamu:

  1. Download aplikasi Bibit pada playstore atau Appstore 
  2. Klik register pada aplikasi Bibit
  3. Masukan nomor handphone dan kode referral diisi "yukbeli" untuk mendapatkan bonus saldo Rp 25.000 lalu klik lanjutkan, kamu mendapat SMS yang berisi verifikasi. masukan kode tersebut pada kolom yang tersedia dan klik lanjutkan
  4. Klik mulai untuk menjawab beberapa kuisioner singkat dari Bibit untuk mengetahui profile risiko kamu dan klik lanjut registrasi
  5. Pada saat masuk ke halaman registrasi, isi kolom yang tersedia dengan data diri kamu lalu klik lanjutkan
  6. Persiapkan KTP kamu untuk difoto atau ambil foto KTP yang ada di galeri perangkat kamu. Harap dipastikan kembali foto KTP tersebut dapat dilihat dengan jelas dan terbaca dengan baik
  7. Lakukan foto selfie dengan KTP, pastikan bahwa seluruh bagian muka depan dan KTP dapat masuk kedalam foto dan tidak tertutupi apapun untuk proses verifikasi
  8. Pastikan NIK dan Nama Lengkap sesuai KTP dan tanggal lahir kamu
  9. Lampirkan tanda tangan digital pada kolom yang telah disediakan oleh Bibit (langsung ditandatangani pada kolom yang tersedia)
  10. Pastikan kamu telah mempunyai rekening bank, jika kamu sebelumnya belum mempunyai rekening bank maka sistem akan mengarahkan kamu untuk membuka rekening di Bank Jago pada akhir registrasi Bibit
  11. Pengisian data kamu telah selesai dan registrasi yang telah kamu lakukan sedang diproses. 
  12. Kamu sudah masuk pada tahap verifikasi, langsung buka email yang kamu gunakan pada saat registrasi dan klik verifikasi email
  13. Data yang diverifikasi oleh Bibit dan KSEI sedang dalam proses dan diperkirakan selesai maksimal 1x24 jam
  14. Jika semua telah selesai diverifikasi, silahkan pilih reksa dana dan selamat berinvestasi reksadana!


Fitur - Fitur Aplikasi Bibit

Seperti yang telah kami sebutkan di awal, Bibit mempunyai berbagai fitur yang menarik, yaitu:

1. Robo Advisor

Robo Advisor membantu investor dalam melakukan pemilihan reksa dana berkualitas yang disesuaikan dengan profie risikonya. Bibit menggunakan riset dari pemenang Nobel Prize yakni Modern Portofolio Theory dalam menyesuaikan investasi ke reksa dana yang tepat sesuai dengan profile resiko berdasarkan usia, toleransi risiko, dan kondisi keuangan.

Robo Advisor menentukan jumlah alokasi optimal yang telah disesuaikan dengan level risiko dan membantu investor dalam melakukan seleksi reksadana dengan performa dan trend yang baik. Robo Advisor secara otomatis memberikan rekomendasi berikut ini:

  • Auto Risk Profiling: Sebelum berinvestasi, kamu harus menjawab beberapa pertanyaan agar robo dapat menentukan profil risiko dengan AI .
  • Auto Financial Plan: kamu mendapatkan rekomendasi alokasi portofolio reksa dana yang paling tepat berdasarkan jawaban beberapa pertanyaan sebelumnya.
  • Auto Rebalancing: Secara otomatis, bibit akan mempertahankan alokasi optimal reksa dana kamu seiring perubahan usia, profil risiko, dan fluktuasi kondisi pasar.

2. Gratis Biaya Komisi 

Seluruh transaksi baik pembelian dan penjualan reksa dana tidak dipungut biaya komisi. Sobat cuan bisa beli reksa dana dengan virtual account atau melalui e-wallet diantaranya gopay, ovo, link aja, dan beberapa channel lain. PRAKTIS BANGET!

gratis biaya transaksi

3. Informasi Reksadana Lengkap

Selain menjadi marketplace reksa dana, kamu bisa mendapatkan informasi tentang reksa dana yang disediakan secara gratis dan lengkap di aplikasi Bibit. Beberapa informasi yang disediakan diantaranya:

  • Reputasi Manajer Investasi

Reputasi manajer investasi menjadi kriteria paling penting ketika melakukan seleksi reksa dana. Bibit hanya bekerjasama dengan manajer investasi yang telah mempunyai reputasi baik, track record yang teruji, dan tata kelola yang baik dalam jangka waktu panjang.

  • Tingkat Return

Bibit sangat memperhatikan keuntungan yang diberikan oleh produk reksa dana kepada para investornya. Namun tidak hanya itu saja, Bibit juga memperhatikan konsistensi dari kinerja reksa dana selama 5 sampai 10 tahun kebelakang dan Top holding dari reksa dana yang tersedia. 

Selain itu, tingkat risiko yang diambil oleh pengelola reksa dana juga diperhatikan oleh Bibit agar potensi keuntungan dan kerugian seimbang. konsistensi jangka panjang dalam mencetak keuntungan tentu akan lebih bagus daripada mencetak keuntungan sesaat dan sesekali saja.

  • Tingkat Risiko

Aplikasi Bibit membuat kamu dapat mengukur risiko dengan menggunakan fitur Max Draw down. Max Drawdown adalah penurunan maksimum suatu reksa dana dari titik harga tertinggi sampai ke titik terendahnya, sebelum tercapai harga tinggi baru pada periode tertentu. Fitur ini adalah indikator risiko penurunan dari suatu reksa dana dalam jangkaw waktu tertentu. Apabila Max Draw Down dari suatu reksa dana dalam setahun 10%, maka reksa dana tersebut paling besar mengalami penurunan 10% dari titik tertingginya pada satu tahun terakhir. Max Draw Down membantu investor untuk mengidentifikasi apakah risiko penurunan tersebut masih dapat ditoleransi atau tidak (berdasarkan profile risiko).

  • Dana Kelolaan (AUM)

Dana kelolaan atau disebut AUM (Asset Under Management) merupakan jumlah dana yang dikelola reksa dana tersebut. Dana kelolaan bisa digunakan oleh investor untuk mengukur seberapa besar reksa dana ini dapat diterima dan dipercaya oleh investor. Semakin besar dana kelolaan reksa dana, maka kepercayaan investor terhadap kualitas dari produk reksadana manajer investasi tersebut semakin tinggi juga.

  • Expense Ratio

Expense Ratio digunakan untuk mengukur besaran biaya yang dikeluarkan untuk mengelola reksa dana. Biaya yang menjadi cakupan expense ratio yakni: management fees, biaya kustodian, biaya trading biaya marketing.

Semakin kecil expense ratio tersebut menunjukan bahwa manajer investasi cukup efisien dalam mengelola reksa dana investornya.

4. Minimum Investasi Rp 100.000 dan Dapat Dicairkan Tanpa Pinalti

Jika zaman dahulu berinvestasi harus mulai dari uang berjuta-juta, maka saat ini sobat cuan bisa mulai berinvestasi reksadana di Aplikasi Bibit dengan modal minimum Rp 100.000. Tentunya jumah ini sangat amat terjangkau bagi para anak muda dan pemula yang baru ingin memulai berinvestasi reksa dana. Penarikan dana dari Bibit juga sangat mudah dan dapat ditarik kapan saja tanpa harus membayar penalti. MURAH BANGET!

5.  Proses Instan Membuka Rekening Reksa dana

Pembukaan rekening reksa dana yang dilakukan secara online sehingga kamu tidak perlu repot dan capek untuk datang ke kantor atau ke bank. Proses tanda tangan yang sudah bisa digital membuat prosesnya full dilakukan secara online. MUDAH BANGET!

6. Fasilitas Dollar Cost Averaging (DCA)

Fitur menabung secara tuin yang dibuat untuk investor agar melakukan investasi secara konsisten setiap bulan pada tanggal yang telah di setting pada aplikasi disebut Dollar Cost Averaging (DCA). Metode ini bergantung pada konsistensi  investor supaya tidak lupa berinvestasi secara rutin.

Fitur ini mengirim notifikasi kepada investor melalui Push Notification dan email pada tanggal yang telah kamu setting sebelumnya sekaligus langsung membuat order pembelianya. Hal yang harus kamu lakukan adalah metransfer dana sesuai order yang telah dibuat.

Bibit telah bekerjasama dengan gojek sehingga kamu dapat memanfaatkan fasilitas Gopay Autopay untuk mempermudah DCA. Beberapa hal yang harus kamu pahami terkait dengan fasilitas nabung rutin menggunakan autodebet, yakni:

  • Kamu harus hubungkan akun GoPay dengan Bibit agar bisa memanfaatkan nabung rutin autodebet
  • Nominal maksimum nabung rutin autodebet adalah Rp 10 juta
  • Bibit mengirimkan reminder/pengingat sehari sebelum hari autodebet
  • Autodebit dilakukan otomatis pada Jam 08.00 WIB
  • Order pasti diterima pada hari yang sama
  • Jika saldo Gopay kamu tidak cukup, maka order akan menjadi gagal. Tapi kamu masih bisa melakukan pembayaran dalam waktu 24 jam kdepan sebelum autodebet kadaluarsa dan order kamu pada hari itu menjadi gagal lagi.

7. Pilihan Reksadana Syariah

Bibit merupakan marketplace reksa dana yang menyediakan jenis reksa dana syariah. Prinsip reksa dana syariah sama dengan reksa dana konvensional, hanya saja perbedaanya adalah reksa dana syariah dikelola dengan memegang teguh prinsip syariah di pasar modal.

Kebijakan investasi reksa dana syariah yaitu berinvestasi pada perusahaan dengan kategori halal dan memenuhi rasio keuangan tertentu.

reksa dana syariah

Kebijakan investasi reksa dana syariah hanya dapat diinvestasikan pada instrumen keuangan sesuai syariah islam seperti efek pasar modal syariah (obligasi sukuk, saham saham yang termasuk kedalam daftar efek syariah, dan efek surat lainya sesuai prinsip syariah) dan instrumen pasa ruang syariah (sertifikat wadiah bank indonesia, sertifikat investasi mudharabah antar-bank, dan sejenisnya)

8. Gratis Biaya Transaksi

Bibit sama sekali tidak mengenakan fee beli, fee jual, ataupun fee ketika switching reksa dana. Akan tetapi perlu dipahami bahwa jika rekening sobat cuan berbeda dengan rekening bank penampung reksadana, ada biaya transfer antar bank Rp 3500 per reksa dana ketika melakukan pencairan yang dikenakan oleh pihak bank.

Khusus untuk 3 ttransaksi pertama, Bibit memberikan cashback untuk mengganti biaya transfer antar bank tersebut.


Keunggulan Aplikasi Bibit

Bibit memberikan kemudahan bagi investor reksa dana pemula yang ingin melakukan penjualan dan pembelian reksa dana secara online. Hal tersebut membuat investor pemula semakin yakin untuk berinvestasi pada instrumen reksa dana.

Proses registrasi yang dapat dilakukan secara online mulai dari awal sampai akhir adalah keunggulan yang tidak bisa dibantah. Hal tersebut menfasilitasi kemajuan dunia teknologi dimana saat ini setiap hal bisa diselesaikan dengan proses online tanpa harus datang langsung ke lokasi kantor.

Fitur Robo Advisor sangat membantu investor pemula yang baru terjun pada investasi reksadana pada saat pemilihan produk reksadana yang tepat sesuai profile risikonya. Selain itu, nilai minimum investasi yang cukup rendah akan menarik banyak investor baru dan semakin meramaikan dunia investasi reksa dana.


Kekurangan Aplikasi Bibit

Untuk saat ini, jumlah produk dan pilihan reksa dana pada Aplikasi Bibit belum sebanyak pesaing nya. Namun, semoga kedepanya semakin banyak manajer investasi yang bergabung dengan bibit sehingga pilihan investor bisa semakin banyak.

Selain itu, masih terdapat beberapa bug aplikasi Bibit yang dampaknya terhadap keceptan akses aplikasi tersebut. Namun, hal tersebut tidak mempengaruhi keamanan aplikasi hanya saja pada saat membuka melalui perangkat handphone menjadi sedikit lemot untuk beberapa waktu tertentu.

Saat ini Bibit hanya tersedia melalui aplikasi, hal tersebut menyebabkan investor hanya bisa mengakses bibit untuk memonitor investasinya melalui handphone. Tentunya akan lebih baik jika Bibit bisa menjadi platform investasi reksadana yang terintegrasi tidak hanya bisa diakses melalui handphone namun juga melalui perangkat destkop.


Pertanyaan dan Jawaban Soal Bibit

Q: Apa perbedaan Bibit dan reksa dana ?

Bibit adalah platform marketplace untuk menjual dan membeli reksa dana, sedangkan reksa dana sendiri adalah platform investasi. Sederhananya Bibit bukan reksa dana

Q: Berapa biaya investasi reksa dana di Bibit ?

Cukup terjangkau dan bebas biaya komisi

Q: Berapa return reksa dana di Bibit ?

Return investasi reksa dana yang dibeli pada bibit tergantung dari pilihan jenis reksa dana dan manajer investasinya

Q: Apakah Bibit merupakan platform marketplace investasi yang aman ?

Bibit aman karena sudah mempunyai legalitas dan izin di OJK dan terdaftar di APERD (Agen Penjual Reksa Dana)


Kesimpulan Review Bibit Aplikasi Reksadana

Berdasarkan hasil penelitian dan pengalaman langsung berinvestasi reksa dana di Bibit, cuanvestasi menganggap Bibit pantas dan layak menjadi pilihan platform berinvestasi reksa dana online bagi investor yang berminat dalam menanamkan modal di instrumen reksa dana. Dengan berbagai fitur yang menarik dan mudah dipahami, kami beranggapan investor baru ataupun profesional akan sangat terbantu jika menggunakan fitur-fitur tersebut. Selain itu, adanya opsi pilihan reksa dana konvensional atau reksa dana syariah semakin memanjakan investor dalam proses pemilihan reksa dana berdasarkan keyakinan yang dipercayai.

Namun demikian, dengan adanya berbagai fitur tersebut tidak serta merta membuat aplikasi ini tidak mempunyai kekurangan. Terkadang masih terdapat bug yang dapat membuat perangkat kita butuh beberapa waktu untuk mengakses aplikasi Bibit. Selain itu, Bibit saat ini masih hanya dapat diakses melalui perangkat handphone dan belum terdapat versi destkopnya. Hal ini sangat disayangkan mengingat fleksibilitas akses dalam suatu platform merupakan nilai plus apalagi di era saat ini.

Terakhir, pengalaman berinvestasi reksa dana melalui platform Bibit sangat positif dan cuanvestasi yakin bahwa Bibit merupakan pilihan yang tepat bagi sobat cuan untuk meraih cuan dari instrumen reksa dana.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar