4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Review Aplikasi Pluang: Cara Daftar dan Investasi

Pluang adalah aplikasi investasi yang menawarkan berbagai pilihan investasi hanya dalam satu investasi. Dalam melakukan Review Aplikasi Pluang: Cara Daftar dan Investasi, tim cuanvestasi mencoba langsung aplikasinya secara langsung dan mempelajari cara daftar, biaya transaksi, kelebihan pluang, kekurangan pluang, dan berbagai hal menarik yang ada di aplikasi pluang. Pluang memberikan sobat cuan kesempatan untuk berinvestasi dengan biaya minimum mulai dari Rp 10 ribu dan cukup menarik untuk para investor pemula. Yuk kita review total aplikasi pluang!

Review Aplikasi Pluang: Cara Daftar dan Investasi

Apa itu Pluang ?

Pluang merupakan platform aplikasi keuangan untuk investasi pada berbagai instrumen keuangan yang dapat dilakukan dengan cukup mudah, aman dan juga terjangkau. Sesuai dengan jargon yang selalu digaungkan oleh Pluang adalah "Satu Aplikasi Beragam Investasi"

Pluang berdiri sejak 21 Januari 2018 dan telah diunduh oleh jutaan pengguna baik melalui play store ataupun appstore. Proses registrasi yang mudah dan seluruhnya dilakukan melalui online tentu semakin mempermudah calon investor baru untuk bergabung sebagai bagian dari Pluang. Nilai minimum investasi mulai dari Rp 10 ribu juga semakin mempermudah investor dalam memulai investasi pertamanya bersama aplikasi Pluang.


Cara Daftar Aplikasi Pluang

1. Silahkan download dan instal aplikasi Pluang melalui Google Playstore (Android) atau App Store (IOS) 


2. Buka Aplikasi Pluang dan Klik "Daftar" apabila kamu ingin membuat akun Pluang


3. Isi data diri sesuai ketentuan:

  • Masukan nama lengkap sesuai dengan KTP/Kartu Identitas
  • Masukan nomor handphone pribadi milik kamu (pastikan handphone selalu dalam keadaan aktif karena digunakan sebagai identifikasi saat akan login aplikasi Pluang)
  • Masukan alamat email yang aktif (butuh verifikasi email)
  • Masukan kode referral : KRIS167640 untuk mendapatkan bonus saldo dan kesempatan untuk mendapatkan hadiah jutaan rupiah
  • Klik Daftar untuk melanjutkan

4. Selanjutnya sobat cuan akan diminta memasukan kode OTP yang dimasukan ke nomor Handphone yang telah didaftarkan pada akun Pluang melalui SMS. Masukan kode tersebut pada tempat yang telah disediakan

5. Jika dalam 30 detik tidak menerima kode OTP melalui SMS, coba mengirimkan kode OTP melalui Whatsapp jika nomor yang kamu gunakan terdaftar pada Whatsapp

6. Selanjutnya, sobat cuan wajib membaca syarat dan ketentuan yang berlaku pada aplikasi. Jika telah setuju maka klik tombol "Setuju".

7. Langkah selanjutnya kamu harus membuat PIN dengan 6 digit

8. Lakukan verifikasi lanjutan dengan mempersiapkan foto KTP dan foto selfie dengan KTP

9. Jika sudah melakukan verifikasi tahap akhir, kamu akan menunggu maksimal satu hari. Untuk pengalaman saya hanya menunggu beberapa menit dan akun saya sudah siap untuk digunakan berinvestasi.

10. Isi saldo investasi kamu, dan selamat memilih instrumen investasi pertama mu dan raih cuan seterusnya!


Keamanan dan Legalitas Aplikasi Pluang

Berdasarkan informasi yang didapat dari situs resmi Pluang, Pluang adalah sebuah kanal penjualan dari dua peruashaan yakni PT PG Berjangka (Produk emas dan S&P 500 Futures) dan PT. Zimpex Exchange Indonesia (aset kripto) dimana kedua perusahaan tersebut telah terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Izin yang dipegang oleh peluang diperoleh dari para partner peluang. Adapun lembaga-lembaga yang menerbitkan izin dan melakukan pengawasan terhadap partner Pluang diantaranya:

Legalitas Pluang


A. BAPPEBTI, Kementerian Perdagangan

Produk emas dan S&P 500 Futures Pluang dilakukan oleh PT. PG Berjangka dan mempunyai lisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI (dibawah supervisi Kementerian Perdagangan). Selain itu, untuk aset kripto Pluang dilakukan oleh PT. Crypto Indonesia Berkat atau lebih dikenal sebagai Tokocrpyto yang juga telah terdaftar di BAPPEBTI.

B. Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Produk reksa dana di Pluang dilakukan oleh PT. Sarana Santosa Sejati (Pluang Grow) dan telah mengantongi izin sebagai Agen Penjual Reksa Dana (APERD) dari OJK dengan nomor KEP-20/PM.21/2020 sejak 14 Desember 2020.

C. Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO)

Pluang diawasi dan disahkan oleh KOMINFO dengan nomor tanda daftara 02245/DJAI.PSE/02/2020 sejak 11 Februari 2020.

Sejauh ini, Pluang merupakan aplikasi investasi yang legit dan bukan penipuan. Seluruh partner yang bekerjasama dengan Pluang mempunyai izin resmi dari OJK dan Bappebti. Selain itu, kami belum menemukan adanya berita-berita penipuan yang terafiliasi dengan aplikasi Pluang sehingga bisa dikatakan bahwa Pluang adalah aplikasi investasi yang aman.


Produk Investasi di Pluang

Aplikasi Pluang mempunyai 4 jenis produk investasi yang dapat dipilih oleh sobat cuan semuanya sesuai dengan preferensi dan kebutuhanya. Produk-produk tersebut diantaranya:


1. Emas

Di aplikasi Pluang, sobat cuan dapat melakukan transaksi pembelian dan penjualan emas mulai dari 0,01 gram. Selain itu, kamu juga dapat melakukan penarikan emas dalam bentuk fisik dengan saldo emas yang ada di Aplikasi Pluang. Pluang juga memberikan fasilitas sistem cicilan untuk membeli emas dengan pilihan masa angsuran 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan sampai dengan angsuran 36 bulan.

Pluang Emas

2. Jual Beli Saham Luar Negeri (USA)

Khusus Produk Saham Amerika, Pluang membaginya menjadi dua jenis:

  • Kontrak berjangka saham AS, berupa investasi pada micro e-mini S&P index futures dan NASDAQ 100 index futures.
  • Saham AS CFD

Dengan investasi pada kontrak berjangka AS yang tergabung dalam indeks saham AS( SNP 500 dan Nasdaq 100), sobat cuan berhak untuk mendapat eksposur ke perusahan-perusahaan yang terdaftar di bursa AS.

Pluang Saham Luar Negeri

Selain itu, Aplikasi Pluang juga menyediakan pilihan berinvestasi dengan metode Contract for Difference (CFD).

3. Aset Kripto

Sobat cuan dapat melakukan diversifikasi investasi ke aset kripto dengan berbagai token kripto yang tersedia. Koin kripto yang dapat dilakukan jual beli di Pluang diantaranya AAVE, Binance, Bitcoin, Cardano, dan lain sebagainya.

Pluang Aset Kripto

4. Reksa Dana

Reksa dana yang ada di Pluang terdiri dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, reksa dana campuran, dan reksa dana USD. Pluang mempunyai kerjasama dengan UBO Asset Management yang menawarkan produk reksa dana pasar uang Dana Rupiah dan produk reksa dana pendapatan tetap.

Pluang Reksa Dana


Fitur di Aplikasi Pluang

1. Teaser produk baru

Pluang memberikan kesempatan untuk mengetahui lebih awal dari produk-produk yang sudah tersedia di aplikasi. Sobat cuan dapat mengaktifkan fitur teaser produk baru untuk mendapat notifikasi dan bisa langsung mencoba instrumen investasi terbaru di Pluang.

2. Eksplor

Fitur ini memberikan sobat cuan pengalaman merasakan kemudahan dalam menemukan aset investasi yang disesuaikan dengan preferensinya.

3. Berita

Fitur ini memberikan informasi yang up to date tentang kondisi terkini dari pasar-keuangan. Sobat cuan dapat melakukan analisis peristiwa an kejadian yang mempunyai potensi akan mempengaruhi pasar dan dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan saat melakukan keputusan investasi. Fitur ini juga dapat memberikan kemudahan kepada sobat cuan untuk memfilter berita-berita yang berkaitan dengan aset/instrumen tertentu.

4. Akademi

Tidak hanya menarik calon investor untuk menggunakan aplikasinya, Pluang juga memberikan edukasi gratis yang edukatif bagi seluruh investor dengan adanya fitur akademi. Fitur ini memberikan akses materi pembelajaran yang dapat disesuikan dengan kebutuhan penggunanya. Untuk saat ini, materi dari fitur ini hanya untuk investor pemula. Akan tetapi kedepan tidak menutup kemungkinan akan diisi dengan materi-materi yang dapat digunakan oleh investor lanjutan

5. Kamus

Fitur kamus mempermudh investor secara efektif dan efisien untuk mengetahui istilah-istilah yang umum dijumpai ketika berinvestasi. Pluang memberikan kamu kesempatan untuk melakukan investasi yang edukatif pada satu aplikasi

7. Auto Investment

Beberapa orang tidak mempunyai banyak waktu untuk berinvestasi secara rutin karena kesibukan sehari-hari. Aplikasi Pluang memberikan fitur Auto Investment untuk investor yang hanya mempunyai waktu terbatas namun ingin berinvestasi secara rutin. Fitur ini diaktifkan dengan pilihan frekuensi mingguan atau bulanan.

Fitur ini dapat membantu kamu untuk mencapai tujuan investasi yang telah kamu tetapkan tanpa perlu berulangkali membuka aplikasi ataupun berinvestasi secara manual.

8. Channel top up beragam

Pluang memberikan sobat cuan kemudahan untuk menggunakan berbagai channel top up. Pluang mendukung metode pembayaran mulai dari transer bank, link aja, dana, gopay, jenius, ovo, shopee pay, dan lain sebagainya. Pluang juga bekerja sama dengan GoInvestasi dari Gojek, Buka Emas Buka lapak, Dana emas milik Dana, dan Nabung Emas toko pedia.


Kelebihan Aplikasi Pluang

Pluang memberikan berbagai pilihan instrumen investasi diantaranya kripto dan indeks saham Amerika Serikat yang sebelumnya merupakan instrumen investasi yang sulit dijangkau oleh masyarat dan investor pemula. Saat ini, sobat cuan bisa membeli berbagai aset investasi hanya melalui satu aplikasi Pluang dengan minimum dana investasi yang sangat murah mulai dari Rp 10 ribu dan gratis biaya admin/komisi.

Aplikasi Pluang mempunyai tampilan yang segar dan jelas dengan opsi filter yang cukup memudahkan penggunanya.Tampilan dan user interface yang mudah digunakan tentu akan semakin membuat investor pemula untuk belajar berinvestasi di Aplikasi Pluang tanpa harus kebingungan dalam menjalankan aplikasinya

Informasi terkait dengan cara kerja dari setiap produk investasi dan fitur berita semakin memudahkan investor untuk membuat keputusan berinvestasi. Investor pemula yang biasanya takut untuk berinvestasi tentu tidak perlu takut lagi karena banyak informasi yang tersedia. Selain itu, fitur akademi yang semakin memperkaya pengetahuan investor pemula soal investasi tentu membuat sobat cuan semakin yakin untuk terjun dalam dunia investasi.

Sobat cuan dapat membeli produk investasi Pluang dengan dana yang paling rendah Rp 10 ribu dan tidak dikenai biaya proses registrasi ataupun biaya pada saat transaksi sebuah produk. Selain itu, terdapat pilihan aset kripto yang bermacam-macam sampai dengan 40 variasi dan masih bisa bertambah seiring berjalanya waktu.


Kelemahan Aplikasi Pluang

Pluang memperoleh izin dari para partnernya dan bukan izin langsung dari Pluang tersendiri. Hal ini tidak jadi masalah karena posisi Pluang adalah sebagai kanal penjualan. Hal tersebut masih diizinkan oleh OJK dan Bappebti.

Hal yang seharusnya menjadi perhatian utama adalah cara Pluang memastikan keamanan dan perizinan dari partner yang bekerjasama denganya. Itu menjadi perhatian utama karena investor merupakan bagian dari Pluang dan bukan para partners tersebut.

Selain itu, spread di Aplikasi Pluang masih cukup besar sehingga masih sering dikomplain oleh penggunanya dan fitur penarikan dana atau cash out terkadang memerlukan waktu yang relatif lama daripada biasanya.


Kesimpulan Review Aplikasi Pluang: Cara Daftar dan Investasi

Berdasarkan hasil penelitian dan pengalaman berinvestasi di Pluang, cuanvestasi menganggap Pluang adalah platform investasi yang bagus untuk berinvestasi pada beberapa instrumen sekaligus pada satu aplikasi. Dengan adanya berbagai pilihan istrumen investasi mulai dari emas, saham luar negeri, kripto, sampai dengan reksa dana, akan semakin memudahkan investor dalam melakukan diversifikasi investasi. Selain itu, berbagai fitur-fitur yang tersedia di Pluang mulai dari akademi, berita, dan auto investment tentunya semakin memanjakan investor dalam mengolah keputusan investasi dan mempermudah tujuan berinvestasinya.

Namun demikian, Pluang bekerjasama dengan pertner yang telah memiliki izin dari OJK dan Bapebbti, bukan izin dari Pluang sendiri. Selain itu, spread yang masih terlalu lebar dan cash out yang memerlukan waktu relatif lama merupakan perhatian Pluang yang tentu saja akan dilakukan perbaikan seiring berjalanya waktu.

Terakhir, pengalaman berinvestasi melalui platform Pluang cukup positif dan cuanvestasi yakin bahwa Pluang adalah pilihan yang cocok bagi sobat cuan untuk meraih cuan dalam berinvestasi di berbagai instrumen keuangan pada satu aplikasi.


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar