4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Keuntungan dan Risiko Investasi Emas

Emas adalah salah satu pilihan investasi yang telah lama dipilih oleh masyarakat dari berbagai zaman. Investasi emas dipilih karena mempunyai fungsi utama sebagai pelindung inflasi. Mayoritas masyarakat memilih emas batangan fisik atau emas digital dalam berinvestasi emas. Namun demikian, namanya investasi tentunya mempunyai keuntungan dan risiko. Pada kesempatan ini, tim cuanvestasi akan membahas tentang Keuntungan dan Risiko Investasi Emas. Setelah membaca artikel ini, diharapkan sobat cuan sudah mengerti keuntungan dan risiko dalam berinvestasi emas sehingga dapat meminimalisir risiko terkena kerugian dalam berinvestasi.

Keuntungan dan Risiko Investasi Emas

Keuntungan-keuntungan investasi emas

Apa saja keuntungan yang dapat sobat peroleh saat memutuskan untuk membeli emas sebagai alat investasi ?

1. Pelindung utama dari inflasi

Emas merupakan aset yang dianggap sebagai lindung nilai yang sangat baik dalam menghadapi inflasi. Hal tersebut telah terbukti setelah pemerintah Amerika Serikat tidak lagi menggunakan standar emas sejak tahun 1971. Bank sentral AS terus menerus mencetak uang dalam jumlah yang tidak terhingga setelah tidak memberlakukan standar emas. Efeknya, terjadi peningkatan harga barang dan jasa atau memicu terjadinya inflasi sehingga menyebabkan daya beli uang melemah. 

Akan tetapi, dengan berinvestasi pada emas akan membuat sobat tetap bisa mempertahankan nilai harta kekayaan yang kamu miliki karena termasuk kedalam logam mulia dengan persediaan yang terbatas.

2. Tergolong sebagai aset safe heaven

Emas merupakan aset yang tergolong sebagai safe heaven. Investor mempunyai ketertarikan yang sangat tinggi terhadap emas karena dianggap sebagai aset yang paling aman untuk menyimpan harta kekayaan pada saat keadaan ekonomi bergejolak atau tidak menentu.

Sobat cuan dapat melihat tren yang terjadi setiap kali terjadi konflik atau perang atau bencana alam, permintaan emas akan naik karena dianggap sebagai aset yang paling aman dan nilainya diakui di seluruh dunia. Satu dekade lalu, krisis keuangan global melanda seluruh dunia lantaran banyak bank dan perusahaan di Amerika menghadapi kebangkrutan. Harga saham di pasar modal anjlok sampai 50%. Namun apa yang terjadi ? nilai emas justru naik karena investor berbondong-bondong mengalihkan investasinya ke emas karena dianggap tempat paling aman.

3. Alat lindung nilai terhadap depresiasi nilai rupiah

Nilai emas ditetapkan dalam denominasi Dolar AS. Oleh karena itu, langkah paling tepat yang dapat dilakukan oleh investor untuk mempertahankan nilai kekayaanya saat Rupiah menghadapi pelemahan terhadap nilai Dolar (depresiasi dolar terhadap Dolar AS) adalah mengalihkan investasinya kedalam bentuk emas.

Sejak krisis yang melanda Indonesia tahun 1998, harga emas telah naik tajam sampai lebih dari 500%. Hal tersebut menunjukan bahwa emas adalah investasi yang paling tepat untuk mempertahankan kekayaan ditengah ketidakpastian.

4. Alat lindung nilai terhadap depresiasi dolar AS

Emas adalah zona pelarian para investor jika Dolar AS mengalami pelemahan. Ditengah dominasi Dolar AS sebagai alat perdangan global, emas masih perkasa sebagai mata uang alternatif karena nilainya diakui oleh semua orang di dunia dan karena jumlahnya yang terbatas sehingga terhindar dari inflasi.

5. Salah satu instrumen untuk diversifikasi portofolio investasi

Nilai emas merupakan negasi dari harga saham. Ketika pasar saham mengalami penurunan, dapat dilihat bahwa harga emas akan mengalami kenaikan. Karena sifatnya tersebut, emas dipilih oleh para investor sebagai penyeimbang atau diversifikasi portofolio investasi untuk mempertahankan nilai portofolionya agar tetap memiliki imbal hasil yang positif.

6. Jumlah penawaran (supply) yang terbatas

Jumlah emas yang ada di Bumi mempunyai kuantitas yang terbatas. Oleh karena itu, produksi emas juga dipastikan terus menurun dari tahun ke tahun. Kenaikan tingkat produksi emas sulit terjadi karena cadangan atau tambang yang terbatas dan juga dampak lingkungan yang terus menjadi sorotan para pemerhati lingkungan karena ditakutkan mempengaruhi going concern masyarakat lingkungan sekitar tambang.

7. Jumlah permintaan (demand) yang terus meningkat

Seiring kesadaran investasi masyarakat meningkat, permintaan emas juga ikut meningkat. Jumlah permintaan emas juga terus meningkat seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi dari berbagai negara dan emas menjadi buruan utama baik untuk tujuan investasi ataupun sebagai perhiasan.

Risiko Investasi Emas

Risiko-risiko investasi emas

Investasi emas dinilai menguntungkan jika ditujuan untuk investasi jangka panjang. Akan tetapi, sama halnya seperti aset lainya, harga emas cenderung mempunyai kesempatan untuk menurun dalam jangka pendek. Berikut ini adalah faktor-faktor yang risiko-risiko investasi emas:

1. Perubahan suku bunga

Jika terjadi kenaikan suku bunga acuan, harga emas akan mengalami penurunan. Hal tersebut terjadi karena emas adalah instrumen investasi yang tidak memberikan imbal hasil yang teratur sehingga suku bunga yang tinggi artinya meningkatkan opportunity cost jika memilih untuk berinvestasi emas.

Sebagai ilustrasi, Pak Darman mempunyai uang $ 1.000. Pak Darman mengalami kebingungan karena diharuskan memilih salah satu antara membeli emas (tidak memberikan imbal hasil teratur kecuali kenaikan harga) atau obligasi baru (memberikan pendapatan bunga secara teratur). Jika kondisinya adalah suku bunga sedang tinggi, maka Pak Darman dapat memilih obligasi karena dapat menghasilkan cuan yang lebih teratur dan nilai imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan investasi emas.

2. Perubahan tingkat inflasi

Faktor kunci yang mempunyai pengaruh investasi emas adalah inflasi. Jika terjadi kenaikan inflasi secara tiba-tiba, harga aset riil, termasuk emas, juga akan seketika naik mengikuti kenaikan inflasi. Akan tetapi, jika terjadi sebaliknya, harga emas pun juga ikut turun.

3. Pergerakan nilai tukar mata uang

Harga emas yang terus meningkat ditengah menurunya nilai rupiah terhadap Dolah adalah alasan yang sering dikatakan investor saat memilih berinvestasi emas. Hal tersebut karena harga emas dunia ditetapkan dalam Dolar sehingga harga emas dalam rupiah akan terus naik walaupun kurs rupiah terhadap dolar terdepresiasi (melemah).

4. Spekulasi

Investor diseluruh dunia mempunyai perhatian yang tinggi dalam memonitor tingkat suku bunga, nilai inflasi, dan nilai tukar untuk menebak yang akan terjadi pada harga emas. Hal-hal tersebutlah yang menjadi pemicu dari reaksi investor baik untuk menjual atau membeli emas.

Adanya aksi investor tersebut menyebabkan pelaku pasar lain bertindak dan seterusnya sehingga mengakibatkan pergerakan harga lagi dan terus bergerak mengikuti perubahan harga. Momentum terjadinya pergerakan harga emas yang tejam  seringkali dimanfaatkan para spekulan untuk meraih keuntungan dalam jangka pendek. Hal tersebut perlu diwaspadai bagi orang-orang yang berinvestasi emas dalam jangka pendek karena mempunyai risiko tinggi mengalami kerugian.


Platform Aplikasi Investasi Emas Digital

Sobat cuan, terdapat berbagai aplikasi investasi emas digital di Indonesia. Namun, kami akan membahas aplikasi yang kami gunakan saja. Mengapa ? kami belum pernah mencoba secara langsung sehingga belum bisa memberikan pendapat tentang aplikasi tersebut. Oke langsung saja, jika sobat cuan tertarik untuk investasi emas digital, sobat cuan bisa menggunakan platform berikut ini:

1. Aplikasi Pluang - Satu platform berbagai investasi

Aplikasi Pluang memberikan kemudahan buat kamu yang tertarik untuk berinvestasi emas digital hanya mulai dari Rp 10.000. Tertarik berinvestasi emas digital di Aplikasi Pluang ?  Klik tombol dibawah ini ya! kamu akan dipandu daftar aplikasi pluang mulai dari Nol!

--Panduan Daftar Aplikasi Pluang--


2. KoinWork - Investasi P2P landing & Emas Digital

Aplikasi koinWork melalui fitur KoinGold menawarkan investasi jual-beli emas digital dengan secara online mulai dari Rp 1000. Sobat cuan bisa melakukan transaksi jual-beli emas dengan secara realtime dan tanpa menunggu 5 menit maka emas akan masuk kedalam saldo rekening KoinWorks kamu. Tertarik untuk berinvestasi emas digital melalui aplikasi KoinWork ? Klik tombol dibawah ini sekarang juga! kamu akan dipandu daftar aplikasi KoinWork mulai dari Nol!

--Panduan Daftar Aplikasi KoinWorks--


Demikian penjelasan dari kami tentang Keuntungan dan Risiko Investasi Emas. Semoga dapat menambah cakrawala pengetahuan investasi kita semua ya.

Related Posts
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar