4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Profile Risiko Investor Reksa Dana

Reksa dana adalah salah satu instrumen investasi yang mempunyai berbagai jenis ragam produk. Produk reksa dana terdiri dari beberapa jenis diantaranya Reksa Dana Pasar Uang (RDPU), Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT), Reksa Dana Campuran (RDC), Reksa Dana Indeks (RDI), dan Reksa Dana Saham (RDS). Sebagai investor yang cerdas, tentu sobat cuan harus mempunyai suatu pertimbangan tertentu sebelum menentukan jenis reksa dana yang akan dibeli. Salah satu hal dasar yang seringkali dijadikan sebagai dasar pembelian reksa dana adalah Profile Risiko. Pada kesempatan ini, tim cuanvestasi akan mencoba membahas tentang Profile Risiko Investor Reksa Dana. Apa itu profile risiko ? Bagaimana pengaruh profile risiko investor reksa dana terhadap pemilihan jenis produk reksa dana ? semua akan kami bahas pada bagian ini.

Profile Risiko Investor Reksa Dana

Apa itu Profile Risiko

Profile risiko adalah indikator yang dapat menunjukan sejauh mana sobat cuan dapat menerima risiko terhadap imbal hasil yang diinginkan. Jadi, investasi identik dengan high risk and high return, profile risiko berisi sekumpulan kuesioner yang dapat menunjukan seberapa besar risiko yang dapat sobat cuan toleransi untuk menghasilkan keuntungan yang sesuai keinginan. Profile risiko sangat bermanfaat utamanya bagi investor yang baru pertama kali terjun dalam dunia investasi. Hanya dengan mengikuti profile risiko sobat, biasanya sobat akan terhindar dari penyesalan dalam melakukan investasi reksa dana.


Jenis Profile Risiko Investor Reksa Dana

Berdasarkan urutan tingkat risiko yang dapat ditoleransi investor, profile risiko investor reksa dana terbagi menjadi tiga jenis, diantaranya:

1. Risiko Rendah (Low Risk)

Sobat cuan yang mempunyai kategori risiko rendah artinya sobat merupakan orang yang mempunyai kecenderungan investasi pada instrumen yang aman dan rendah risiko. Jenis produk reksa dana yang cocok untuk dibeli oleh sobat cuan yang mempunyai profile risiko rendah adalah Reksa Dana Pasar Uang ataupun Reksa Dana Terproteksi atau Reksa Dana Pendapatan Tetap.

2. Risiko Menengah (Middle Risk)

Sobat cuan yang mempunyai kategori risiko menengah artinya sobat termasuk kedalam golongan investor yang mempunyai kecenderungan investasi pada instrumen yang mempunyai risiko menengah (medium) dan imbal hasil yang diberikan (return) lebih besar dari reksa dana pasar uang. Jenis produk reksa dana yang cocok untuk sobat beli dengan profile risk risiko menengah adalah Reksa Dana Pendapatan Tetap ataupun Reksa Dana Indeks ataupun Reksa Dana Campuran

3. Risiko Tinggi (High Risk)

Sobat cuan yang mempunyai kategori risiko tinggi artinya sobat termasuk yang mempunya kecenderungan investasi pada instrumen yang beresiko tinggi dan siap menerima risiko misalnya kehilangan uang atas modal yang diinvestasikan dan mengharapkan imbal hasil yang tinggi. Jenis produk yang cocok untuk sobat cuan yang mempunyai profile risiko tinggi adalah reksa dana saham. Biasanya, reksa dana saham selain dibeli karena profile risiko juga dikaitkan dengan rentang waktu periode investasi. Reksa dana paling cocok jika sobat mempunyai rentang waktu investasi minimal 4 atau 5 tahun.

Pilihan reksa dana diatas bukan merupakan rekomendasi karena keputusan pembelian reksa dana yang tepat merupakan keputusan sobat cuan sendiri. Adapun jenis-jenis reksa dana yang telah disebutkan diatas adalah reksa dana yang disesuaikan dengan profile risikonya.

Risk and return


Mengenali profile risiko

Dalam menentukan profile risiko, biasanya sobat cuan mengisi kuesioner atau form yang disajikan pada saat awal pembukaan akun investasi reksa dana. Akan tetapi, seiring berkembangnya waktu, sobat cuan dapat mengetahui profile risiko menggunakan kuesioner yang dimiliki oleh salah satu bank swasta terkenal yaitu BCA sebagai salah satu alternatif bagi sobat yang ingin mengetahui profile risiko yang sesuai. Klik link dibawah ini jika kamu ingin tahu apa profile risiko kamu:

Klik Disini - Ketahui Profile Risiko Kamu


Memulai Pembelian Reksa Dana

Setelah kamu mengetahui profile risiko dari gaya investasimu, sekarang adalah saatnya kamu melakukan investasi pembelian reksa dana pertama ya! Sobat cuan bisa memulai membeli investasi reksa dana pada pilihan platform aplikasi investasi reksa dana berikut ini:

1. Bibit Investasi - Berbagai pilihan variasi dan jenis produk reksa dana 

2. Investree - Pilihan reksa dana terbatas

3. Pluang - Pilihan reksa dana terbatas

4. Ajaib - Pilihan reksa dana terbatas

Silahkan pilih sesuai dengan keinginan sobat, jangan lupa masukan kode referral dari masing-masing link diatas ya agar kamu dan kami dapat berkembang bersama dan mendapatkan bonus saldo investasi.


Kesimpulan

Menentukan profile risiko reksa dana adalah awal yang baik dan bijak sebelum memulai investasi reksa dana. Dengan mengetahui profile risiko, sobat cuan menjadi tahu risiko yang dapat kita toleransi dan juga dapat membentuk pengalaman psikologi investasi yang baik. Keputusan pemilihan dan pembelian produk reksa dana kembali lagi kepada kamu sebagai pelaku investasi. Investasi itu tidak semengerikan itu, akan tetapi hanya butuh kesabaran seperti halnya kita menanam bibit dan menyiraminya sampai dengan tumbuh buah yang dapat kita petik. Yuk kenali profile risiko terlebih dahulu sebelum berinvestasi.


Posting Komentar

Posting Komentar