4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Review Aplikasi Pintu: Investasi Kripto

Aset kripto atau yang lebih kita kenal dengan cryptocurrency semakin naik daun di kalangan investor pasca covid-19. Dampak positif dari naiknya popularitas aset kripto menyebabkan muncul nya berbagai platform trading mata uang digital / cryptocurrency baru dan saling berkompetisi untuk memberikan layanan yang terbaik. Pada kesempatan ini, tim cuanvestasi akan melakukan Review Aplikasi Pintu: Investasi Aset Kripto buatan anak muda dalam negeri. Selain menjadi platform trading mata uang kripto, Pintu juga berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada para investornya terkait dengan informasi dan aktifitas yang berhubungan dengan cryptocurrency sehingga dapat menghasilkan cuan bagi para investornya. Yuk langsung saja kita review aplikasi trading aset kripto Pintu!

Review Aplikasi Pintu: Investasi Kripto

Apa itu Aplikasi Pintu ?

Pintu adalah platform (marketplace) jual beli aset kripto yang dikeluarkan oleh PT Pintu Kemana Saja, sebuah perusahaan investasi dari Indonesia yang berdiri pada tahun 2020 dan menjadi salah satu pemain dalam bisnis platform trading cryptocurrency terbaik di Indonesia.

Aplikasi pintu telah terdaftar dan mengantongi izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEPTI) sehingga aman dan legal.

Mata uang kripto yang diperdagangkan di Pintu sangat bervariasi mulai dari:

  1. Bitcoin (BTC)
  2. Ethereum (ETH)
  3. Binance Coin (BNB)
  4. Dogecoin (DOGE) 
  5. Masih banyak lainya

Selain sebagai platform trading, Pintu juga memberikan fasilitas edukasi terkait informasi yang berhubungan dengan aset kripto.


Cara Daftar Aplikasi Pintu

Untuk mendaftar dan bergabung menjadi anggota aplikasi Pintu, sobat cuan tidak perlu bingung karena kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi pintu dan pilih Bahasa Indonesia
  2. Klik "mulai sekarang"
  3. Klik tombol "daftar" untuk membuat akun baru
  4. Masukan alamt email aktif dan isi password yang sobat pakai untuk login aplikasi
  5. Klik "buat akun"
  6. Silahkan buka email dan lakukan verifikasi email dari pintu untuk melanjutkan proses pendaftaran. Klik link tautan yang ada pada badan email untuk melakukan verifikasi.
  7. Selanjutnya, sobat akan kembali diarahkan ke aplikasi Pintu. Silahkan atur PIN yang digunakan untuk transaksi di aplikasi
  8. Setelah membuat PIN, masukan kode reffereal pintu "adekdr" tanpa tanda petik.
  9. Selesai! kamu telah resmi menjadi anggota Pintu

Kode referral

Untuk melakukan transaksi dengan aman dan nyaman, Pintu mewajibkan kamu untuk melakukan verifikasi akun dan identitas (KYC). Berikut ini merupakan cara verifikasi akun dan identitas yang harus kamu lakukan di Aplikasi Pintu:

  1. Buka aplikasi Pintu lalu masuk ke akun kamu
  2. Pada bagian pojok kanan bawah, pilih menu "akun", dan klik menu itu untuk memilih verifikasi identitas
  3. Silahkan masukan nomor telepon aktif, pilih metode pengiriman OTP sesuai preferensi kamu (SMS atau telepon)
  4. Pilih KTP, SIM, atau paspor untuk verifikasi identitas
  5. Silahkan unggah foto identitas sobat, lalu unggah foto selfie kamu sambil memegang kartu identitas
  6. Klik kirim verifikasi ID
  7. Tunggu sampai Pintu untuk melakukan review verifikasi sobat cuan dan ketika proses selesai, kamu akan mendapat pemberirtahuan melalui aplikasi

Proses verifikasi di Pintu sangat mudah dan cepat, bahkan tidak sampai 1x24 jam. Selesai memenuhi seluruh proses KYC, kamu sudah bisa melakukan trading aset cryptocurrency pertama kamu!

Tampilan market Pintu

Fitur-Fitur Aplikasi Pintu

Aplikasi pintu mempunyai user interface yang smooth dan dapat digunakan dengan mudah sehingga penggunanya mempunyai pengalaman yang baik walaupun belum terlalu sering menggunakan aplikasi trading. Pintu mempunyai fitur-fitur Aplikasi Pintu yang dapat sobat manfaatkan diantaranya:

1. Menjual dan membeli aset cryptocurrency

Sebagaimana platform trading cryptocurrency lainya, Pintu mempunyai fasilitas standar untuk melakukan kegiatan menjual dan membeli aset crypto. Fitur trading yang dimiliki oleh Pintu diantaranya jual beli aset crypto dengan pilihan yang beragam, mengirim dan menerima aset kripto, dompet kripto, dan juga akses untuk melakukan penarikan uang tunai menjadi mata uang rupiah.

2. Portal berita cryptocurrency

Pintu mempunyai fitur dalam aplikasinya yakni menyajikan berita tenntang aktifitas pasar cryptocurrency yang dapat sobat cuan akses secara gratis. Pada awal peluncuranya, Pintu merupakan pionerr dalam hal fitur portal berita cryptocurrency pada platform aplikasi-aplikasi trading kripto.

3. Fitur keamanan berlapis

Keamanan dan kenyamanan pengguna adalah hal yang paling penting pada aplikasi trading, Pintu memberlakukan keamanan berlapis yang dapat sobat aktifkan atau tidak tergantung selera untuk mengamankan akun trading crypto kamu. Beberapa fitur keamanan yang ditawarkan oleh Pintu diantaranya:

  • Sidik jari 
  • Pengenalan wajah (face ID)
  • PIN
  • Kode OTP melalui SMS paa nomor yang didaftarkan
  • Dua Faktor Autentikasi (2FA) dari Google
  • Multi Party Computation (MPC)

4. Address book

Pintu mempunyai fitur address book untuk mengenali akun sobat sebagai @username. Fitur ini dapat disimpan dalam buku alamat untuk mengirim dan menerima mata uang crypto hanya dengan menggunakan @username saja. Fitur ini mewajibkan penggunanya untuk tidak boleh mempunyai @username yang sama dengan user lainya

5. Alert

Fitur ini merupakan fasilitas reminder yang disiapkan oleh Pintu untuk memberikan notifikasi pada sobat cuan jika aset crypto yang sobat pantau mencapai titik tertentu. Fitur ini memungkinkan sobat untuk menghasilkan keuntungan secara maksimal dengan take profit (TP) dan juga meminimalisir potensi kerugian dengan melakukan Cut loss (CL).

6. Customer Service fast response

Customer service pintu relatif lebih bagus jika dibandingkan dengan platform trading cryptocurrency lainya. Customer service  Pintu melayanan pelanggan 24x7 hari seminggu. Sobat cuan bisa menghubungi CS hanya dengan membuka menu chat support dan akan langsung difollow up secepatnya.

7. Referral

Pintu mempunyai program referral yang mana sobat bisa mengudang teman untuk bergabung dengan aplikasi Pintu dengan memanfaatkan tautan unik dari link spesial kamu. Kamu akan mendapatkan imbalan berupa komisi setiap ada orang yang bergabung melalui link tersebut.

Komisi yang diberikan sifatnya berjenjang yakni antara 0,004% dari nominal transaksi untuk pengundang langsung, 0,012% untuk downline level pertama, dan 0,006% untuk downline level kedua, dan 0,004% untuk downline level 3. Menarik sekali bukan ?


Cara Deposit Saldo di Aplikasi Pintu

Sobat cuan disarankan untuk melakukan deposit atau top-up dana ke akun sobat sehingga bisa melakukan transaksi aset crypto dengan mudah. Sobat bisa melakukan deposit dana dengan mudah dan praktis di Pintu tanpa harus menukar mata uang crypto stable coin seperti BUSD atau USDT jika di Binance. Berikut ini adalah Cara Deposit Saldo di Aplikasi Pintu:

  1. Buka aplikasi Pintu, dan langsung login ke akun kamu
  2. Klik menu wallet lalu pilih menu wallet rupiah yang dapat kamu akses dari beranda
  3. Pada tempat saldo Rupiah, terdapat beberapa pilihan transaksi dan klik "Deposit"
  4. Sobat cuan bisa melakukan deposit melalui transfer bank ke Virtual Account (VA) (BNI/Mandiri/BRI/Permata) atau melalui e-wallet diantaranya Go-Pay, OVO, DANA, LinkAja, dan ShopeePay
  5. Masukan VA pada aplikasi perbankan atau ATM anda, jika kamu melakukan pembayaran melalui e-wallet, maka langsung buka saja aplikasi e-wallet tersebut.
  6. Minimal top-up di Aplikasi Pintu adalah Rp 50.000
  7. Silahkan periksa nomor VA dan nominal yang kamu deposit, jika telah yakin silahkan klik OK
  8. Kamu akan mendapat notifikasi pada aplikasi jika saldo deposit kamu telah masuk.

Deposit atau top up tidak dikenakan tambahan biaya kecuali biaya admin antar bank jika kamu menggunakan bank diluar BNI, Mandiri, BRI, dan Permata.

Cara Transaksi di Aplikasi Pintu

Sobat cuan bisa melakukan transaksi jual dan beli aset cryptocurrency dengan harga-harga koin terbaik yang ada di pasar. Berikut ini adalah cara transaksi di aplikasi Pintu:

  1. Buka aplikasi Pintu dan masuk kedalam akun kamu
  2. Saat pada di beranda, pilih mata uang kripto yang ingin kamu jual atau beli
  3. Pada laman aset crypto yang telah kamu pilih sebelumnya, akan muncul performa mata uang kripto tersebut selama periode tertentu. Kemudian, terdapat estimasi harga beli dan harga jual
  4. Klik tombol beli jika sobat ingin membeli atau klik tombol jual untuk menjualnya
  5. Masukan harga pembelian yang kamu inginkan dalam rupiah atau crypto. Minimal pembelian adalah Rp 22.000.

Ingat bahwa Pintu menggunakan transaksi SPOT. Aplikasi pintu tidak mengenakan biaya baik penjualan atau pembelian aset kripto. Hal ini berbeda dengan salah satu pesaingnya yaitu indodax dimana mengenakan biaya berupa market taker/market maker.


Keunggulan Aplikasi Pintu

Aplikasi Pintu menawarkan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi aset cryptocurrency sehingga merupakan salah satu alasan dimana investor baru memilih Pintu sebagai platform trading mata uang kripto. Selain itu, Pintu juga mempunyai beberapa kelebihan lainya yaitu:

1. UI/UX sangat user friendly

Aplikasi Pintu sangat mudah digunakan oleh para penggunanya. Tampilanya yang smooth dan instruksi-instruksi yang diberikan tidak membuat bingung. Sobat cuan tidak harus bingung mencari menu-menu yang penting seperti deposit dan juga watchlist karena telah ditempatkan pada bagian yang mudah diakses sehingga tidak perlu pusing-pusing mencari terlebih dahulu. Pendapat kami pribadi, UI/UX Pintu lebih user friendly jika dibandingkan dengan para pesaingnya.

2. Proses top up cukup mudah

Proses deposit di aplikasi Pintu cukup mudah dan praktis karena sobat cuan bisa langsung transfer dari bank melalui virtual account (VA) atau e-wallet sehingga tidak perlu membeli stable coin terlebih dahulu sebelum membeli cryptocurrency.

3. Semua harga dalam satuan rupiah

Pintu menyajikan semua aset kriptonya dalam harga rupiah, hal ini tentunya membuat investor tidak perlu kerepotan dalam menyesuaikan kurs sebelum transaksi. Selain itu, dengan penyajian dalam bentuk rupiah juga menunjukan bahwa Pintu merupakan aplikasi transaksi aset kripto besutan dalam negeri.

4. Transaksi jual dan beli tidak ada biaya admin

Pintu tidak mengenakan biaya admin dari setiap transaksi jual beli aset cryptocurrencynya. Satu-satunya biaya yang dikenakan oleh pintu adalah biaya pada saat penarikan yakni sebesar Rp 4.500 dan cukup terjangkau jika dibandingkan aplikasi pesaingnya seperti tokocrypto ataupun rekeningku.


Kekurangan Aplikasi Pintu

Aplikasi Pintu mempunyai beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan oleh para calon investor sebelum memutuskan untuk berinvestasi aset kripto disini, beberapa kekurangan itu diantaranya:

1. Koin yang terdaftar baru sedikit

Jumlah aset cryptocurrency yang diperdagangkan di Pintu masih sedikit jika dibandingkan dengan Indodax yang telah menyediakan pilihan lebih dari 180 aset cryptocurrency.

2. Tidak terdapat fitur auto-order

Pintu belum menyediakan fitur auto-order sehingga sobat tidak bisa melakukan pembelian ataupun penjualan secara otomatis pada saat harga yang telah diinginkan tercapai.


Kesimpulan Review Aplikasi Pintu: Investasi Kripto

Berdasarkan hasil penelitian dan pengalaman kami berinvestasi cryptocurrency di Aplikasi Pintu, cuanvestasi menganggap Pintu pantas dan layak menjadi platform pilihan untuk berinvestasi cryptocurrency bagi investor yang berminat melakukan trading aset kripto. Dengan tampilan UI/UX yang user friendly dan juga kemudahan dalam melakukan transaksi Pintu tentunya akan membuat investor pemula menjadi semangat dalam melakukan investasi aset cryptocurrency pertamanya.

Namun demikian, masih terdapat beberapa fitur utama yang belum tersedia seperti fitur auto-order yang cukup penting. Selain itu, ketika sobat melakukan top-up melalui e-wallet, sobat cuan masih dikenakan service fee sehingga misalnya sobat top-up Rp 50.000 maka nilai yang sobat terima adalah Rp 49.150. Besaran service fee bervariasi tergantung dari e-wallet yang kamu gunakan. Hal ini sangat disayangkan mengingat platform lain tidak mengenakan fee pada saat deposit.

Terakhir, pengalaman berinvestasi aset cryptocurrency melalui platform aplikasi Pintu cukup positif dan cuanvestasi yakin bahwa Pintu merupakan pilihan yang tepat bagi sobat cuan untuk meraih cuan dari trading ataupun investasi aset digital / cryptocurrency.


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar