4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Review P2P Investree: Cara Daftar dan Mulai Investasi

Investree adalah salah satu pemain besar yang turut serta meramaikan industri peer-to-peer lending (P2P) di Indonesia. Sebagai salah satu platform P2P lending terbaik dengan jumlah pengguna aktif yang besar di Indonesia, cuanvestasi juga merupakan bagian dari jumlah pengguna aktif tersebut lebih dari 1 tahun yang lalu dengan mendanai beberapa peminjam dengan berbagai jenis risiko dan bunga yang menarik. Pada kesempatan ini, izinkan kami melakukan Review P2P Investree: Cara Daftar dan Mulai Investasi. Kami akan mulai dari menjelaskan apa itu investree, kelebihan dan kekurangan dibanding pesainnya, jenis investasinya, dan lain sebagainya.

Review P2P Investree: Cara Daftar dan Mulai Investasi

Apa Itu Investree ?

Investree adalah platform dengan layanan peer-to-peer (P2P lending). Seluruh layanan investree dapat sobat cuan nikmati dan operasikan melalui platform terintegrasi baik melalui website ataupun aplikasi. P2P lending sendiri adalah skema pinjam meminjam yang mana jika ada masyarakat yang ingin meminjam dana (borrower) dengan nominal tertentu untuk tujuan tertentu akan dipertemukan dengan masyarakat yang mempunyai dana (lender) untuk mendanai pinjaman tersebut baik secara individu atau secara bersama-sama (crowd lenders).

Investree sendiri adalah wadah atau biasa disebut marketplace bertemunya peminjam dana dan yang meminjamkan dana untuk melakukan suatu transaksi keuangan. Proses ini dilakukan secara virtual dibawah naungan investree yang dinahkodai oleh PT. Investree Radhika Jaya yang berdiri sejak 2015. Sebagai platform pendanaan, investree telah bekerja sama dengan berbagai pihak dan mendapatkan suntikan investasi baik dari dalam maupun dari luar negeri diataranya Mandiri Capital Indonesia, Persada Capital, Kejora Ventures, dan lain sebagainya.

Dari sisi legalitas, investree telah mengantongi izin usaha sebagai perusahaan penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Izin tersebut berlaku untuk dua layanan yakni pinajaman berbasis konvensional dan berbasis syariah. Sampai dengan saat ini, investree telah menyalurkan pinjaman ke ribuan borrower dengan nilai dana yang disalurkan mencapai belasan Triliun rupiah.


Sistem Pendanaan di Investree

Investree fokus memberikan layanan suntikan dana kepada yang diperuntukan untuk operasional bisnis. Hal ini yang membedakan investree dengan layanan P2P lainya yang lebih berfokus pada pinjaman konsumtif ataupun pendidikan. Beberapa kategori pinjaman yang didanai oleh investree diantaranya:

1. Buyer financing

Produk pinjaman yang diberikan kepada UKM yang berperan sebagai pembeli grosir pada perusahaan ritel besar. Pinjaman ini berguna sebagai modal cepat untuk memenuhi permintaan dari stok barang.

Pelaku UKM bisa menunjukan bukti pemesanan (purchase order/PO) untuk dapat mencairkan pinjamanya. Proses pencairan ini tidak diberikan langsung kepada UKM sebagai borrower namun langsung disalurkan kepada perusahaan ritel tempat pembelian barang.

2. Working capital term loan

Pinjaman kategori ini hampir sama seperti kategori diatas yang mana diberikan kepada UKM, akan tetapi tidak untuk pembelian barang secara grosir. Pinjaman berupa working capital term loan merupakan modal kerja agar UKM dapat semakin berkembang usahanya, utamanya UKM yang menekuni bidang usaha yang unik dan tidak bergantung kepada teknologi  Pihak investree akan melakukan evaluasi terhadap pencatatan penjualan usaha untuk menentukan kelayakan pendanaan ini. Jika lolos evaluasi maka dana akan diturunkan dan proses pengembalian dilakukan dengan metode cicilan.

jenis pinjaman


3. Invoice financial

Pinjaman yang berbentuk pelunasan tagihan berjalan dari UKM yang berkembang dan sedang bekerjasama dengan perusahaan besar (BUMN, perusahaan multinasional, atau badan pemerintah). Tagihan berjalan tersebut wajib dilampirkan sebagai syaat peminjaman dan dana yang berhasil dikumpulkan dari lenders langsung dibayarkan kepada perusahaan yang bekerjasama dengan UKM tersebut. Pinjaman ini mempunyai manfaat yakni menyehatkan cashfolow dari perusahaan ataupun UKM yang bekerjasama.

4. Online seller financing

Pinajman yang ditujukan kepada pengusaha online yang membutuhkan modal dalam jangka pendek. Peminjam dapat mengajukan pinjaman sampai dengan Rp 2 miliar dengan tenor mulai dari 3 bulan sampai dengan 2 tahun.


Jenis Pilihan Investasi di Investree

1. Pendanaan pinjaman

Pilihan investasi jenis pinjaman adalah produk asli dari investree sebagai perusahaan yang bergerak pada fintech P2P lending. Pinjaman yang telah tersedia dapat didanai secara individu ataupun secara bersama-sama (crowd funding).  Jenis investasi ini terdiri dari berbagai tingkat pengembalian bunga yang menarik dan tenor yang bersaing. Hal yang perlu dipahami adalah tentunya besarnya tingkat pengembalian tentu berbanding dengan risiko yang harus siap sobat cuan terima ya

2. SBN ritel

Jenis pilihan investasi SBN rtiel adalah salah satu terobosan dari pemerintah dalam rangka mengajak masyarakat dalam membiayai berbagai proyek strategis milik negara. Lender yang membeli jenis investasi SBN ritel berarti turut serta dalam bergotong-royong dalam pembangunan engara dan mendapatkan keuntungan atas pengembangan dana usaha tersebut.

3. Reksa dana 

Beberapa investor menginginkan diversifikasi portofolio tanpa harus berganti platform aplikasi. Oleh karena itu, investree menyediakan pilihan investasi reksa dana sebagai alternatif pilihan investasi selain jenis investasi yang telah tersedia sebelumnya. 

reksa dana investree


Cara daftar sebagai pemberi pinjaman (lenders) di Investree

Hal yang harus dilakukan agar bisa menjadi bagian dari investor P2P landing investree adalah memastikan bahwa kamu telah terdaftar sebagai member investree. Jika belum, berikut ini adalah cara daftar sebagai pemberi pinjaman (lenders) di Investree:

  1. Klik link daftar sebagai pendana di Investree -> klik disini
  2. Masukan data diri dengan benar, mulai dari nama lengkap sesuai KTP, alamat email aktif, dan nomor HP. jangan lupa memasukan kode referral : L9LPV
  3. Buat kata sandi yang unik namun mudah diingat 
  4. Masukan kode referral: L9LPV
  5. Jangan lupa centang ketentuan 'saya telah membaca dan saya setuju dan kebijakan privasi & syarat ketentuan
  6. jangan lupa centang ketentuan 'izinkan investree untuk mengirimkan saya informasi melalui email'
  7. Siapkan foto KTP atau foto KTP yang telah tersedia di galeri kamu untuk proses verifikasi
  8. Siapkan foto selfie dengan KTP untuk proses verifikasi tahap selanjutnya.
  9. Jika sudah maka anda tinggal menunggu persetujuan dari tim investree.

Dashboard investree

Cara daftar sebagai peminjam (borrower) di Investree

Sobat yang ingin mendapatkan pendanaan melalui Investree, silahkan mengikuti langkah dibawah ini:

  1. klik link daftar sebagai peminjam (borrower) -> klik disini
  2. Klik bagian ajukan pinjaman
  3. isi data diri profile peminta pinjaman 
  4. masukan kode refferal: L9LPV
  5. Berikan tanda centang pada kedua kolom bagian persyaratan
  6. Lakukan verifikasi KYC dengan mempersiapkan foto KTP dan foto selfie dengan KTP


Risiko Berinvestasi di Investree

Semua jenis investasi tentunya mempunyai risiko yang tidak bisa dihilangan. Risiko yang seringkali ada pada jenis investasi P2P lending sebagai pemberi dana (lender) adalah borrower yang tidak menyanggupi pembayaran sesuai dengan jumlah pinjaman pada waktu yang telah ditentukan sehingga menyebabkan dana lender tidak kembali dan berkurang.

Untuk mengatasi hal tersebut, Investree selaku platform investasi P2P melindungan investornya dengan melakukan asuransi pada pinjaman-pinjaman tertentu jika terdapat indikasi bahwa peminjam tidak sanggup mengembalikan dana karena meninggal dunia ataupun alasan lain. Nilai proteksi asuransi yang ditawarkan beragam mulai dari 80% sampai dengan 100% tergantung grade pendanaannya dan menjadi nilai asuransi tertinggi daripada perusahaan P2P yang lain

Perlu dipahami bahwa tidak semua pinjaman mendapatkan asuransi. Oleh karena itu lenders perlu memahami pinjaman mana saja yang mendapatkan asuransi oleh investree. Sobat cuan harus pahami grade dari setiap pinjaman karena dari masing-masing grade tersebut mempunyai coverage asuransi yang berbeda-beda


Keamanan dan Legalitas Berinvestasi di Investree

Investree merupakan platform marketplace P2P lending yang telah mempunyai izin dari OJK sehingga investree adalah perusahaan yang aman. Investree juga bukan perusahaan penipu yang akan membawa kabur uang anda tanpa adanya jejak yang jelas.

Meskipun risiko gagal bayar tidak dapat dihilangkan, akan tetapi investree selalu ingin memberikan keamanan bagi para lendernya dan hal tersebut tercermin dari tersedianya informasi pengamanan pembayaran yang ada pada prospektus para borrower.


Kelebihan berinvestasi di Investree

1. Imbal hasil bersaing

Imbal hasil dari pendanaan di Investree cukup bersaing pada kisaran rata-rata 16,5%. Tentunya hal tersebut disesuaikan kembali dengan grade dari pinjaman yang tersedia. Semakin tinggi risiko pinjaman (dengan grade yang rendah) maka tingkat imbal hasil juga semakin tinggi.

Grade yang tersedia mulai dari A sampai dengan C bahkan D. Pinjaman dengan grade A di Investree menjanjikan keuntungan sebesar 14% per tahun.

2. Perusahaan kredibel dan Berizin

Investree telah mempunyai izin OJK dan saat ini bekerjasama dengan berbagai rekanan bisnis yang cukup terpercaya. Selain itu, Investree juga telah memenangkan beberapa penghargaan yang bergengsi sebagai perusahaan fintech berprestasi di Indonesia. Hal tersebut menjadikan investree sebagai platform investasi P2P lending yang aman dan kredibel

3. Platform terintegrasi

Investree tidak hanya dapat diakses melalui platform mobile tapi juga dapat diakses melalui website. Website investree menyediakan informasi yang sangat update dan profesional serta mempunyai user interface yang mudah untuk dioperasikan. Platform investree website dan mobile cukup mudah dioperasikan dan mempunyai beberapa menu yang sederhana sehingga investor pemula tidak akan kesulitan. Sebagai pengguna investree selama lebih dari 1 tahun, saya sangat merasa puas dengan kinerja website dan mobile platform dari investree.

4. Pelayanan Customer Service memuaskan

Layanan customer service investree cukup cepat dalam menjawab pertanyaan pengguna. Layanan tersebut dapat dijangkau melalui telepon CS, email, media sosial, ataupun kolom masukan pada website.

Setiap pinjaman yang mengalami keterlambatan atau gagal bayar akan secara rutin diinformasikan kabar terbaru mengenai perkembangan jalanya penagihan dan proses usaha yang dilakukan. Saya pernah mendanai pinjaman yang mengalami keterlambatan pembayaran dan secara rutin mendapatkan informasi melalui email dari tim investree atas perkembangan penagihan tersebut.

5. Tersedianya pilihan investasi reksa dana dan SBN ritel

Investor yang ingin melakukan diversifikasi portofolio dapat memanfaatkan opsi pembelian SBN dan reksa dana tanpa harus berganti aplikasi. Investree menyediakan dua jenis pilihan investasi tersebut yang dapat langsung kamu beli tanpa transfer ke tempat lainya

6. Tersedianya pinjaman dengan skema syariah

Investree menyediakan pilihan investasi pendanaan P2P lending dengan skema syariah untuk mangkomodasi investor yang meyakini keyakinan tertentu. Investor yang ingin berinvestasi namun tetap mengikuti syariat islam hanya perlu memilih pendanaan investree dengan badge syariah.


Kekurangan berinvetasi di Investree

1.Nilai minimum investasi yang belum bersaing

Nilai investasi minimum yang disyaratkan oleh investree adalah Rp 1 juta dan berlaku kelipatanya. Jumlah ini relatif cukup tinggi jika dibandingkan platform investasi P2P lainya yang menawarkan pendanaan mulai dari Rp 100 ribu. 

Karena nilai investasi minimal adalah Rp 1 juta, kesulitan selanjutnya adalah investor tidak bisa secara langsung menginvestasikan imbal hasil yang didapat dari pendanaan sebelumnya secara langsung. Selain itu, setiap penarikan dana yang dilakukan oleh investor juga dikenai pemotongan Rp 5 ribu.

2. Jenis pinjaman terbatas

Dari sudut pandang borrower, kategori pinjaman yang tersedia di Investree tidak dapat memenuhi seluruh keperluan finansial yang diperlukan. Investree mempunya misi untuk mengembangkan UKM dan menjadi pahlawanUKM di Indonesia. Oleh karena itu, syarat pinjaman yang diberikan sering kali hanya bisa dipenuhi oleh UKM dengan skala menengah hingga besar dan juga perusahaan besar.

3. Tenor pinjaman cenderung jangka panjang

Tenor yang panjang merupakan keuntungan bagi borrower akan tetapi hal yang kurang menyenangkan bagi lender. Tenor yang panjang artinya dana lender yang dipinjamkan harus mengendap cukup lama. Pilihan investasi di Investree menyediakan tenor terpendek 45  hari dan itupun jumlahnya sangat terbatas. Seringkali pinjaman yang tersedia untuk didanai mempunyai tenor 3 sampai 24 bulan.


Kesimpulan Review P2P Investree: Cara Daftar dan Mulai Investasi

Berdasarkan hasil penelitian dan pengalaman langsung berinvestasi di Investree, cuanvestasi menganggap Investree pantas dan layak menjadi platform berinvestasi bagi investor yang berminat dalam menanamkan modal di P2P lending. Imbal hasil yang menarik dan pilihan investasi yang beragam tentu akan memanjakan calon investor dalam menentukan investasi yang akan dilakukan.

Namun demikian, minimum investasi yang menurut saya masih relatif cukup tinggi akan menyulitkan investor pemula dalam memulai investasi pertamanya. Selain itu, tenor yang cenderung panjang membuat investor harus menunggu lama untuk mendapatkan imbal hasil dan uang modal disetornya kembali.

Terakhir, pengalaman berinvestasi P2P lending melalui Investree sangat positif dan cuanvestasi yakin bahwa Investree adalah pilihan yang pas bagi sobat cuan untuk mendapat cuan dari P2P Lending.


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar