4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Cara Cerdas Mengelola THR

Tunjangan Hari Raya (THR) idul fitri tahun 2022 tinggal beberapa hari lagi. Tentunya sobat cuan sudah siap-siap dong untuk mengalokasikan THR yang cair untuk tahun ini. Eitz, tapi jangan sampai karena mendapatkan 'uang ekstra' pada bulan ini malah membuat sobat jadi impulsif, kalap, dan membelanjakan uang THR begitu saja. Pada kesempatan ini, tim cuanvestasi akan membahas tentang Cara Cerdas Mengelola THR yang harapanya akan membantu sobat cuan tidak begitu saja menghabiskan THR yang diterima pada lebaran tahun ini. Yuk kita bahas cara yang tepat dan pas untuk menikmati THR lebaran idul fitri tahun 2022.

Cara Cerdas Mengelola THR

Cara Cerdas Mengelola THR

Kunci sukses mengelola dana THR dengan bijak adalah membuat skala prioritas berdasarkan kebutuhan yang perlu untuk dibeli menjelang hari raya idul fitri. Berikut ini beberapa skala prioritas yang bisa sobat pertimbangkan sehubungan dengan cara cerdas mengelola dana THR:

1. Sisihkan untuk Zakat dan Infaq

Sisihkan untuk Zakat dan Infaq

Sisihkan dana THR yang sobat terima untuk zakat dan juga infaq. Pada saat puasa Idul Fitri, Zakat Fitrah merupakan salah satu kewajiban yang selalu dilakukan oleh umat islam. Besaran zakat fitrah yang harus dibayarkan/dikeluarkan adalah beras atau makanan pokok dengan berat 2,5 Kg atau 3,5 Liter per jiwa atau setara ndenga uang sebesar Rp 45.000,- per hari per jiwa berdasarkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Selain itu, sobat cuan juga membayarkan zakat maal dan infaq menggunakan dana THR. Selain mendapatkan berkah, sedekah bisa memberikan energi positif berupa perasaan bahagia dan rasa kemenangan saat hari raya idul fitri.

2. Sisihkan THR untuk Investasi

Sisihkan THR untuk Investasi

Mendapatkan 'uang ekstra' dalam rangka THR merupakan kesempatan emas untuk meningkatkan jumah investasimu. Dana investasi yang awalnya hanya bersumber dari penghasilan bulanan saja, bisa ditambah agar semakin maksimal dengan alokasi dana dengan THR. Sobat cuan bisa menyisihkan THR untuk investasi sebesar 10% sampai dengan 20% THR untuk menambah portofolio investasi. Tentunya proporsi itu tidak mutlak, bisa saja lebih rendah atau lebih tinggi. Akan tetapi, yang perlu dipahami adalah semakin besar jumlah yang kamu investasikan, maka tujuang keuangan yang telah dicanangkan sebelumnya akan lebih cepat tercapai. Yuk investasi yang sehat dan aman!

3. Kebutuhan Lebaran 

Lebaran identik dengan mudik, membagikan parcel, dan berbagai amplop lebaran kepada anak-anak kecil. Untuk pengeluaran ini, kamu bisa memanfaatkan dana THR untuk memenuhi itu semua. Tapi perlu diingat, alokasikan secara bijak!

Kebutuhan Lebaran

Namun, agar THR kamu tidak lewat begitu saja, cobalah untuk membuat daftar kebutuhan lebaran dan silahkan membuat prioritas mana saja yang paling penting. Contoh dari daftar kebutuhan lebaran misalnya:

  • Mudik dari Surabaya ke Bandung menggunakan mobil pribadi
  • Mengirim parcel kepada kolega
  • Hadiah kepada orang tua
  • Amplop lebaran untuk anak dan keponakan
  • Beli baju baru untuk lebaran

Dari contoh daftar diatas, mana yang kira-kira paling penting untuk dipenuhi ? mari kita coba bedah. Untuk beli baju baru lebaran, kira-kira apakah itu penting ? selama masih ada baju yang bagus dan pantas untuk dipakai rasanya tidak perlu beli baju baru terlebih dahulu. Daftar kebutuhan dengan skala prioritas yang telah ditentukan sebelumnya membuat sobat cuan menjadi lebih bijak dalam mengalokasikan THR.

4. Membayar Utang

Membayar Utang

Dengan menggunakan THR, kamu juga bisa melakukan pembayaran cicilan utang. Biasakan untuk mencatat semua utang atau cicilan yang kamu punya mulaidari tagihan kartu kredit, cicilan kendaraan, atau rumah, dan lainya. Walaupun tidak bisa langsung melunasi semuanya, setidaknya dana THR bisa meringkankan beban utang yang sobat punya.


Kesimpulan Cara Cerdas Mengelola THR

Dari beberapa poin yang telah dijelaskan diatas, Pilih mana saja yang merupakan hal yang paling prioritas buat sobat. Berapapun THR yang sobat terima, jangan sampai dana tersebut habis untuk suatu hal yang bersifat konsumtif dan tidak menghasilkan apapun ya. Sisihkan beberapa persen untuk sedekah, infaq, dan juga berinvestasi demi mewujudkan impian yang terpendam. 

Agar semakin bervariasi portoflio investasi kamu, mungkin kamu bisa pelajari dulu beberapa platform berinvestasi berikut ini:

Macem-macem banget kan tempat yang bisa kamu pilih untuk mengalokasikan dana investasi dari THR mu ? Yuk mulai sekarang!

Posting Komentar

Posting Komentar