4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

Kupas Tuntas Produk Unit Link

Memasuki awal tahun 2022, kita semua dihebohkan dengan sejumlah berita terkait dengan salah satu produk asuransi yaitu Unit Link. Saat itu, disebutkan bahwa nasabah yang membeli produk asuransi tipe unit link akan mendapat imbal hasil 100% sekaligus proteksi selama 99 tahun walaupun hanya membayar premi selama 10 tahun saja. Namun begitulah, apa yang terlalu manis di awal tentu menjadi pahit di akhir. Setelah 10 tahun, nasabah hanya memperoleh 30% dari imbal hasil yang dijanjikan serta masih harus membayar premi seumur hidup. Kerugian nasabah dari produk ini ditaksir sekitar 5-6 miliar rupiah. Pada kesempatan ini, cuanvestasi akan membahas tentang unit link dalam artikel Kupas Tuntas Produk Unit Link. Kami akan coba membahas unit link mulai dari dasar sampai dengan skema asuransi produk unit link itu sendiri. Yuk simak pada bagian dibawah ini ya!

Produk asuransi unit link

Apa itu asuransi unit link ?

Unit link merupakan salah satu produk asuransi yang sebagian dari preminya dialokasikan untuk aktifitas investasi, khususnya untuk investasi reksa dana. Jika sobat membeli produk ini, maka sobat cuan tidak hanya mendapatkan keuntungan proteksi dari asuransi, namun juga mendapatkan keuntungan investasi.
Sekilas memang menguntngkan karena nasabah bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus dalam satu kali pembayaran premi. Sobat cuan sebagai nasabah tidak perlu pusing-pusing mengatur uang ivnestasi karena uang tersebut dikelola oleh manajer investasi yang mempunyai kompetensi dan pengalaman pada bidangnya.
Akan tetapi, sebenarnya nasabah juga harus lebih berhati-hati dalam memilih produk asuransi unit link. Umumnya, produk asuransi unit link ditawarkan kepada nasabah sebagai produk asuransi yang berorientasi jangka panjang. Selain itu, produk asuransi unit link ini walaupun juga mempunyai fungsi untuk investasi tetapi juga sangat berbeda dengan produk investasi lainya. Nasabah pemegang polis asuransi unit link tidak mempunyai hak untuk mengatur ataupun melacak uang investasinya. Nasabah harus mempelajari dan memahami konsep keuangan tersebut agar tidak mengalami kerugian karena produk asuransi unit link merupakan gabungan dua jenis produk industri keuangan yang mempunyai konsep fundamental yang berbeda.
Fakta bahwa reksa dana merupakan insturmen investasi tersendiri dengan berbagai jenis produk dan tingkat risiko serta menghasilkan imbal hasil yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sobat cuan yang akan membeli produk ini harus paham dan jeli untuk memahami bagian-bagian penting dalam polis diantaranya:

  1. Presentase premi yang digunakan investasi
  2. Alokasi investasi untu apa saja

Jika sobat mempunyai ketertarikan untuk membeli produk asuransi unit link, kami sarankan agar membaca polis dengan teliti dan menanyakan apa saja yang kiranya belum dipahami kepada agen agar tidak merasa rugi dikemudian hari.

Apa saja keuntungan produk asuransi unit link ?

Asuransi unit link tentu saja bisa menghasilkan keuntungan bagi nasabah, dengan beberapa catatan sebagai berikut:
  1. Mempunyai pemahaman bahwa produk asuransi unit link adalah salah satu produk asuransi. Walaupun unit link memberikan keuntungan investasi, akan tetapi presentase nilai premi yang digunakan untuk investasi hanya sedikit sehingga kita simpulkan saja bahwa unit link bukanlah produk investasi, namun lebih sebagai produk asuransi. Selain itu, produk unit link mempunyai struktur biaya yang cukup berbeda jika dibandingkan investasi reksadana sehingga nominal keuntungan yang diperoleh relatif lebih kecil apabila dibandingkan investasi reksa dana sejenis secara langsung.
  2. Pahami konsep asuransi dan investasi. Asuransi merupakan produk keuangan yang digunakan untuk memberikan bantuan perlindungan kepada nasabah jika suatu saat nasabah tersebut mengalami kejadian yang tidak diinginkan. Disisi lain, investasi merupakan kegiatan keuangan yang mempunyai tujuan untuk mendapat keuntungan baik dari  moneter ataupun non-moneter di masa yang akan datang. Sedangkan reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang memakai konsep Kontrak Investasi Kolektif (KIK) dimana dana investasi disetr dan dikumpulkan dan dikelola oleh manajer investasi secara bersama-sama serta keuntunganya dibagi bersama.
  3. Baca polis dengan teliti. Pahami bahwa unit link adalah produk hasil perkawinan asuransi dan investasi. Oleh karena itu, isi dari kontrak polis asuransi unit link akan cenderung lebih panjang dan lebih rumit jika dibanding kontrak polis asuransi jenis lainnya. Baca dan pahami makna dari isi kontrak tersebut dan pastikan agen asuransi melayani dan menjawab setiap pertanyaan ada sebaik dan sejelas mungkin sesuai dengan keterangan yang tertulis pada polis
  4. Pilih produk unit link dari perusahaan yang mempunyai kredibilitas. Layanan asuransi dapat ditawarkan oleh berbagai perusahaan tidak terbatas pada perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa asuransi. Beberapa perusahaan menyediakan produk asuransi unit link sebagai salah satu pelengkap dalam produknya. Pastikan bahwa sobat cuan membeli produk asuransi unit link dari perusahaan asuransi atau perbankan yang mempunyai kredibilitas serta mendapatkan legalitas dari OJK. Pastikan kembali tentang latar belakang portofolionya dan rekam jejak perusahaan tersebut sebelum membeli produk unit link.

Apakah unit link penipuan ?

Pada dasarnya, asuransi unit link bukan termasuk penipuan maupun scam jika ditawarkan oleh lembaga keuangan yang legal di Indonesia. Sebab, produk-produk tersebut wajib mendapatkan persetujuan dari OJK sebelum dapat dilepas ke pasar, jika terdapat produk yang telah diedarkan ke pasar namun belum ada persetujuan dari OJK, maka OJK mempunyai hak untuk melakukan sabotase. Sangat penting bagi nasabah untuk dapat memilih asuransi yang kredibel sebelum memutuskan membeli produk ini.
Brand terkenal yang menyediakan produk asuransi unit link diantaranya Allianz, CAR, BNI Life, dan lain sebagainya. Pahami betul polis sebelum anda membeli produk ini karena dengan membaca polis dengan hati-hati maka anda dapat mengerti cara kerja asuransi unit link.

Asuransi unit link vs asuransi tradisional

Pilih asuransi unit link atau asuransi tradisional ?

Asuransi unit link dikenal lebih likuid dari pada asuransi tradisional. Selain itu, jika dilihat dari sisi manfaat, risiko, dan nominal preminya, asuransi unit link juga sangat berbeda dengan asuransi tradisional. Secara umum, asuransi unit link mempunyai dua manfaat yaitu manfaat proteksi dan manfaat keuntungan investasi.
Efek dari dua manfaat berbeda tersebut, asuransi link beresiko terkena penurunan nilai unit investasi. Hal tersebut tidak akan sobat cuan temukan jika membeli produk asuransi tradisional karena seluruh dana ditempatkan hanya untuk manfaat proteksi dan tidak ada yang ditempatkan untuk tujuan investasi.
Umumnya, nominal premi asuransi unit link lebih mahal jika dibandingkan asuransi tradisional. Hal tersebut dikarenakan asuransi unit link mempunyai berbagai biaya tambahan yang tidak akan sobat jumpai jika membeli asuransi tradisional. Pada asuransi tradisional, nominal premi yang sobat bayarkan setiap bulan umumnya telah meliputi seluruh komponen biaya asuransi tradisional.
Dari perbandingan tersebut, kami menyimpulkan bahwa asuransi unit link akan cocok jika nasabah mempunyai tingkat toleransi risiko yang lebih tinggi jika dibandingkan asuransi biasa/tradisional. Kemudian, dimanakah tingkat toleransi risiko kamu ? sesuaikan produk asuransi yang kamu beli dengan tingkat toleransi risiko mu ya !

Kesimpulan

Asuransi unit link merupakan produk asuransi yang menawarkan dua jenis manfaat yaitu manfaat proteksi dan manfaat investasi. Akibat dari adanya manfaat investasi tersebut, asuransi unit link mempunyai risiko terkena penurunan nilai investasi sehingga ada potensi kerugian yang mungkin muncul ditengah proses investasi. Akan tetapi, potensi keuntungan juga dapat sobat nikmati jika kondisi pasar tempat dimana alokasi dana investasi dari produk asuransi produk unit link tersebut mengalami kenaikan nilai. 
Hal yang paling penting sebelum memutuskan untuk membeli asuransi unit link adalah pahami betul isi dari polisnya dan ketahui risiko-risikonya. Selain itu, Pastikan kamu membeli dari institusi keuangan yang mempunyai kredibilitas sehingga terhindar dari risiko penipuan. Pahami tingkat toleransi personal kamu agar kamu bisa memutuskan apakah harus membeli asuransi unit link ataukah asuransi tradisional. Pilih asuransi mu sekarang juga! selamat membaca Kupas Tuntas Produk Unit Link.


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar