4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Cara Memahami NAB Reksa Dana

Reksa dana merupakan salah satu jenis instrumen investasi yang cukup aman dan menghasilkan imbal hasil yang menarik. Sebagai calon investor yang cerdas, sobat cuan akan lebih baik memhami terlebih dahulu isi dari prospektus reksa dana dan telah memahami risiko-risiko dalam berinvestasi reksa dana. Jika kedua langkah tadi sudah dilakukan, maka tiba saatnya sobat cuan untuk berinvestasi reksa dana dengan aman dan nyaman. Pada kesempatan ini, tim cuanvestasi ingin membahas tentang Cara Memahami NAB Reksa Dana. Apa itu NAB reksa dana ? bagaimana cara membaca dan memahami NAB reksa dana ? semuanya akan coba kami kupas tuntas disini. Yuk tidak pakai lama lagi, kita bahas tuntas!

Cara Memahami NAB Reksa Dana

Apa itu Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksa dana ?

Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana adalah total investasi dari suatu produk investasi yang meggambarkan total kekayaan bersih dari reksa dana yang terus diupdate setiap hari. Sederhananya, NAB merupakan jumlah dana yang dikelola oleh manajer investasi dari produk reksa dana yang terus dihitung setiap hari sesuai dengan hari perdagangan bursa yang dapat diketahui oleh masyarakat melalui berbagai media masa.

Secara umum, produk investasi reksa dana dijual dalam satuan unit sehingga sobat cuan membeli reksa dana per unit dari Nilai Aktiva Bersihnya (NAB).


Menghitung keuntungan investasi reksa dana

Misalnya terdapat produk reksa dana Alakazam dengan nilai NAB Rp 1000. Jika sobat cuan membeli reksa dana tersebut dengan uang sebesar Rp 1.000.000, maka kamu akan mendapatkan unit reksa dana sebesar 1000 unit (Rp 1.000.000 / Rp 1.000). Jika tahun depan kamu menjual reksa dana tersebut dan beruntungnya adalah kondisi pasar lagi bagus sehingga nilai NAB nya adalah Rp 2000, maka 1000 unit produk reksa dana yang kamu miliki tadi akan terjual dengan nilai Rp 2.000.000 (1000 unit x Rp 2.000) dengan keuntungan bersih Rp 1.000.000

Untuk keadaan yang cukup sederhana seperti ilustrasi diatas, kami mengabaikan biaya-biaya lain yang terkait dari adanya aktivitas jual beli reksa dana. Agar lebih jelas lagi, silahkan pahami ilustrasi transaksi reksa dana dibawah ini.


Ilustrasi transaksi reksa dana

Tuan Komar membeli reksa dana saham kobra yang dibeli melalui platform reksa dana Brotot. Tuan Komar melakukan investasi sebesar RP 1.000.000 tertanggal 2 Februari tepatnya hari selasa jam 11.00 WIB. Pada saat itu, Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksa dana kobra adalah Rp 2500 dengan subscription fee gratis. Oleh karena itu, nilai rincian transaksi yang dilakukan tuan komar dalam rangka pembelian produk investasi reksa dana saham kobra adalah sebagai berikut:


Harga NAB 1 Februari Rp 2.500

Unit reksa dana yang yang didapatkan oleh Tuan Komar adalah 400 unit (Rp 1.000.000 / Rp 2.500)


Pada tahun ke-3, Tuan Komar ingin menggunakan dana investasi dari reksa dana kobra untuk keperluan pembibitan lele. Oleh karena itu, tuan Komar memutuskan untuk menjual reksa dana saham kobra yang dimilikinya pada tanggal 5 Maret jam 13.30 WIB. Nilai penutupan harga NAB reksadana saham kobra pada tanggal 4 Maret adalah Rp 7.500 dan pada tanggal 5 Maret adalah Rp 7.400. Maka rincian transaksi dari penjualan reksa dana yang dilakukan oleh tuan Komar adalah sebagai berikut:

Karena Tuan Komar menjual reksa dana yang dimiliki lewat dari pukul 13.00 WIB yang merupakan batas cut off dari transaksi reksa dana, maka NAB yang dipakai untuk transaksi penjualan Tuan Komar adalah harga NAB pada tanggal 5 Maret yakni Rp 7.400.


Harga NAB tanggal 5 Maret Rp 7.400

Total penjualan unit 400 reksa dana adalah Rp 2.960.000 (400 unit x Rp 7.400)

Keuntungan bersih dari investasi Tuan Komar adalah Rp 1.960.000 (Rp 2960.000 - Rp 1.000.000)


Kesimpulan

Nilai Aktiva Bersih (NAB) merupakan harga per unit dari investasi reksa dana yang sobat miliki. Keuntungan ataupun kerugian dari investasi reksa dana ditentukan dari naik ataupun turunya NAB produk reksa dana yang kamu beli. Semakin tinggi kenaikan NAB reksa dana yang kamu miliki maka semakin banyak pula keuntungan yang kamu dapatkan dari investasi reksa dana. 

Selain itu, yang perlu dipahami dari NAB adalah adanya waktu cut off yakni pukul 13.00. Jika sobat cuan membeli reksa dana sebelum pukul 13.00 maka NAB yang digunakan adalah nilai NAB sehari sebelumnya. Akan tetapi, jika sobat cuan membeli reksa dana lebih dari pukul 13.00 maka sobat cuan akan mendapatkan NAB pada hari berjalan. Cukup mudah bukan memahami apa itu NAB dan bagaimana dampaknya terhadap investasi reksa dana kita ? Jika sobat cuan masih mempunyai pertanyaan, silahkan untuk komentar pada kolom yang telah tersedia ya agar kami dapat langsung menjawab pertanyaan kamu.

Posting Komentar

Posting Komentar