4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Tips Mencapai Financial Freedom

Pada beberapa artikel sebelumnya, cuanvestasi telah berbagi terkait dengan apa itu financial freedom, manfaat jika menggapai financial freedom, dan cara menghitung dana yang diperlukan untuk mencapai financial freedom. Akan tetapi, saat ini kami akan sharing terkait dengan hal-hal yang seharusnya kamu lakukan jika sobat cuan benar-benar ingin mencapai financial freedom. Mau tau bagaimana Tips Mencapai Financial Freedom ? Yuk mari kita bahas sampai tuntas!

Tips Mencapai Financial Freedom

Tips Mencapai Financial Freedom impian

Disiplin Mencatat Pengeluaran 

Setiap pengeluaran yang kamu keluarkan harus dicatat sampai detail agar sobat cuan bisa mengetahui baiya-biaya apa saja yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan mengetahui jumlah kebutuhan sehari-hari, maka kamu dapat mengetahui berapa dasar perhitungan yang sobat cuan butuhkan dalam mencapai financial freedom seperti yang telah dibahas pada artikel Perhitungan Untuk Mencapai Financial Freedom.

Catat pengeluaran

Dengan mencatat setiap pengeluaran secara detail, sobat cuan akan lebih paham terkait dengan situasi keuangan dan mengetahui cara mengatur keuangan selama ini. Dari kebiasan itu, akan terlihat apakah sobat mempunyai pengeluaran yang sebenarnya kurang begitu diperlukan. Contohnya adalah berdasarkan pecatatan, ternyata pengeluaran untuk entertainment dan online shopping terlalu banyak dan cenderung kearah boros. Kedepanya, sobat cuan bisa mengurangi pengeluaran konsumtif sehingga bisa lebih fokus untuk berhemat

Menambah Active Income

Active Income adalah penghasilan yang diperoleh dari pekerjaan yang sobat lakukan. Semakin besar active income yang kamu punya, maka semakin besar juga dana yang dapat sobat alokasikan untuk investasi. Selain mendapatkan penghasilan dari pekerjaan utama, sobat cuan juga dapat mendapat tambahan active income dari pekerjaan sampingan. Di era yang serba digital saat ini, semakin banyak pekerjaan yang serba online misalnya pasang iklan di blog, menjadi seorang penerjemah, hingga mempunyai usaha dropship dan reseller dari online shop.

Freelance

Misalnya adalah Pak Budi merupakan guru Bahasa Inggris di salah satu sekolah negeri. Setelah mencari info di Internet, Pak Budi mendapatkan tawaran sebagai freelancer sebagai penerjemah konten di sebuah website. Oleh karena itu, dari pagi sampai dengan siang Pak Budi bekerja sebagai guru sedangkan sore sampai dengan malam bekerja sebagai penerjemah. Hal ini bisa dibilang hustle culture, tapi semuanya kepada pilihan masing-masing ya sobat!

Investasi

Investasi ibarat kendaraan yang mencapai tujuan keuangan impian. Begitu juga ketika sobat ingin mencapai financial freedom, maka salah satu hal yang harus dilakukan adalah berinvestasi. Dengan berinvestasi, sobat bisa mendapatkan keuntungan dari potensi imbal hasil (return). Return itu yang akan mengembangkan uang kamu secara lebih cepat mencapai financial freedom.

Investasi

Sebagai ilustrasi, lihat pebandingan menabung biasa dengan berinvestasi pada 3 jenis reksa dana diantaranya Reksa Dana Pasar Uang (RDPU), Reksa Dana Obligasi (RDO), dan Reksa Dana Saham (RDS). Jika target dana yang diinginkan untuk mencapai financial freedom adalah Rp 2,4 miliar dalam jangka waktu 20 tahun. Maka jumlah dana yang dikumpulkan setiap bulan adalah:

Dari simulasi tabel diatas, sobat bisa ketahui bahwa berinvestasi pada instrumen reksa dana, modal yang dialokasikan setiap bulan lebih kecil karena adanya return dari investasi tersebut. Perlu dipahami juga bahwa semakin tinggi return yang diharapkan, biasanya makin tinggi juga risikonya. Oleh karena itu, instrumen investasi yang dipilih harus sesuai dengan profile risiko sobat cuan. Contoh tabel diatas tidak memasukan inflasi sebagai salah satu indikator perhitungan ya. Jika sobat memasukan infasli, maka modal dana yang sobat butuhkan menjadi lebih besar daripada sebelumnya.


Pilihan Berinvestasi

Gimana nih sobat cuan semuanya ? Sudah memutuskan untuk memulai investasi pertama kamu ? jika sudah, kamu bisa coba memilih beberapa tempat untuk berinvestasi berikut ini:

  1. Mulai berinvestasi di P2P Lending bersama KoinWorks
  2. Mulai berinvestasi di P2P Lending bersama Investree
  3. Mulai berinvestasi di reksa dana bersama Bibit
  4. Mulai Berinvestasi di berbagai instrumen investasi di Pluang

Kesimpulan tips mencapai financial freedom

Financial freedom adalah impian bagi banyak orang.  Untuk menggapai financial freedom tentu tidak mudah dan perlu perjuangan serta pengorbanan. Tapi, financial freedom bukanlah suatu hal yang tidak mungkin untuk dicapai. Kunci utama untuk dapat menggapai financial freedom adalah tetap produktif dan konsisten membuat uang yang sobat miliki bekerja dengan berinvestasi. Kolaborasi dari keduanya akan membantu sobat menggapai financial freedom. Jika hanya salah satu yang dijalankan, tentu akan memerlukan waktu yang semakin lama untuk mencapai tujuan yang sobat inginkan. Yuk Mulai Berinvestasi Gak Pakai Nanti!



Posting Komentar

Posting Komentar