4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Strategi Menabung Untuk Pernikahan

Menikah adalah salah satu momen yang sakral dan perlu biaya jika ingin dilaksanakan dalam bentuk perayaan atau pesta baik bersama keluarga ataupun para kolega. Ketika muncul keinginan untuk menikah, maka pertanyaan yang muncul adalah kira-kira berapa biaya menikah ? oleh karena itu, perlu dipahami bahwa penting untuk mempersiapkan Strategi Menabung Untuk Pernikahan. Pengeluaran yang umum dikeluarkan ketika mengadakan suatu pesta pernikahan diantaranya biaya tempat, catering, hiburan, pakaian pernikahan, dan biaya-biaya lain yang tidak terduga yang perlu harus dipersiapkan. Pada kesempatan kali ini, tim cuan vestasi akan membahas tentang cara menabung dengan tujuan untuk persiapan pernikahan sehingga sobat cuan bisa menyisihkan uang untuk memenuhi kebutuhan acara pernikahan kamu. Yuk kita bahas!

Strategi Menabung Untuk Pernikahan

Tips Menabung Untuk Pernikahan

Biaya pernikahan sangat bervariasi, berbeda tempat tinggal dan jenis pernikahan (adat atau nasional) bisa menentukan biaya yang kira-kira harus dikeluarkan. Sebagian pasangan seringkali memperkirakan sebagian budget pernikahan dan berujung pada biaya realisasi yang tidak sesuai dengan rencana (over budget). Salah satu upaya yang dapat dilakukan guna menghemat biaya pernikahan yakni melakukan perbandingan barang yang ingin dibeli dari satu toko dengan toko lainya. Selain itu, tabungan pernikahan harus dapat diakses kapan saja agar ketika terdapat pembayaran yang muncul tiba-tiba dapat dibayar pada saat itu juga.


Cara Menghitung Biaya Pernikahan

Dari tahun ke tahun, biaya pernikahan terus meningkat bahkan di Indonesia bisa mencapai 300 s.d 500 juta tergantung juga pada jenis pernikahan dan lokasi dilaksanakanya pesta pernikahan. Dari angka estimasi yang telah disebutkan sebelumnya, dapat dipahami bahwa sobat cuan harus mempersiapkan budget sampai dengan jumlah tertentu sehubungan dengan biaya pernikahan untuk pembelian cincin kawin, buku tamu, catering, baju akad dan resepsi, souvenir, fotografi, dan kebutuhan lainya.

Biaya pernikahan di kota besar kurang lebih menghabiskan biaya pesta pernikahan 100 sampai dengan 300 juta. Angka tersebut sudah termasuk biaya sewa tempat, fotografer profesional, pakaian pengantin, pakaian orang tua, make up pengantin, hiburan, serta biaya-biaya lainya. Tapi perlu diingat, biaya tersebut tidak mutlak dan dikembalikan lagi dengan preferensi dari masing-masing pasangan ya! Bisa saja lebih tinggi dan juga bisa saja lebih rendah. 

Ketika memutuskan untuk menikah artinya sudah siap untuk menyeimbangkan antara rencana biaya pernikahan dan juga konsep pernikahan impian. Mayoritas pasangan menghabiskan biaya lebih besar daripada biaya pernikahan yang telah direncanakan. Agar tidak bingung biaya apa saja yang wajib diperhitungkan pada awal-awal merencanakan pernikahan, ikuti to do list sebagai berikut:

  1. Biaya sewa tempat (jika menikah diluar rumah)
  2. Biaya catering
  3. Biaya dekorasi 
  4. Biaya MUA (Make Up Artist)
  5. Biaya sewa pakaian pengantin dan orang tua
  6. Biaya Fotografi dan dokumentasi
  7. Biaya cetak undangan
  8. Biaya penghulu
  9. dan biaya-biaya lain yang biasanya sifatnya ekstra

Untuk lebih jelas dan detailnya silahkan download template excel alokasi anggaran pernikahan berikut ini: Klik disini
Pastikan kembali beberapa faktor misalnya jarak lokasi dari rumah, berapa jumlah tamu yang akan datang, berapa sanak saudara yang akan datang?. Semakin sedikit tamu yang sobat cuan maka semakin sedikit juga budget yang harus dikeluarkan.


Trik Menabung Untuk Pernikahan

Menunda-nunda untuk menabung untuk tujuan pernikahan merupakan hal yang kurang tepat. Jika sudah mempunyai niat untuk menikah, alangkah lebih baik sudah mulai menabung sejak dini. Selanjutnya, membicarakan anggaran pernikahan dengan pasangan sebelum acara pertunangan atau lamaran agar bisa memprediksi budget yang diperlukan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Berdiskusi terkait dengan anggaran untuk kegiatan lamaran sampai dengan pernikahan dapat membantu sobat untuk mengetahui kira-kira berapa biaya yang diperlukan mulai dari acara pertunangan sampai dengan resepsi pernikahan nanti.

Bagi pasangan yang sudah berkomitmen untuk menikah, tidaklah salah kalau membicarakan biaya rencana pernikahan sejak dini. Dengan membicarakan urusan perencanaan pernikahan sejak dini, kalian akan semakin matang dalam memprediksi biaya-biaya yang harus dikeluarkan. Jika baru dibicarakan setelah pertunangan juga tidaklah salah, akan tetapi waktu yang kalian miliki untuk mempersiapkan diri secara finansial juga semakin sempit. Tidak ada nilai minimal yang harus ditabung karena semuanya dikembalikan lagi pada keinginan konsep pernikahan kalian. Jika boleh memberikan saran, tim cuanvestasi menyarankan untuk menabung sekitar 50 juta jika sobat ingin menggelar pesta pernikahan sederhana.


Menghitung Alokasi Anggaran Pernikahan

Saat menghitung alokasi anggaran pernikahan, kamu bisa memanfaatkan template excel alokasi anggaran pernikahan dari cuanvestasi (klik disini untuk download template). Melalui template itu, sobat cuan bisa:

1. Mengalokasikan anggaran pernikahan ke setiap kategori pengeluaran

2. Mengetahui estimasi biaya atas masing-masing kategori pengeluaran

3. Mengetahui berapa biaya pernikahan yang harus dikumpulkan

4. Mengetahui sumber dana yang digunakan untuk membiayai pernikahan

5. Mengetahui estimasi setiap detail item kebutuhan biaya

Menjadikan Anggaran Sebagai Dasar Ukuran Menabung

Setelah mengetahui total anggaran biaya pernikahan yang harus dikeluarkan, sobat perlu memperkirakan berapa budget untuk menabung bulanan/mingguan untuk dapat mencapai target yang telah ditentukan. Rumus menghitung anggaran tersebut adalah sebagai berikut:

Total anggaran pernikahan = Jumlah bulan x tabungan/bulan + kontribusi dan tabungan yang ada

Jika total anggaran sudah didapatkan, maka sobat perlu mempertimbangkan jangka waktu menabung untuk pernikahan dan memulai untuk memikirkan alternatif lain jika setelah dihitung ternyata biaya pernikahan idaman masih belum bisa didapatkan. Untuk menghindari hal kurang nyaman tersebut, kami sarankan agar sobat menyisihkan uang pernikahan sedini mungkin walaupun belum mempunyai pasangan kehidupan. Bukankah lebih baik sedia payung sebelum hujan bukan ?


Menabung Sejak Dini Untuk Pernikahan

Sobat cuan yang menginginkan menabung sejak dini untuk mempersiapkan pernikahan ideal dapat menggunakan alternatif menabung atau berinvestasi berikut ini:

1. Membuka Tabungan Rekening Deposito (CD)

Salah satu pilihan menabung untuk pernikahan adalah menabung di rekening deposito (CD).  CD adalah deposito berjangka yang mempunyai arti sobat tidak bisa melakukan penarikan tabungan sampai dengan CD jatuh tempo. Akan tetapi jika sobat melakukan penarikan sebelum jatuh tempo maka akan dikenakan denda.

Pada saat membuka rekening deposito (CD), perhatikan biaya bulanan, saldo minimum, dan presentase bunga yang didapatkan untuk memastikan sobat tidak menghabiskan semua uang yang dimiliki untuk menabung.

2. Berinvestasi P2P Lending 

Pilihan alternatif mempersiapkan dana pernikahan adalah melakukan investasi di P2P Lending. Jika jangka waktu pernikahan lebih lama dari satu tahun maka P2P lending adalah pilihan yang menarik. Sobat cuan bisa memilih pinjaman yang mempunyai rating grade A dan B dan mempunyai tenor pengembalian yang singkat antara 1 bulan sampai dengan 3 bulan. Pilihan berinvestasi P2P lending dapat dilakukan di platform:

3. Berinvestasi Reksa Dana

Pilihan terakhir yang tidak kalah menarik adalah mempersiapkan dana pernikahan dengan berinvestasi di instrumen reksa dana. Untuk sobat cuan yang berencana menikah lebih lama dari 2 tahun maka opsi yang cukup menarik adalah berinvestasi reksa dana untuk tujuang jangka panjang yakni menikah. Sobat cuan bisa memilih untuk membeli reksa dana pasar uang, atau reksa dana pendapatan tetap. Pilihan berinvestasi reksa dana dapat dilakukan di platform berikut:

Apapun pilihan sobat untuk menabung dan berinvestasi dalam rangka mempersiapkan pernikahan, perlu dilihat kembali jangka waktu yang dimiliki. Semakin pendek jangka waktu yang dimiliki maka opsi yang terbaik adalah membuka rekening deposito. Akan tetapi jika jangka waktu menikah masih lama maka opsi nomor 3 adalah cukup menjanjikan.


Kesimpulan Strategi Menabung Untuk Pernikahan

Menikah merupakan momen yang penting dan layak untuk dirayakan bersama keluarga dan kolega. Momen memulai hidup baru bersama pasangan yang sangat dicintai dimulai dari mengatur keuangan keluarga jauh lebih penting daripada sekedar pusing untuk mencari pinjaman sana sini hanya untuk memenuhi impian pernikahan yang meriah. Mulai menabung dan berinvestasi untuk pernikahan sejak dini adalah pilihan yang tepat bagi sobat yang tidak mau terbebani untuk berhutang kesana dan kemari hanya untuk memenuhi penikahan impian. 

Mulailah melakukan alokasi anggaran pernikahan, memperkirakan sumber pendanaan, dan juga memilih alternatif apa yang bisa dilakukan untuk mewujudkan impian pernikahan yang telah direncanakan tanpa harus berhutang. Semangat menabung dan berinvestasi, semoga impian menikah buat sekedar angan-angan.


Posting Komentar

Posting Komentar