4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Review Indodax: Investasi Aset Kripto

Indodax adalah salah satu market exchange aset kripto terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu pilihan utama bagi para investor dan juga trader yang ingin melakukan jual beli Bitcoin dan alt-coin. Selama ini, Indondax mempunyai reputasi yang sangat baik sehingga termasuk kedalam platform aplikasi jual beli aset kripto terbaik dan terpercaya di Indonesia. Pada kesempatan ini, tim cuanvestasi akan melakukan Review Indodax: Investasi Aset Kripto mulai dari fitur yang disediakan, kelebihan dan kekurangan layanan, dan kami juga akan membagikan pengalaman kami selama berinvestasi aset kripto melalui Indodax

Review Indodax: Investasi Aset Kripto

Apa itu Indodax ?

Indodax merupakan platform jual dan beli aset kripto paling besar di Indonesia dibwawah naungan PT. Indodax Nasional Indonesia. Indodax telah mempunyai pengguna aktif lebih dari 2,7 juta dan mempunyai lebih dari 190 aset kripto yang aktif diperdagangkan setiap hari. Indodax mempunyai kantor yang terletak di dua kota besar di Indonesia yakni Jakarta dan Bali.

Indodax mengawali operasi bisnisnya pada tahun 2014 dengan nama Bitcoin Indonesia yang beralamat di bitcoin.co.id. Pada pertengahan 2018, Manajemen memutuskan perubahan nama menjadi Indodax yang merupakan akronim dari Indonesia Digital Asset Exchange (indodax.com). Pada awal 2020, aplikasi Indondax berubah nama kembali menjadi "Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange" demi meluaskan layanan bisnisnya sebagai marketplace cryptocurrency yang tidak terbatas pada bitcoin namun juga ethreum, doge, cardano, dan lain sebagainya.


Keamanan Berinvestasi di Indodax

Indodax beroperasi di Indonesia dengan status legal dan resmi terdaftar di BAPPEBTI sebagai pedagang fisik aset crypto. Secara sederhana, Indodax BUKAN SCAM ataupun penipuan karena mempunyai izin resmi dibawah BAPPEBTI. Status terdaftar tersebut menjadi penting pada setiap platform investasi keuangan karena investor lebih percaya diri karena berinvestasi pada tempat yang terpercaya. Sobat cuan bisa melakukan trading ataupun investasi dengan tenang dan percaya diri.

Sebagai marketplace aset kripto, Indodax pernah berhasil menyabet penghargaan sebagai marketplace aset kripto terbaik nomor 4 di dunia dan berhasil bersaing dengan Binance dan Coinbase. Di Indonesia sendiri, Indodax bersaing ketat dengan pendatang baru yakni Tokocrypto dan Rekeningku.

Indodax selalu bertujuan untuk memberikan pelayanan dan dukungan terbaik bagi para penggunanya. Layanan terintegrasi bagik melalui versi web dan aplikasi mobile yang dapat diinstal dengan mudah pada smartphone merupakan salah satu bukti komitmen Indodax untuk terus menjadi leader dalam industri marketplace aset kripto di Indonesia.

Tampilan website indodax

Cara Daftar Indodax

Untuk bisa memanfaatkan layanan marketplace dan investasi aset kripto di Indodax, sobat cuan harus terdaftar sebagai pengguna Indodax. Sobat bisa mengunjungi situs resmi Indodax melalui browser PC destkop atau langsung mengunduh Aplikasi Indodax di Google Play Store atau App Store. Secara singkat, Cara daftar akun Indodax adalah sebagai berikut:

1. Klik link disini dan Isi data: username, alamat meail, nomor handphone, dan password

2. Jika data telah diisi  seluruhnya, cek kotak masuk email dan lakukan aktivasi akun baru

3. Akun selesai dibuat, dan siap diverifikasi

Cara daftar Indodax

Setelah proses pendaftaran selesai, sobat cuan belum bisa langsung menggunakan akun tersebut karena harus melewati proses verifikasi terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk deposit, withrdraw, trading, dan investasi. Perlu diketahui dan dipahami bahwa Indodax hanya melakukan verifikasi terhadap pengguna dengan usia minimal 18 tahun. 


Cara Verifikasi Indodax

Proses verifikasi akun di Indodax cukup mudah, sobat cuan hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Buka situs indodax melalui browser destkop, klik menu verifikasi pada bagian kiri atau buka Indodax melalui aplikasi mobile dan pilih menu akun untuk mengakses menu verifikasi

2. Siapkan untuk mengunggah foto KTP dan foto wajah (selfie dengan KTP) dalam format JPG atua JPEG dengan ukuran file maksimal 3Mb

3. Lengkapi data diri sesuai identitas sobat

4. Review ulang data yang telah dimasukan sebelum klik kirim data

5. Setelah proses nomor 4 selesai, tunggu proses verifikasi yang biasanya perlu waktu kurang lebih 12 jam. Periksa inbox email yang digunakan pada saat mendaftarkan diri karena pemberitahuan verifikasi data dikirimkan melalui email tersebut.

Proses registrasi dan verifikasi di Indodax tidak terlalu susah dan cukup cepat. Jadi sobat cuan tidak perlu khawatir karena notifikasi pemberitahuan proses verifikasi juga tidak terlalu lama.


Cara Deposit Dana di Indodax

Akun telah dibuat dan telah diverifikasi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan deposit untuk membeli aset kripto pertama kamu. Indodax memberikan berbagai cara deposit yang sangat mudah untuk investor. Sobat cuan tinggal memilih jenis penyetoran lalu melakukan transfer sejumlah dana ke rekening yang dituju.

Selain transfer, Indodax memberikan opsi deposit dengan memanfaatkan layanan e-wallet diantaranya OVO, ShopeePay, dan sejenisnya. Selain itu, sobat juga bisa melakukan deposit dengan cara menggunakan virtual account bank BCA, Mandiri ataupun layanan ritel di gerai alfamart.

Deposit di Indodax

Sobat cuan bisa melakukan deposit dengan nilai minimal Rp 10.000. Nominal tersebut lebih rendah jika dibandingkan pesaing Indodax yang menetapkan minimal deposit sebesar Rp 50.000. Selain itu, jika sobat melakukan deposit melalui VA Bank BCA dan Mandiri dengan nilai deposit Rp 500.000, maka kamu tidak akan dikenakan biaya. Pastikan nama pemilik sama dengan data diri sobat di akun Indodax

Sobat cuan bisa langsung membeli aset kripto secara instan melalui menu opsi market/instan lalu memasukan nominal Rupiah kemudian klik hitung untuk melakukan estimasi harga. Jika order telah selesai, cek saldo aset kripto yang ada pada akun kamu. MUDAH BANGET!


Fee Trading di Indodax

Indodax mengenakan biaya atau free trading pada beberapa transaksi, namun ada juga transaksi yang tidak dikenakan biaya atau fee alias gratis. Jika sobat cuan melakukan deposit dengan mata uang rupiah dan melakukan trading menggunakan sistem maker maka sobat cuan tidak dikenakan biaya atau fee trading alias GRATIS. Hal yang berbeda jika sobat cuan melakukan penarikan dana rupiah dan trading menggunakan sistem taker maka dikenakan biaya atau fee sebesar Rp 25 ribu per penarikan, sedangkan untuk trading dengan sistem taker dikenai fee sebesar 0,3%.

Sistem maker merupakan proses trading koin menggunakan harga yang sobat cuan tentukan sendiri, sedangkan taker merupakan proses trading menggunakan harga yang ditetapkan oleh situs atau aplikasi dalam hal ini Indodax.


Fitur-Fitur di Indodax

Indodax sebagai salah satu marketplace aset kripto di Indonesia menawarkan berbagai fitur menarik bagi investor atau trader yang menggunakan platformnya. Fitur-fitur menarik tersebut diantaranya:

1. Keamanan 2FA (Two Factor Authentication)

Dalam rangka meningkatkan tingkat keamanan pada setiap transaksi penggunanya, Indodax mengimplementasikan sistem autentikasi multi faktor (2FA). Pengamanan ini menggunakan verifikasi melalui SMS, email, dan google authenticator yang saat ini merupakan sistem yang diklaim cukup aman dan tidak terlalu membingungkan penggunanya.

Two Factor Authentication

Sejak pertamakali menjadi member Indodax, saya belum pernah mengalami masalah keamanan karena aplikasi Indodax menggunakan berbagai lapisan keamanan yang bagus.

2. Proses Trading, Deposit, Penarikan sangat mudah

Marketplace aset kripto harus dapat memudahkan penggunanya dalam hal penyetoran, penarikan, dan trading aset kripto. Sobat cuan bisa mengakses 1 akun dalam dua versi yakni versi akses web ataupun melalui mobile smartphone.

Trading di Indodax

Yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa nama akun dan nama rekening yang kamu daftarkan sama. Jangan sampai nama yang terdaftar berbeda dengan nama nomor rekening karena akan mengalami kesulitan baik pada saat deposit ataupun penarikan dana. 

3. Fitur analisa chart

Sobat cuan penganut sistem analisa teknikal dapat memanfaatkan fitur analisa chart. Fitur ini memudahkan sobat untuk dapat mengoptimalkan potensi keuntungan dan menekan kerugian sebagai trader atau investor dengan melakukan analisa chart secara realtime.

4. Fitur Stop Loss

Sobat cuan tidak perlu melakukan monitoring fluktuasi harga secara terus menerus dengan cara memanfaatkan fitur stop loss. Fitur ini bermanfaat dalam hal mengelola risiko fluktuasi harga sehingga sobat bisa mematok harga yang tepat untuk melakukan trading secara otomatis.


Kelebihan Aplikasi Indodax

Sebagai aplikasi marketplace aset kripto, Indodax mempunyai berbagai kelebihan dibanding pesaingnya yaitu:

1. Menyajikan data lengkap

Sebagai seorang trader tentu data yang lengkap adalah sebuah keharusan sebelum dapat menentukan eksekusi jual atau beli aset kripto. Indodax menyajikan tampilan data volume transaksi kripto sampai dengan frekuensi harian. Selain itu sobat cuan juga bisa mengetahui jenis aset kripto yang mempunyai pasar lebih likuid dan juga menguntungkan. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui berapa harga yang kompetitif dan spread yang cukup tipis.

Data akun indodax

2. Mudah digunakan

Pengguna baru ataupun investor pemula tidak perlu lama-lama untuk dapat mengetahui berbagai fitur dan fungsi menu yang ada di aplikasi Indodax. Tampilan data yang komprehensif dengan didukung teknikal analysis yang tepat, informasi order book, dan analisa chart yang realtime membuat baik investor baru ataupun investor pemula tidak kebingungan dalam menggunakan aplikasi trading aset kripto Indodax. Selain itu, dari sisi tampilan desain Indodax juga cukup bersih dan rapi baik untuk versi website ataupun versi mobile.

3. Deposit menggunakan aset kripto

Indodax tidak membatasi kamu dalam hal melakukan deposit. Sobat cuan bisa melakukan deposit dengan aset kripto dengan cukup mudah. Sobat cukup klik deposit aset kripto lalu akan muncul alamat weallet yang merupakan nomor tujuan dan dapat langsung ditransfer saat itu juga.

4. Fitur order sesuai preferensi pengguna

Indodax memberikan 2 jenis order berbeda yang dapat dipilih oleh penggunanya sesuai preferensi masing-masing. Fitur order jenis pertama adalah market (taker) dimana order yang sobat cuan lakukan langsung tereksekusi saat itu juga dengan harga yang tersedia saat transaksi dilakukan. Sedangkan untuk jenis korder lainya yaitu limit (maker) dimana order tidak langsung tereksekusi karena menunggu sampai dengan harga pasar sesuai dengan harga yang sobat inginkan.

Fitur order Indodax

Proses pembelian di Indodax cukup cepat yakni kurang dari satu menit jika sobat menggunakan fitur order market taker, sedangkan untuk fitur market maker maka sobat perlu menunggu sampai dengan 15 menit.

5. Mempunyai wallet atau dompet kripto sendiri

Indodax juga tidak hanya berperan sebagai platform jual beli aset kripto. Indodax juga memberikan kamu wallet kripto yang dapat sobat gunakan untuk keperluan berbagai transaksi. Walaupun private key tidak diberikan secara langsung, namun pengiriman dan penerimaan aset kripto tetap dapat dilakukan. Jika dibandingkan dengan pesaingnya, wallet kripto indodax lebih mudah untuk digunakan.


Kekurangan Aplikasi Indodax

1. Biaya trading cenderung mahal

Indodax mengenakan biaya yang cukup tinggi untuk penggunaan tertentu. Misalnya biaya jual dan beli yang dikenakan sebesar 0,3% dari total transaksi. Sedangkan untuk layanan lainya, Indodax juga mengenakan biaya kurang dari 0,3% atau bahkan ada jug yang gratis.
Selain biaya dari aktifitas trading, sobat cuan juga dikenakan biaya sebesar 0,5% jika melakukan penarikan dana. Biaya penarikan tersebut cukup besar, misalnya dana yang ditarik cukup besar maka biaya yang harus dikeluarkan juga semakin besar. Indodax juga mengenakan biaya pengiriman bitcoin ke dompet lain diluar sistem indodax sebesar 0,0005 BTC. 

2. Belum mengakomodir deposit dengan credit card

Meskipunt metode deposit yang ditawarkan sudah cukup bervariasi mulai dari VA bank, sampai dengan dompet kripto, namun tersedianya fitur deposit melalui credit card juga tidak kalah penting. Tentu ada beberapa pengguna yang punya kecenderungan top up melalui credit card karena mungkin ada keuntungan lebih dibandingkan fitur top up yang telah tersedia saat ini.

3. Belum tersedia pembatalan order manual

Hal yang cukup disayangkan adalah belum tersedianya fitur mendasar yang diperlukan oleh banyak trader. Fitur tersebut adalah Order Cancel Order (OCO) yang berfungsi untuk memaksa trader membatalkan order tertentu secara manual

4. Belum tersedia fitur short selling

Fitur short selling merupakan fitur yang dapat memaksimalkan kesempatan trader untuk mendapatkan keuntungan ditengah pasar yang dinamis. Fitur ini memfasilitasi trader untuk dapat melakukan penjualan pada saat pasar mengalami penurunan. Namun demikian, fitur ini belum tersedia di Indodax sampai saat ini

5. Belum tersedianya pasar NFT 

NFT cukup digandrungi baru-baru ini apalagi setelah adanya Ghozali effect. Namun sayang sekali, Indodax belum menyediakan fitur untuk membeli NFT padahal tren aset ini sedang sangat tinggi dan mengalami pasar yang terus bertumbuh.


Kesimpulan Review Indodax: Investasi Aset Kripto

Setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekuranganya, Indodax merupakan platform marketplace jual beli aset kripto yang bagus. Fitur yang tersedia pada platform Indodax lebih lengkap jika dibandingkan pesaingnya seperti tokocrypto, Pintu, dan rekeningku. Namun demikian, jika dibandingkan platform dari luar negeri seperti Binance dan Coinbase, aplikasi masih kalah dan perlu banyak peningkatan.

Terakhir, Menurut pengalaman kami berinvestasi aset kripto di Indodax, kami merasa Indodax adalah marketplace dalam negeri yang bagus dengan layanan yang cukup handal untuk melayani para trader melakukan jual beli aset kripto. Semoga review Indodax bermanfaat dan selamat memulai investasi kripto pertama kamu!

Posting Komentar

Posting Komentar