4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Review Aplikasi Ajaib Sekuritas

Berbagai platform aplikasi investasi muncul untuk menampung semangat berinvestasi para anak muda yang ingin mencari cuan pada pasar saham dan pasar modal. Umumnya, aplikasi-aplikasi investasi tersebut diprakarsai oleh sekuritas besar yang mempunyai berbagai fitur yang mudah digunakan dan menarik untuk semakin menambah gairah investor agar melakukan investasi. Pada kesempatan ini, tim cuanvestasi akan melakukan Review Aplikasi Ajaib Sekuritas yang merupakan broker saham paling populer di Indonesia. Ajaib mempunyai tujuan yakni mempermudah proses investasi sehingga tidak membuat repot para calon investor. Bagaimana hasilnya? Yuk simak Review Aplikasi Ajaib Sekuritas berdasarkan pengalaman kami berinvestasi secara langsung pada platform aplikasi ini.

Review Aplikasi Ajaib Sekuritas

Apa itu Ajaib ?

Ajaib adalah pendatang baru dalam dunia aplikasi trading investasi dan baru berdiri pada tahun 2018. Ajaib mempunyai dua perusahaan investasi diantaranya Ajaib sekuritas (PT. Ajaib Sekuritas Asia) dan Ajaib Reksa Dana (PT Takjub Teknologi Indonesia Ajaib Rekas Dana). Walaupun begitu, sesungguhnya Ajaib Sekuritas telah lama berdiri sejak 1989. Akan tetapi pada tahun 2020, barulah terjadi akuisisi Primasia sekuritas oleh ajaib group sehingga tercetuslah nama ajaib sekuritas.

Ajaib sekuritas bukanlah perusahaaan investasi penipu karena telah terdaftar dan memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-171/PM/1992, sedangkan untuk izin dari Ajaib Reksa Dana mempunyai nomor KEP 17/PM.21/2018. Oleh karena itu, sobat cuan tidak perlu khawatir untuk berinvestasi bersama ajaib sekuritas karena terjamin aman dan tentram.

Per September 2021, jumlah investor yang bergabung dalam aplikasi Ajaib telah mencapai 1,03 juta. Angka tersebut hampir separuh dari total investor saham yang ada di Indonesia yakni 2,7 juta investor. Selain itu, pada Oktober 2021, Ajaib group telah resmi menyandang gelar unicorn ke-7 di Indonesia setelah mendapat kucuran dana seri B senilai Rp 2,2 triliun.

Sobat cuan bisa langsung mengunduh Ajaib di Google playstore untuk androind dan App store untuk IOS. Selain itu, sobat cuan bisa melakukan akses versi website jika mengakses melalui komputer ataupun laptop. Fleksibel sekali bukan ?


Cara Daftar Aplikasi Ajaib

Membuka akun di aplikasi Ajaib merupakan hal paling mudah yang bisa sobat cuan lakukan. Kamu hanya perlu mengisi formulir dan melengkapi dokumen secara online. Praktis sekali bukan ? Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan pendaftaran di aplikasi trading saham Ajaib:

  1. Buka aplikasi ajaib, maka kamu akan diarahkan menuju halaman pendaftaran
  2. Lakukan pendaftaran dengan mengisi nomor telepon, email dan password. Jangan lupa juga mengisi KODE AJAIB dengan "ade_dkdc" tanpa tanda petik agar kamu mendapatkan bonus.
  3. Cek inbox email dan klik link yang dikirim oleh tim Ajaib untuk melakukan konfirmasi pendaftaran.
  4. Login dengan email dan password kamu.
  5. Klik tombol 'Buka Akun Saham" yang berada di sebelah kiri atas
  6. Pilih jenis investasi yang sobat cuan inginkan: bisa saham atau reksa dana.
  7. Kamu akan diarahkan menuju halaman untuk mengisi formulir pendaftaran. Totalnya kurang lebih ada 6 halaman formulir yang harus sobat isi. Formulir tersebut membutuhkan 2 berkas gambar diantaranya scan KTP dan foto diri kamu.
  8. Setelah semuanya selesai, klik buka Akun
  9. Ajaib akan melakukan verifikasi dokumen yang telah kamu submit maksimal 1x24 jam. Setelah verifikasi selesai dan pendaftaran disetujui, maka kamu akan mendapatkan konfirmasi melalui email.
  10. Rekening Dana Nasabah (RDN) diterbitkan oleh Bank Permata
  11. Pendaftaran selesai dan selamat membeli saham dan reksa dana yang ada di Ajaib!

Kode referral ajaib

Berdasarkan pengalaman kami, waktu verifikasi pendaftaran di Aplikasi Ajaib tidak memerlukan waktu yang lama sampai dengan akun berhasil diaktivasi. Maksimal biasanya hanya 2 atau 3 hari saja bahkan kemarin pada saat kami melakukan registrasi, hanya perlu 1 x 24 jam sampai dengan aktivasi akun.

Selain itu, Aplikasi Ajaib tidak meminta sobat untuk melakukan deposit sebelum dapat melakukan aktivitas trading saham, kamu bisa langsung melakukan transaksi saham setelah rekening kamu selesai diverifikasi.


Biaya Investasi di Aplikasi Ajaib

Nilai minimum investasi di Aplikasi Ajaib adalah Rp 10.000 untuk instrumen investasi Reksa Dana. Jumlah yang cukup rendah jika dibanding beberapa perusahaan penyedia jual beli reksa dana lainya. Sedangkan untuk investasi saha, minimum investasi adalah 1 lot atau 100 lembar yang mana masih cukup sama dengan minimum investasi saham yang ada di sekuritas-sekuritas lain pada umumnya.

Sama halnya seperti pada aplikasi Bibit, transaksi reksa dana pada aplikasi Ajaib tidak dikenakan fee apapun atau gratis. Sedangkan untuk fee dari transaksi saham dibedakan berdasarkan transaksi harianya yakni:

  • Investor dengan nilai transaksi harian < Rp 150 juta dikenai fee 0,1% baik jual atau beli
  • Investor dengan nilai transaksi harian antara Rp 150 juta s.d Rp 1.5 miliar dikenai 0,09% baik jual atau beli
  • Investor dengan nilai transaksi harian > Rp 1,5 miliar dikenai fee 0,08% baik jual atau beli

Nilai fee diatas sudah termasuk biaya levy (BEI,KPEI,KSEI) yakni sebesar 0,043%, PPN biaya broker sebesar 10% dan juga PPh final untuk setiap transaksi jual 0,1%. Ajaib mengklaim mempunyai Fee termurah se-Indonesia bahkan lebih murah jika dibandingkan dengan pesaingnya seperti Mirae Sekuritas ataupun IPOT (Indopremier).


Fitur-Fitur Unggulan Aplikasi Ajaib

Ajaib mencitrakan dirinya sebagai aplikasi yang fresh, dinamis, bersih, dan smooth. Bagi investor awam, pengoperasian aplikasi Ajaib cukup mudah karena mengutamakan pengalaman penggunanya daripada memenuhi aplikasi dengan grafik dan angka yang walaupun juga penting akan tetapi seringkali membingungkan bagi investor yang masih baru.

Berbagai fitur menarik yang dimiliki Ajaib menjadinya sebagai salah satu Sekuritas terbaik se-Indonesia. Berikut ini adalah fitur-fitur yang disajikan pada Aplikasi Ajaib untuk para investor setianya:

1. Informasi emitan yang lengkap

Ajaib menyajikan informasi emiten yang terdaftar di BEI secara lengkap dan juga jelas. Profil perusahaan, laporan keuangan, bahkan sampai dengan competitive ranking yang menunjukan posisi emiten dibandingkan dengan perusahaan lainya pada sektor sejenis. Selain itu sobat cuan akan disuguhkan informasi fundamental dan informasi grafik harga serta antrean order permintaan dan penawaran.

Analisis Berita

2. Saluran komunitas antar investor

Ajaib menfasilitasi interaksi antar investor dengan membuat forum resmi dimana sobat cuan bisa memposting konten pertanyaan ,opini, informasi, dan sejenisnya kemudian pengguna lain bisa berinteraksi dengan menyukai, membagikan ataupun berkomentar secara langsung untuk menanggapi postingan sebelumnya. Selain itu, sobat cuan bisa berkonsultasi dengan para ahli keuangan yang bekerja sama dengan ajaib secara gratis pada menu pusat bantuan. Seru banget gak sih ?

Komunitas investor ajaib

3. Menu berita dan edukasi pasar modal

Sobat cuan bisa mendapat informasi terbaru untuk bidang ekonomi, bisnis, dan keuangan yang dikumpulkan dari berbagai kanal berita resmi dan dapat dipercaya. Sobat cuan dapat membacanya untuk dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam pengambilan keputusan berinvestasi. Selain itu, sobat cuan juga menambah pengetahuan dalam bidang pasar modal melalui artikel-artikel ajaib yang diperoleh dari riset-riset yang tajam dan terpercaya.

Kanal berita ajaib

4. Fitur auto order

Fitur auto order merupakan fitur yang sangat penting bagi investor yang tidak mempunyai banyak waktu untuk memonitor fluktuasi harga saham. Fitur auto order Aplikasi Ajaib membantu kamu untuk menentukan saham yang sebaiknya dijual ataupun dibeli tanpa harus menunggu pasar modal dibuka.

Fitur auto order dibagi menjadi dua jenis yakni auto order jual dan auto order beli. Fitur auto order jual diantaranya Profit Taking dan Stop Loss. Sedangkan auto order beli meliputi buy on strenght dan Buy on Weakness.

5. Tampilan chart

Sama halnya dengan berbagai aplikasi trading saham lainya, Aplikasi Ajaib juga menyajikan chart untuk memudahkan penggunanya untuk memonitor fluktuasi harga saham. Chart tersebut membantu investor dalam melakukan analisa teknikal misalnya menentukan sentimen pasar.

6. Sistem Referral dengan bonus saham dan reksa dana GRATIS

Sobat cuan yang bisa mengajak keluarga atau temanya bergabung menjadi member Aplikasi Ajaib dengan menggunakan kode ajaibnya, maka mendapatkan kesempatan untuk menerima bonus saham dan reksa dana gratis. Caranya cukup mudah yakni sobat cuan cukup membagikan kode referral dari akun kamu kepada orang-orang disekitar kamu. Dari setiap klik pada kode referral tersebut, sobat cuan akan secara otomatis mendapatkan satu koin dimana koin-koin tersebut dapat digunakan untuk bermain game karpet ajaib yang berhadiah bonus-bonus menarik.

Selain itu, terdapat menu misi yang merupakan games undian dari Ajaib dimana 3 orang beruntung setiap bulanya masing-masing mendapatkan bonus reksa dana sebesar Rp 500.000. Seru banget ga sih ? 

7. Update Real-time

Aplikasi Ajaib menyediakan fitur real-time update dimana sistem akan memberikan kamu notifikasi pada 3 informasi penting seperti notifikasi jual/beli, berita naik/turun saham secara signifikan, dan aksi korporasi. Kamu dapat setting realtime update tersebut sesuai selera.

8. Analisa fundamental dan teknikal

Aplikasi Ajaib menyajikan informasi lengkap tentang emiten yang sangat membantu investor dalam melakukan analisa fundamentalnya. Selain itu, ajaib juga menyajikan analisa teknikal dengan menyediakan chart realtime ataupun sinyal indikator untuk beli/jual saham.

9. Glosarium bahasa investasi

Investor pemula tentu asing terhadap beberapa istilah yang ditemui pada saat awal-awal melakukan investasi. Aplikasi Ajaib menjawab kegelisahan tersebut dengan menyediakan glosarium bahasa investasi atau kamu bahasa investasi yang berisi berbagai daftar istilah dan pengertian beberapa hal yang sering disebut pada saat berinvestasi.


Cara Bertransaksi Saham di Aplikasi Ajaib

Sebelum dapat bertransaksi saham, sobat cuan harus mengisi rekening saham kamu terlebih dahulu. Aplikasi ajaib tidak mewajibkan jumlah minimal untuk top-up, akan tetapi sebaiknya sobat cuan isi dengan nilai minimal untuk membeli 1 lot saham. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membeli saham di Aplikasi Ajaib:

  1. Pada bagian beranda, klik "Pilih Saham" atau "cari" untuk menentukan saham yang sobat ingin beli
  2. Pilih saham yang sobat inginkan
  3. Muncul informasi tentang emiten saham tersebut, dan jika sudah yakin maka klik "beli"
  4. Masukan harga dan jumlah saham yang ingin kamu beli
  5. Muncul konfirmasi order, jika sudah sesuai maka klik "beli"
  6. Klik "OK" dan halaman order akan langsung tertutup
  7. Cek status order yang telah sobat lakukan pada bagian menu "Transaksi" dan pilih "Saham"
  8. Apabila saham telah dibeli, maka status pada menu tersebut akan berubah menjadi "matched"

Aplikasi ajaib jauh lebih smooth dan mudah jika dibandingkan beberapa aplikasi yang dibuat oleh sekuritas lainya misalnya MOST dari mandiri sekuritas.


Kelebihan Aplikasi Ajaib

Pengalaman dalam menggunakan aplikasi ajaib tentu membuat kami dapat mengenali kelebihan-kelibihan yang dimiliki oleh Aplikasi Ajaib sebagai platform yang menarik untuk menemani pengalaman berinvestasi kita semua. Apa saja kelebihan aplikasi ajaib ? berikut adalah beberapa kelebihan aplikasi Ajaib menurut kami:

  1. Tampilan UI/UX yang informatif dan User friendly sehingga dapat dengan mudah dioperasikan oleh para investor pemula
  2. Menyajikan analisis-analisis yang cukup lengkap dan juga bermanfaat walaupun terkadang tidak terlalu update
  3. Biaya fee broker yang cukup bersaing dengan sekuritas lainya
  4. Investor dapat melakukan diversifikasi investasi yakni memilih saham atau reksa dana dalam satu aplikasi
  5. Proses pendaftaran sampai dengan verifikasi cukup mudah, murah, dan cepat


Kekurangan Aplikasi Ajaib

Suatu aplikasi tentunya mempunyai beberapa kekurangan begitu pula aplikasi ajaib. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dibenahi dan ditingkatkan oleh tim aplikasi ajaib agar semakin memanjakan penggunanya:

  1. Investor terkadang mengalami delay 10 s.d 15 menit, tidak signifikan tetapi terkadang menganggu juga
  2. Terkadang terjadi error dan lag pada saat bursa sedang ramai transaksi dan banyak bug pada pada aplikasi yang masih perlu diperbaiki
  3. Customer service kurang cepat tanggap karena hanya menanggapi pada jam operasional
  4. Pilihan channel pembayaran masih sangat terbatas jika dibandingkan dengan pesaingnya seperti Bibit untuk transaksi reksa dana.


Kesimpulan Review Aplikasi Ajaib Sekuritas

Berdasarkan pengalaman dan hasil analisis kami berinvestasi secara saham dan reksa dana di Aplikasi Ajaib, cuanvestasi menganggap bahwa Aplikasi Ajaib pantas dan layak menjadi platform pilihan untuk berinvestasi saham dan reksa dana bagi investor yang mempunyai minat untuk trading saham dan juga berinvestasi reksa dana. Tampilan UI/UX yang cukup mudah bagi penggunanya dan juga berbagai fitur-fitur yang luar biasa dari Aplikasi Ajaib tentu membuat investor semakin senang berinvestasi di Aplikasi Ajaib.

Namun demikian, masih adanya beberapa bug yang masih harus diperbaiki dan juga adanya error dan lag pada saat jam ramai bursa merupakan kekurangan yang harus menjadi perhatian dari tim Aplikasi Ajaib. Selain itu, menambah channel pembayaran reksa dana juga merupakan hal yang tidak kalah penting mengingat diversifikasi alat pembayaran yang dimiliki oleh para pesaing Aplikasi Ajaib.

Terakhir, pengalaman berinvestasi saham dan reksa dana di Aplikasi Ajaib sangat positif dan cuanvestasi yakin bahwa Aplikasi Ajaib merupakan pilihan yang tepat bagi sobat cuan untuk meraih cuan di pasar modal.

Posting Komentar

Posting Komentar