4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Lancar Nabung Saat Ramadan

Puasa merupakan saat dimana sobat cuan menahan lapar dan dahaga hingga nafsu duniawi yang sifatnya menjerumuskan, salah satunya adalah sikap impulsif dan belanja. Pada saat puasa, jadwal makan hanya dilakukan saat berbuka puasa sampai dengan waktu sahur. Sobat cuan tidak punya waktu untuk jajan-jajan santai yang biasanya mungkin seringkali sobat lakukan pada saat siang atau malam hari. Pada kesempatan ini, cuanvestasi akan membahas tentang Cara Lancar Nabung Saat Ramadan. Yuk kita bahas tips nya!

Lancar Nabung Saat Ramadan

Pada saat ramadan, waktu jajan yang tersedia tentu lebih sedikit daripada waktu diluar ramadan. Dengan waktu yang berkurang itu, kira-kira bisa tidak ya mengalokasikan uang yang dikeluarkan untuk jajan ke rekening tabungan atau menambah pos dana darurat ? Kalau jawaban kami: BISA BANGET ! Lalu bagaimana caranya Lancar Nabung Saat Ramadan ? Simak beberapa poin yang kami jelaskan dibawah ini ya!


Utamakan Kebutuhan dibanding Keinginan

Sobat cuan harus paham terlebih dahulu perbedaan paling mendasar antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan merupakan sesuatu yang sifatnya wajib demi menunjang produktivitas sehari-hari. Hal yang berbeda dengan keinginan yang jika dilihat dari sifatnya tidak harus dan tentu saja bisa ditunda.

Keinginan VS Kebutuhan

Jika sobat cuan sudah bisa membedakan kedua hal tersebut, maka sebelum melakukan pengeluaran, coba tanyakan pada diri sendiri dulu, itu termasuk kebutuhan atau keinginan ?. Misalnya nih sobat punya kebiasaaan setiap bulan beli setelan baju senilai jutaan rupiah, coba dicek kembali kebiasaan tersebut keinginan atau kebutuhan ? bukankah setelan baju biasa atau dengan harga yang lebih murah masih banyak ? bukankah setelan yang 'pantas' untuk dipakai tetapi lebih 'murah' daripada itu juga lebih banyak ?  ini contohnya lho ya!

Agar sobat bisa lebih mengenali mana yang sifatnya kebutuhan dan mana yang sifatnya keinginan, buatlah daftar do's and don'ts ini dan beri batasan mana saja yang harus tetap sobat penuhi dan mana saja yang bisa ditunda karena belum begitu penting.


Puasa: Menahan Godaan Hawa Nafsu (Belanja)

Membuka e-commerce sambil menunggu waktu berbuka puasa memang terasa menyenangkan. Tapi, tanpa kita sadari, kebiasaan ngabuburit sambil scroll online shop cenderung membuat kita semakin gampang melakukan impulsive buying. sobat cuan harus herhati-hati karena bisa saja terjebak dan berakhir dengan membeli suatu hal yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Ingat, waspadalah waspadalah!

Menahan diri dari godaan

Di bulan ramadan yang indah dan berkah ini, marilah kita mencoba berdisiplin, membulatkan niat, dan meneguhkan hati untuk berpuasa tidak hanya sebatas menahan lapar dan dahaga. Akan tetapi lebih daripada itu, marilah kita menahaan segala godaan hawa nafsu misalnya membeli makanan terlalu banyak untuk persiapan berbuka puasa padahal porsi makanan yang biasanya dihabiskan tidak sebanyak itu. Bukankah itu hanya akan mubadzir dan tidak termakan ? Yuk rapatkan barisan dan katakan: Saya hanya akan membeli apa yang saya butuhkan dan saya bertanggung jawab dengan apa yang saya beli.


Ramadan Saving Challenge

Nabung itu tidak selamanya mengerikan dan bikin malas. Cuanvestasi memberikan sedikit tips Lancar Nabung Saat Ramadan dengan memakai ilustrasi beberapa nama jajan yang mungkin sering sobat cuan beli pada saat siang dan sore hari diluar bulan ramadan. Alihkan uang jajan mu dan ikuti saving challenge ini!

Ingat ya! anggap saja bahwa sobat masih melakukan pengeluaran. Akan tetapi, dana yang tadinya sobat gunakan untuk jajan dialihkan menjadi investasi dengan membeli saham, reksa dana, atau P2P Lending. Kalau sobat bisa melakukan hal diatas secara konsisten selama satu bulan penuh dengan jenis dan harga yang tertera, maka sobat berhasil menambah tabungan selama ramadan sebesar Rp 744 ribu. 

Jumlah pengeluaran diatas tentunya bisa sobat sesuaikan dengan kemampuan keuangan masing-masing ya. Jika sobat merasa kurang tertantang ? silahkan TAMBAH!, jika sobat merasa terlalu keberatan ? Silahkan DISESUAIKAN semampunya. Kunci dari latihan ini adalah konsistensi dan disiplin diri kita dalam memanfaatkan momen puasa di bulan ramadan untuk tetap menabung.


Tempat Rekomendasi Mulai Investasi

Sobat cuan yang ingin menambah tabungan selama ramadan bisa memilih tempat berinvestasi berikut ini:

1. Nabung reksa dana Syariah di Bibit

Aplikasi marketplace reksa dana Bibit memberikan sobat cuan pilihan untuk memilih reksa dana yang sesuai dengan sistem syariah. Penasaran seperti apa ? langsung aja klik disini

2. Nabung P2P Lending Skema Syariah di Investree

Investree sebagai salah satu P2P Lending yang cukup besar di Indonesia memberikan pilihan pinjam mememinjam dengan skema syariah. Tertarik untuk berinvestasi P2P dengan skema syariah ? langsung saja klik disini


Gimana sobat cuan sekaian ? Apakah sudah siap menambah pundi-pundi tabungan selama puasa ? Mari kita manfaatkan momen bulan puasa untuk semakin Lancar Nabung Saat Ramadan. Selamat mencoba!

Posting Komentar

Posting Komentar