4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Jenis-Jenis Produk Reksadana

Reksa dana adalah investasi dalam jangka panjang, oleh karena itu sobat cuan harus mempunyai kesabaran dalam menunggu cuannya. Sobat juga harus memahami kunci kesuksesan dalam berinvestasi dengan cara memilih strategi yang tepat. Dalam berinvestasi reksa dana, kunci kesuksesan investasi bisa diawali dengan memahami Jenis-Jenis Produk Reksadana. Masing-masing produk reksadana mempunyai risiko yang berbeda-beda, oleh karena itu jika ingin sukses dalam berinvestasi reksadana tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Yuk mari kita bahas lima kategori reksadana yang wajib kamu pahami!

Jenis-Jenis Produk Reksadana

Jenis-Jenis Produk Reksadana

Reksa Dana Saham

Reksa dana saham adalah jenis reksa dana yang portofolio investasinya terdiri dari saham-saham perusahaan yang diperdagangkan di bursa efek. Dengan berinvestasi reksa dana, sobat cuan bisa dibilang mempunyai sebagian dari semua perusahaan yang berada pada portofolio investasi reksa dana. Dibandingkan jenis-jenis reksa dana lainya, reksa dana saham adalah salah satu jenis yang mempunyai nilai fluktuasi yang cukup tinggi (beresiko) namun mempunyai potensi terbesar dalam hal imbal hasil investasi dalam jangka waktu yang panjang.

Jika kamu belajar investasi reksa dana yang mempunyai fokus untuk jangka panjang, kami menyarankan kamu sebaiknya berinvestasi reksa dana saham. Jenis reksa dana ini mempunyai pertumbuhan lebih cepat dan imbal hasil yang lebih tinggi daripada jenis reksa dana lainya. Kinerja reksa dana saham yang baik adalah reksa dana yang mempunyai imbal hasil lebih tinggi dari indeks bursa saham. Misalnya, jika pertumbuhan IDX30 selama setahun adalah 10%, maka kinerja reksa dana saham harus lebih dari 10%.

Reksa dana saham yang tumbuh dapat dikategorikan dari ukuran kapitalisasi pasar atau dari nilai perusahaan yang termasuk portofolio investasi. Contoh singkatnya adalah sebagai berikut:

1. Small Cap Funds: Perusahaan nilai nya dibawah 1 Triliun

2. Medium Cap Funds: Perusahaan nilainya diantara 1 s.d 10 Triliun

3. Large Cap Funds: Perusahaan nilainya lebih dari 10 Triliun

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana pendapatan tetap adalah salah satu jenis reksa dana dimana investor melakukan kegiatan investasi ke obligasi pemerintah atau perusahaan swasta. Jika dibandingkan reksa dana saham, jenis reksa dana pendapatan tetap mempunyai resiko investasi yang lebih rendah dan namun imbal hasil yang lebih rendah juga.

Obligasi pemerintah biasanya diterbitkan dengan tenor yang cukup panjang dan imbal hasil yang dijanjikan 5-6% atau sedikit lebih tinggi dari nilai inflasi. Dengan reksa dana pendapatan tetap, kamu dapat berinvestasi dengan resiko yang cukup rendah namun tetap menghasilkan keuntungan diatas inflasi.

Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang merupakan jenis reksa dana yang menginvestasikan dana investornya dalam bentuk hutang dengan jangka waktu investasi cukup singkat. Dalam beberapa kasus, imbal hasil yang dihasilkan dari jenis reksa dana pasar uang bisa lebih rendah dari reksa dana pendapatan tetap. Namun, reksa dana ini mempunyai risiko yang paling rendah diantara seluruh jenis reksa dana lainya. 

Sebagai investor pemula, reksa dana pasar uang merupakan jenis reksa dana yang cocok karena selain resiko nya paling rendah, tetapi juga mempunyai timeline investasi yang singkat yakni kurang dari 1 tahun.

Reksa Dana Campuran

Reksa dana campuran adalah reksa dana hybrid dimana investor dapat melakukan penggabungan investasi dari saham dan obligasi. Dana ini bisa membantu kamu secara otomatis dalam hal mendiversifikasi investasi dengan melakukan placement dana ke beberapa instrumen investasi dengan rasio 60% saham dan 40% hutang (obligasi).


Jenis Reksa Dana Untuk Investor 

Semua jenis reksadana mempunyai jenis investor nya masing-masing. Sebelum memilih reksa dana, jangan lupa isi terlebih dahulu beberapa pertanyaan yang membentuk profile risiko kamu. Pastikan kamu membeli reksa dana yang sesuai dengan profile risiko kamu ya.

Jika kamu berinvestasi reksa dana melalui Bibit atau Pluang, gunakan fitur robo advisor sehingga pilihan reksa dana kamu akan disesuaikan dengan profile risiko yang telah dipilih pada awal pada saat registrasi. Yang perlu kamu lakukan adalah registrasi, isi kode referral, isi profile risiko, transfer dana investasi kamu dan lanjutkan menabung reksa dana secara rutin. Semoga setelah memahami Jenis-Jenis Produk Reksadana yang ada di pasar modal, kamu akan segera memulai investasi reksa dana kamu ya! selamat meraih cuan!!

Posting Komentar

Posting Komentar