4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Cara Mudah Pilih Investasi Syariah

Sobat cuan yang telah mengerti tentang dunia investasi tentu pernah mengalami yang namanya khawatir terkait dengan apakah pilihan investasi yang dipilih telah sesuai syariat islam ataukah belum. Untuk menghapus perasaaan khawatir kamu itu, tim cuanvestasi akan sedikit memberikan pencerahan agar kamu bisa menemukan investasi yang cocok dengan profile risiko kamu dan tentunya sesuai dengan syariat islam juga. Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang Cara Mudah Pilih Investasi Syariah. Penasaran bagaimana caranya ? Yuk simak pada bagian dibawah ini!

Cara Mudah Pilih Investasi Syariah


Produk Instrumen Investasi Sesuai Syariat Islam

1. Deposito Syariah

Deposito syariah adalah produk simpanan yang dapat sobat cuan beli di bank dengan jangka waktu tertentu yang dikelola mengikuti syariat islam. Deposito syariah tidak memiliki perhitungan bunga keuntungan, namun menggunakan skema 'nisbah' atau bagi hasil karena dikelola berdasarkan syariat islam.

Produk deposito syariah mirip dengan deposito konvensional yakni dalam hal minimnya risiko yang melekat sehingga bisa menjadi pilihan sobat cuan dalam melakukan investasi sesuai syariat islam. Selain itu, sama halnya dengan deposito konvensional, deposito syariah mengharuskan uang mengendap sampai jangka waktu tertentu sehingga kamu tidak bisa melakukan penarikan dana sewaktu-waktu.

2. Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan

Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan instrumen investasi berupa Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dimana terbagi menjadi dua jenis yaitu Sukuk Ritel (SR) dan Sukuk Tabungan (ST). Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan mempunyai tenor waktu yang berbeda dan juga maksimal pembelian yang berbeda.

Sobat cuan yang ingin berinvestasi Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan dapat mengikuti jadwal peluncuran sukuk yang biasanya tersebar diberbagai media masa sebelum dilakukan masa launching.

3. Reksa Dana Syariah

Prinsip dari reksa dana syariah pada dasarnya sama dengan reksa dana konvensional. Akan tetapi, terdapat perbedaan dalam hal pengelolaanya yakni tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariat islam / syariah yang dipegang pada pasar modal. Reksa dana syariah dikelola secara pruden dan rigid terkait dengan ketaatan pada syariat islam. Jadi sobat cuan yang ingin berinvestasi reksa dana tapi sesuai dengan syariat islam bisa memilih reksa dana syariah.

4. P2P Lending Syariah

Sekarang ini, beberapa platform pendanaan telah membuka peluang untuk melakukan pendanaan sesuai dengan syariat islam, Semua kegiatan pendanaan yang sobat cuan lakukan adalah tanpa riba dan bebas dari transaksi yang dilarang oleh syariat islam.


Tempat Membeli Investasi Sesuai Syariat Islam

1. Bibit - Reksadana

Sobat cuan dapat membeli berbagai reksa dana syariah dengan mudah melalui aplikasi bibit. Bibit menyajikan fitur Bibit Syariah, melalui fitur ini kamu bisa memaksimalkan pemilihan produk reksa dana yang sobat mau khusus hanya produk investasi reksa dana yang berbasis syariah atau sesuai dengan syariat islam hanya dengan 100 ribu.

Sobat cuan bisa membeli berbagai jenis reksa dana seperti Reksa Dana Pasar Uang (RDPU), Reksa Dana Obligasi (RDO), dan Reksa Dana Saham (RDS) yang dikelola berdasarkan prinsip syariah.

-- PANDUAN DAFTAR BIBIT REKSA DANA--

Bibit Reksa Dana Syariah

2. Investree - P2P Landing Syariah

Sobat cuan bisa melakukan pendanaan P2P landing yang sesuai prinsip syariah di Investree. Semua jenis kegiatan pembiayaan tersebut tanpa riba dan bebas dari transaksi yang dilarang oleh syariat islam. Sobat akan menerima ujrah yang dibayarkan oleh penerima pembiayaan berdasarkan nilai prinsipal. Investree melakukan analisis yang komprehensif terhadap pembiayaan yang diajukan oleh Calon Penerima Pembiayaan sehingga pendanaan yang kamu lakukan dijamin berkualitas dan sesuai prinsip syariah

-- PANDUAN DAFTAR INVESTREE--

Investree Syariah

Kesimpulan Cara Mudah Pilih Investasi Syariah

Investasi berdasarkan prinsip syariah telah banyak ada di pasar dan dapat sobat cuan pilih sesuka hati. Tapi, tetap saja sobat cuan harus melakukan cek dan re-cek terlebih dahulu atas setiap investasi syariah yang sedang ditawarkan orang ataupun investasi syariah yang sobat tertarik untuk lakukan. Tidak menutup kemungkinan di era yang serba ada sekarang ini banyak 'investasi syariah bodong'. 

Jangan sampai tertipu dan terlena dengan kata investasi syariah karena tentu saja sebagai investor yang cerdas, kita harus melakukan riset dan cek terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Demikian penjelasan dari kami dan setelah membaca Cara Mudah Pilih Investasi Syariah, selamat memutuskan investasi syariah pertama kamu ya!

Posting Komentar

Posting Komentar