4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Berhitung Capai Financial Freedom

Pada kesempatan sebelumnya, tim cuanvestasi telah membahas tentang apa yang dimaksud financial freedom dan manfaat apabila berhasil dalam menggapai financial freedom. Jika kamu sudah membaca artikel tersebut, sekarang adalah saatnya sobat cuan Berhitung Capai Financial Freedom. Pentingnya mengetahui berapa dana yang harus dicapai agar bisa menggapai financial freedom akan kita bahas tuntas sampai ke akar-akarnya.

Berhitung Capai Financial Freedom

Tahapan mencapai financial freedom

Sebelum mulai menghitung, proses menuju financial freedom harus melewati 3 level terlebih dahulu dan harus kamu pahami. Hal ini menentukan start awal posisi kamu sudah sampai mana agar tidak salah dalam menentukan target selanjutnya. Berikut ini adalah 3 level menuju financial freedom:

1. Financial Literacy

Financial literacy

Level ini adalah menguji literasi keuangan yang telah sobat pahami dan menguji kesehatan keuangan (financial checkup) kamu saat ini. Selain itu, pada level ini sobat sudah harus mengetahui tujuan keuangan yang ingin dicapai. Pada level ini, sobat sudah memahami situasi dan kondisi keuangan saat ini sehingga dapat menentukan strategi apa yang cocok untuk menggapai tujuan keuangan. Setiap individu mempunyai kondisi keuangan dan profile risiko yang berbeda, oleh karena itu tidak semua strategi yang harus digunakan sama. 

2. Financial Security

Financial Security

Level ini adalah level lanjutan dari level sebelumnya. Pada level ini, sobat cuan sudah mempunyai dana darurat dan asuransi yang cukup yang dapat mengcover kamu jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang diluar perkiraan ataupun terjadi kondisi darurat. Sederhananya adalah level ini merupakan indikator keuangan kamu berada pada kondisi yang aman dan siap melaju pada level berikutnya.

3. Financial Independence

Financial Independence

Level ini adalah satu level dimana sobat cuan dapat mencapai yang disebut sebagai financial freedom. Ketika mencapai level ini, kamu sudah pada level dimana tidak perlu bergantung pada orang lain contohnya dengan meminjam uang kepada oang tua, teman, bank bahkan sampai dengan pinjaman online untuk memenuhi segala kebutuhan pribadi sobat. Kebutuhan pribadi kamu dapat kamu penuhi hanya dengan memanfaatkan passive income.


Jika 3 level diatas telah kamu penuhi, maka sekarang adalah saat yang cepat menghitung berapa nilai dana yang harus dipersiapkan untuk mencapai financial freedom. Ingat ! perhitungan ini adalah simulasi dan tidak bersifat mutlak, oleh karena itu sesuaikan dengan angka kamu sendiri.


Menghitung dana persiapan financial freedom

Sandy mempunyai pengeluaran setiap bulan sebesar Rp 10 juta. Agar mendapatkan passive income Rp 10 juta setiap bulan, maka Sandy memilih instrumen investasi yang mempunyai risiko paling rendah. Contohnya adalah investasi Reksa Dana Pasar Uang dengan estimasi return 5% setiap tahun. Berapakah jumlah dana yang harus dimiliki oleh Sandy untuk mendapatkan Rp 10 juta setiap bulan tanpa harus bekerja ?

Rumus:

Pengeluaran per tahun = Pengeluaran per bulan X 12 bulan

Dana yang harus dikumpulkan = Pengeluaran tahunan / asumsi return investasi

Contoh perhitungan:

Pengeluaran per tahun = Rp 10 juta X 12 bulan = Rp 120 juta

Dana yang harus dikumpulkan = Rp 120 juta / 5% = Rp 2,4 miliar

Dari simulasi diatas, Sandy harus mempunyai Rp 2,4 miliar untuk bisa mendapatkan passive income sebesar Rp 120 juta per tahun atau Rp 10 juta setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa harus bekerja. 


Hal yang harus diperhatikan

Akan tetapi, perhitungan di atas mempunyai dua hal yang harus sobat cuan pertimbangkan:

  1. Potensi imbal hasil atau return dari simulasi diatas merupakan asumsi masa lalu dimana imbal hasil masa depan dapat berubah (bisa naik atau turun) tergantung dari situasi dan kondisi pasar.
  2. Simulasi tersebut tidak memasukan inflasi sebagai indikator perhitungan, seperti yang kita tahu inflasi merupakan penurunan nilai mata uang terhadap harga barang dan jasa. Hal tersebut artinya pengeluaran sobat cuan sebesar Rp 10 juta pada saat ini tentu akan berbeda dengan nilai Rp 10 juta pada 10 - 20 tahun yang akan datang sehingga dengan adanya inflasi tersebut, sobat cuan harus memerlukan dana yang lebih besar dari simulasi perhitungan diatas.


Pilihan berinvestasi 

Bagaimana sobat cuan ? apakah kamu sudah coba menghitung total dana yang sobat butuhkan berdasarkan pengeluarna rutin bulanan mu ? Jika sudah, kamu bisa coba memilih beberapa tempat untuk berinvestasi berikut ini:

  1. Mulai investasi di P2P Lending bersama KoinWorks
  2. Mulai investasi di P2P Lending bersama Investree
  3. Mulai investasi di reksa dana bersama Bibit 
  4. Mulai investasi di berbagai instrumen investasi bersama Pluang

Yuk tentukan pilihan mu dan raih cuan gak pakai nanti!


Posting Komentar

Posting Komentar