4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Kuesioner Profile Risiko Reksa Dana

Jika pada bagian sebelumnya kami telah membahas tentang profile risiko investor reksa dana, pada bagian ini kami akan coba mengulas tentang Kuesioner Profile Risiko Reksa Dana. Kuesioner profile risiko reksa dana sangat penting bagi sobat cuan sebelum memutuskan untuk melakukan investasi. Mulai dari investor pemula ataupun profesional wajib untuk mengisi kuesioner profile risiko secara jujur, lengkap dan benar. Jika kamu mengisi kuesioner tersebut dengan baik, maka sobat cuan telah melakukan satu langkah yang tepat sebelum terjun kedalam dunia investasi reksa dana. Apa itu kuesioner profile risiko reksa dana? dan bagaimana bentuknya ? Yuk cuanvestasi bahas pada bagian dibawah ini.

Kuesioner Profile Risiko Reksa Dana

Keputusan penting sebelum berinvestasi

Tujuan dasar dari investasi adalah untuk menghasilkan imbal balik atau keuntungan dengan mempertimbangkan segala risiko yang ada. Investor yang berhasil saat berinvestasi adalah investor yang bisa menghubungkan antara tujuan investasi, tingkat pengembalian, dan tingkat toleransi investor terhadap risiko investasi. Adapun beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum berinvestasi adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan tujuan dan jangka waktu investasi dengan jujur dan penuh komitmen
  2. Pertimbangkan secara seksama tingkat imbal hasil investasi yang diharapkan dengan toleransi risiko yang dapat diterima
  3. Bandingkan tingkat pengembalian hasil investasi dengan tingkat risiko yang dapat diterima 

Setelah ketiga pertimbangan diatas dilakukan, maka selanjutnya adalah sobat cuan dapat langsung mengisi kuesioner profile risiko investor reksa dana.


Contoh pertanyaan kuesioner profile risiko reksa dana

Pada saat melakukan pengisian kuesioner profile risiko, poin penting yang harus sobat cuan perhatikan adalah tidak adanya pilihan salah ataupun benar dalam setiap jawaban yang kamu pilih. Satu hal yang perlu sobat lakukan adalah menjawab secara jujur agar nanti tidak ada penyesalan atas keputusan investasi yang sobat lakukan. Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan dan pilihan jawaban yang akan sobat cuan temui pada saat mengisi kuesioner profile risiko reksa dana.

Pertanyaan 1: Tujuan investasi 

Pernyataan manakah yang paling sesuai menggambarkan tujuan investasi anda:

  • Saya ingin berinvestasi pada instrument investasi yang menyerupai tabungan dan deposito berjangka dimana nilai investasi awal saya stabil dan saya bisa menarik dana tersebut dalam jangka waktu 1 tahun
  • Saya ingin memperoleh tingkat pengembalian yang lebih tinggi dari tabungan dan deposito berjangka. Saya merasa tidak nyaman dengan fluktuasi investasi jangka pendek dan mengurangi risiko kehilangan nilai investasi awal
  • Saya ingin mempertahankan nilai investasi awal namun saya bersedia menerima sedikit fluktuasi negative dalam periode jangka pendek. Walaupun tingkat resiko rendah, penting untuk saya. Saya bersedia mengalokasikan sebagian dana untuk mencapai potensi tingkat pengembalian yang lebih tinggi daripada tabungan dan deposito.
  • Saya ingin nilai investasi tumbuh dan memperoleh tingkat pengembalian yang tinggi. Saya dapat menerima fluktuasi negative jangka pendek, termasuk kemungkinan nilai dari investasi awal.
  • Saya ingin nilai investasi tumbuh pesat dan memperoleh tingkat pengembalian seoptimal mungkin. Saya dapat menerima fluktuasi negative dalam jangka pendek, termasuk kemungkinan kehilangan nilai investasi awal.

Pertanyaan diatas adalah urutan pertama dan pilihan jawaban yang sobat harus pilih pada saat mengisi kuesioner profile risiko investasi reksa dana. Kurang lebih, ada 8 pertanyaan yang harus sobat jawab dan masing-masing pertanyaan mempunyai poin yang berbeda- Total dari akumulasi poin dari jawaban tersebutlah yang merupakan dasar penentuan jenis investor seperti apa sobat cuan ini dan reksa dana apa yang cocok untuk dipilih untuk berinvestasi. 

Namun demikian, kuesioner profile reksa dana tidak bersifat kaku, artinya ada berbagai macam variasi misalnya jika sobat cuan memutuskan untuk menggunakan aplikasi Bibit, maka ada profile kuesioner yang mungkin sedikit berbeda dari yang telah kami sajikan diatas.

Memulai investasi reksa dana sejak dini

Setelah sobat cuan selesai dengan profile risiko, maka langkah selanjutnya adalah memulai investasi reksa dana sejak dini. Sobat cuan tidak perlu khawatir karena untuk memulai investasi reksa dana tidaklah mahal, sobat hanya perlu menyiapkan dana Rp 100 ribu saja untuk bergabung bersama jutaan investor reksa dana di Indonesia. Apalagi di era teknologi sekarang ini, banyak platform yang memberikan kemudahan buat kamu untuk membeli reksa dana secara online. Apa saja platform untuk membeli reksa dana tersebut ?

  1. Bibit - Pilihan reksa dana yang bervariasi dari berbagai manajer investasi
  2. Pluang - Pilihan reksa dana terbatas
  3. Ajaib - Pilihan reksa dana yang bervariasi dari berbagai manajer investasi
  4. Investree - Pilihan reksa dana yang terbatas

Silahkan pelajari keunggulan dan kekurangan dari masing-masing platform diatas, jika kamu sudah menentukan pilihan, jangan lupa untuk memasukan kode referral kami karena kamu akan mendapatkan bonus saldo yang dapat kamu gunakan sebagai tambahan modal untuk berinvestasi. Bagaimana sobat cuan ? sudahkah kamu siap memulai investasi reksa dana pertama kamu ?

Posting Komentar

Posting Komentar