4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Investasi Pilihan Ibu Rumah Tangga

Istilah investasi merupakan hal yang saat ini sudah tidak asing lagi di telinga semua orang. Secara umum, investasi adalah aktifitas menanamkan sejumlah dana atau aset yang dilakukan oleh perusahaan atau individu, dalam jangka waktu tertentu dengan tujuan mendapat keuntungan di masa yang akan datang. Sebagian orang beranggapan bahwa investasi hanya dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu yang mempunyai modal besar, faktanya investasi dapat dilakukan oleh semua orang bahkan oleh ibu rumah tangga sekalipun. Pada kesempatan ini, cuanvestasi akan membahas tentang Investasi Pilihan Ibu Rumah Tangga dan harapanya semoga setelah membaca artikel ini banyak ibu rumah tangga diluar sana yang berani berinvestasi dan memilih investasi yang tepat serta tidak terjebak dalam investasi 'bodong' seperti yang akhir-akhir ini sering dibahas oleh media masa.

Investasi Pilihan Ibu Rumah Tangga

Zaman modern dan canggih saat ini menuntut wanita untuk lebih fleksibel dan lihai dalam mengerjakan berbagai hal secara mandiri. Dahulu mungkin perempuan utamanya seorang ibu rumah tangga memilih untuk mengandalkan suami tidak terkecuali untuk urusan keuangan, sekarang banyak ibu rumah tangga memilih untuk melakukan investasi karena sadar bahwa perencanaan keuangan yang baik sangat bermanfaat bagi keluarga.

Investasi pilihan yang cocok untuk ibu rumah tangga

Ibu rumah tangga tentunya harus membagi waktu antara mengatur rumah, mengurus anak, melayani suami, dan juga waktu untuk dirinya sendiri. Akan tetapi, melakukan investasi bagi ibu rumah tangga ditengah kesibukan tadi bukanlah suatu hal yang mustahil. Berikut ini adalah investasi pilihan yang cocok untuk ibu rumah tangga:

1. Emas

Emas merupakan investasi yang tidak mudah terdepresiasi sehingga sangat terkenal dan banyak dilakukan oleh berbagai kalangan. Emas menjadi berharga karena nilainya yang cenderung stabil dan lebih mudah dilakukan jika dibandingkan bentuk investasi lain. Sobat cuan tidak perlu mempunyai kemampuan analisis seperti pada saat berinvestasi pada sektor foreign exchange ataupun saham, sobat cuan tinggal membeli dan menyimpan emas dalam jangka waktu tertentu. 

Emas yang kami maksud bukanlah emas perhiasan, akan tetapi logam mulia atau emas batangan. Saat membeli emas, perhatikan sertifikat keasilan yang dapat digunakan sebagai jaminan jika sewaktu-waktu sobat ingin menjual kembali. Investasi emas disarankan untuk jangka panjang, berdasarkan tren, harga emas cenderung mempunyai tren yang selalu naik untuk jangka panjang.

Emas

Selain itu, keuntungan dari berinvestasi emas adalah tahan terhadap inflasi serta mudah untuk dicairkan. Sobat cuan bisa mencairkan emas sewaktu-waktu jika membutuhkan dana secara tiba-tiba. Ingat, sobat perlu berhati-hati untuk membeli emas yang aman karena tidak sedikit oknum yang berulah memalsukan logam mulia.

Para ibu bisa memilih apakah membeli emas fisik atau emas digital. Emas fisik merupakan emas yang dapat dibeli secara langsung dan mendapatkan fisik emas tersebut pada saat itu juga. Sedangkan emas digital merupakan emas yang disimpan secara virtual pada brankas elektronik. Emas elektronik harganya lebih murah daripada emas digital karena tidak dikenai biaya cetak pada saat pembelian. Para ibu baru akan dikenai biaya cetak pada saat ingin mencetak emas digital tersebut menjadi emas fisik.

Berikut ini adalah beberapa tempat yang cocok untuk membeli emas:

2. Reksa Dana

Investasi yang cocok untuk ibu rumah tangga selain emas adalah reksa dana. Jenis investasi ini merupakan salah satu produk keuangan yang cocok dan tepat untuk dimiliki oleh keluarga. Investasi ini cocok untuk sobat cuan yang sibuk dan tidak mempunyai waktu luang untuk mengamati fluktuasi pasar, seperti ibu rumah tangga.

Perlu dipahami bahwa reksa dana adalah kumpulan dana yang didapatkan dari investor yang nantinya dikelola oleh Manajer Investasi (MI). Dana kelolaan tersebut akan membentuk portofolio investasi yang berisi saham, deposito, obligasi, dan sebagainya. Para ibu rumah tangga tidak perlu mengamati dan melihat fluktuasi pasar modal, Namun Manajer Investasi adalah pihak yang bertugas untuk memantau dan melakukan riset tentang saham ataupun instrumen investasi terbaik untuk dibeli sebagai bagian portofolio.

Macam macam produk reksa dana

Jika sobat tertarik berinvestasi Reksa Dana, kamu bisa memulai berinvestasi reksa dana dengan modal yang kecil. Ada 4 jenis reksa dana yakni pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. Kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing reksa dana mempunyai berbagai jenis karakteristik sesuai gambar diatas.Pembelian reksa dana juga cukup mudah dan dapat dilakukan melalui online, perusahaan sekuritas, ataupun bank.

Kamu juga dapat memakai jasa manajer investasi untuk membantu dalam hal memberikan informasi terkait reksa dana yang dikelola oleh mereka. Saat melakukan transaksi reksa dana, ada beberapa biaya yang harus kamu tanggung seperti biaya pembelian, biaya penjualan, bank kustodian, sampai dengan biaya manajemen yang nilainya  kecil.

Berikut ini adalah tempat yang cocok untuk membeli reksa dana:

3. Surat Utang Negara

Selain dua jenis investasi diatas, produk investasi yang tepat untuk ibu rumah tangga selanjutnya adalah Surat Utang Negara atau SUN. SUN merupakan surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah dimana dana tersebut digunakan untuk membiayai APBN. Sebagai investor SUN, sobat cuan berarti memberikan pinjaman kepada pemerintah dan sebagai imbalanya adalah mendapatkan imbal hasil atau keuntungan dalam bentuk kupon atau bunga.

Bond

SUN termasuk kedalam kelompok investasi yang aman dan terpercaya karena pembayaran pokok dan kupon dijamin oleh negara. Saat ini, produk SUN mempunyai jenis yang bervariasi, mulai dari Sukuk Ritel (Sukri), Obligasi Ritel Indonesia (ORI), sampai dengan Saving Bond Ritel (SBR).

Sukuk ritel merupakan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang menjadi bukti atas kepemilikan aset SBSN yang disewakan. sobat cuan akan mendapatkan keuntungan dari sukuk ritel berdasarkan nilai bagi hasil jika nilainya sudah tetap.

Obligasi Ritel Indonesia (ORI) adalah obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah dan modalnya sangat cukup terjangkau. Sobat cuan yang ingin berinvestasi ORI perlu mempersiapkan dana minimal Rp 5 juta.

Terakhir, Saving Bond Ritel (SBR) cukup mirip dengan ORI, namun mempunyai perbedaan pada kupon atau bunga yang dibayarkan. ORI memberikan imbal hasil berupa kupon bunga tetap, sedangkan SBR memberikan kupon bunga mengambang atau floating with floor.

Pemerintah saat ini bekerjasama dengan berbagai pihak untuk membuka saluran penjualan SUN agar dapat mudah diakses oleh masyarakat. Namun ingat, SUN tidak selalu tersedia untuk dibeli setiap waktu dan hanya tersedia pada jangka waktu tertentu. Berikut ini adalah beberapa channel yang dapat sobat manfaatkan untuk membeli Surat Utang Negara (SUN):

4. Tabungan Berjangka

Terakhir, investasi pilihan yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah tabungan berjangka. Jika sobat merasa kesulitan menyisihkan uang untuk ditabung atau disisihkan untuk berinvestasi, tabungan berjangka merupakan pilihan yang tepat untuk memulai investasi kamu.

Tabungan berjangka membuat sobat tidak perlu repot-repot menyisihkan dan menabung secara manual karena ada sebuah fitur yang disebut autodebet yang akan secara otomatis memotong uang dari rekening sumber dana.

Tabungan berjangka adalah produk yang dikeluarkan oleh bank dimana nasabah bisa menyimpan dan menentukan jangka waktu sesuai dengan keinginan. Investasi ini cocok untuk ibu rumah tangga karena memberikan tenor yang panjang mulai dari 1 sampai dengan 20 tahun. Oleh karena itu, sobat cuan dapat memberikan jaminan kesehatan keuangan untuk keluarga di masa depan.

Selain itu, tabungan berjangka hanya memerlukan setoran awal yang kecil apabila dibandingkan dengan deposito. Ingat! pada saat membuat tabungan berjangka maka bedakan dengan produk tabungan unit link. Keduanya memang mirip tapi mempunyai proses dan hasil yang berbeda.

Manfaat memulai investasi untuk ibu rumah tangga

Pemahaman bahwa investasi perlu uang yang besar dan rumit di era yang sangat canggih seperti saat ini harus segera dihilangkan. Siapapun bisa melakukan investasi tidak terkecuali ibu rumah tangga. Dengan modal awal yang cukup kecil, ibu rumah tangga dapat berinvestasi pada jenis investasi yang aman dan menguntungkan. Tidak perlu menjadi wanita karir terlebih dahulu untuk menjadi perempuan yang mempunyai investasi karena banyak investasi tak perlu modal besar pada saat memulai investasi.

Banyak orang tak terkecuali ibu rumah tangga  ramai-ramai memutuskan untuk  berinvestasi karena mendatangkan manfaat, diantaranya:

1. Meningkatkan kekayaan

Tujuan mendasar dan manfaat memutuskan untuk berinvestasi adalah meningkatkan jumlah kekayaan atau aset keluarga lebih dari sebelumnya.

2. Merasakan kebebasan keuangan

Kebebasan keuangan atau merdeka secara ekonomi merupakan manfaat lanjutan yang didapat dari berinvestasi. Jika sobat cuan dapat memenuhi passive income atau mempunyai pendapatan di luar gaji utama, kebutuhan keluarga akan tetap terpenuhi dan dapat merasakan manfaat dari kebebasan keuangan.

3. Mempersiapkan dana darurat

Kita semua tidak tahu dan tidak memprediksi apa saja yang akan terjadi dimasa depan. Oleh karena itu, banyak ibu rumah tangga memilih berinvestasi demi mengumpulkan dana darurat (emergency fund) pada instrumen yang mudah dicairkan agar dapat digunakan sewaktu-waktu jika ada kebutuhan mendesak.

4. Melindungi Aset

Berinvestasi juga mempunyai manfaat untuk melindungi aset kamu dari inflasi. Inflasi secara terus menerus dapat menggerus nilai aset kamu secara perlahan sehingga nilainya terus berkurang. Dengan memutuskan untuk berinvestasi, aset sobat akan berkembang dan bahkan bisa menghasilkan nilai tambah untuk mengatasi inflasi yang menggerus aset kamu.


Waktu yang Tepat Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Berinvestasi?

Waktu investasi yang terbaik adalah saat dimana kamu bisa memulai investasi pertama mu sejak dini. Semakin dini berinvestasi maka semakin cepat juga sobat merasakan keuntungan dari investasi tersebut. Contoh sederhananya adalah saat sobat membutuhkan biaya untuk beberapa tahun kedepan seperti biaya anak masuk sekolah, maka mulailah berinvestasi untuk mempesiapkan dana untuk biaya masuk tersebut sejak dini. Sobat hanya perlu menyesuaikan instrumen mana yang paling tepat dan cocok dari yang telah disebutkan diatas baik dalam hal modal dan jangka waktu berinvestasi.

Demikian pembahasan kami tentang Investasi Pilihan Ibu Rumah Tangga. Semoga dapat membantu para ibu rumah tangga dalam menentukan investasi yang tepat dan terhindar dari berbagai investasi 'bodong'. Yuk investasi sekarang gak pakai nanti!

0

Posting Komentar